Pusjarah TNI Gelar Rakornis Sejarah TNI Tahun 2023

(Pusjarah TNI). Pusat Sejarah TNI menggelar Rapat Koordinasi Teknis Sejarah (Rakornisjarah) TNI TA. 2023 yang bertempat di Aula Balairung  pada Rabu, 15/3/2023. Rakornisjarah TNI tahun ini  dibuka oleh Waaspers Panglima TNI Brigjen TNI Tarunajaya S.I.P., M.M., dengan mengusung tema “Peningkatan SDM TNI pada Bidang Kesejarahan Sebagai Patriot NKRI dalam Mendukung Pembangunan Nasional” yang dihadiri 44 peserta dari lingkungan TNI yang berkaitan dengan bidang kesejarahan dan perpustakaan.

Dalam sambutan Asisten Personalia (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr.(Han) yang dibacakan Waaspers Panglima TNI Brigjen TNI Tarunajaya S.I.P., M.M., pada saat pembukaan Rakornisjarah dikatakan bahwa TNI akan mewujudkan visi TNI sebagai Patriot NKRI guna mendukung Pembangunan Nasional, khususnya meningkatkan kesiapan operasional personel sehingga memiliki kemampuan yang handal di bidang teknologi.

“TNI sebagai salah satu elemen bangsa, menjadi pilar dan ujung tombak dalam melaksanakan fungsi pembinaan pemeliharaan, pengembangan, dan penguatan kesadaran sejarah khususnya sejarah perjuangan bangsa,” ujarnya. 

Sementara itu dalam sambutannya pada saat penutupan Rakornisjarah TNI Kapusjarah TNI Brigjen TNI Rusmili, S.I.P., M.M., menekankan kepada para peserta Rakornis agar setelah kembali ketempat bertugas untuk berupaya agar sejarah perjuangan bangsa dapat terus dikembangkan terutama dengan melestarikan sumber-sumber sejarah sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi.

“ Supaya generasi muda TNI dan generasi millenial umumnya dapat mengetahui sejarah perjuangan bangsa sehingga dapat menimbulkan rasa cinta dan bangga sebagai anak bangsa,” ujarnya.

Hadir sebagai pembicara Dr. Joko Santoso, M.Hum dari Perpustakaan Nasional RI  membawakan materi tentang  “Pengelola Sumber Sejarah Pustaka Era Digital” dan Muhammad Sumitro, S.H., M.A.P dari Arsip Nasional RI membawakan materi tentang “Pengembangan Pengelolaan Sumber Sejarah Arsip pada Era Digital.”

Acara  Rakornis Sejarah TNI tahun 2023  ini berjalan dengan aman dan lancar.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.