Kronik TNI Januari 2023

3 Januari 2023  (Media Indonesia)

TNI Betul-betul Solid.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan paparan saat mengikuti doa bersama pada awal tahun yang diikuti perwira tinggi dan menengah di lobi Gedung Utama Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur, kemarin.   Dalam sambutannya, Panglima berharap agar TNI betul-betul solid di setiap kegiatan yang dilaksanakan secara serentak ataupun kegiatan teritorial.

4 Januari 2023  (Kompas)           

Avatar dan Ancaman Perang Laut.

Dalam konteks negara kepulauan seperti Indonesia pertahanan kawasan maritim menjadi diskusi serius.   Terutama ketika diposisikan dalam konteks kompetisi antara China dan Amerika Serikat di kawasan Asia Pasifik.   Pertama, kemampuan peperangan di laut hakikatnya adalah proyeksi dari kekuatan di darat. Berbicara tentang kekuatan laut, tidak saja menghitung jumlah kapal dan senjatanya.   Dukungan di darat juga penting, mulai dari logistik, perbaikan dan pemeliharaan hingga dukungan politik dari elite masyarakat.

Dalam diskusi beberapa waktu yang lalu, Laksamana Pertama Didong Rio Duta, kepada pusat kajian Maritim, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut, ini menyampaikan berdasarkan data, alokasi untuk modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista)/ non alutsista/ sarana dan prasarana menunjukkan kecenderungan menurun sejak 2015.   Padahal, kondisi alutsista TNI sudah banyak yang uzur dan sistemnya tidak lagi sesuai tantangan perang modern.

8 Januari 2023  (Media Indonesia)

Hari Bakti ke-77 Paspampres (Berita Foto).

Prajurit Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) unjuk kebolehan evakuasi melalui fast rape seusai Upacara Hari Bakti ke-77 Paspampres di Markas Komando Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat, kemarin.   Hari Bakti tersebut bertemakan Dengan Semangat Hari Bakti, Kita Tingkatkan Profesionalisme, Kesetiaan, dan Kewaspadaan Dalam Rangka Melaksanakan Pengamanan VVIP.

12 Januari 2023  (Media Indonesia)

Pengukuhan KRI Teluk Wondama.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin Upacara Pengukuhan KRI Teluk Wondama 527 di dermaga Markas Komando Armada III TNI AL Wilayah Timur, Katapop, Sorong, Papua Barat Daya, kemarin.   KRI Teluk Wondama merupakan kapal perang jenis landing ship tank dan mengambil nama teluk yang terletak di Papua Barat, yaitu Teluk Wondama.

14 Januari 2023  (Media Indonesia)

Serah Terima Kapal Rumah Sakit TNI-AL.

Sejumlah personel TNI-AL melakukan penghormatan saat upacara serah terima kapal dan Pengukuhan Komandan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 di PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/1).   Kapal rumah sakit itu dipesan untuk memperkuat armada TNI Angkatan Laut.

15 Januari 2023  (Media Indonesia)

Arahan panglima.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono diikuti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyalami para perwira sebelum memberikan pengarahan kepada personel TNI-Polri di Aula Kodam XVIII/Kasuari, Papua Barat, Selasa (10/1).   Panglima dan Kapolri berada di Papua Barat untuk mengecek pasukan yang bertugas di sana.

16 Januari 2023  (Kompas)        

Pergelaran Wayang Orang Pandewa Boyong.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang berperang sebagai  Bima Sena dan Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang berperan sebagai Prabu Puntadewa tampil dalam pergelaran Wayang Orang Pandawa Boyong di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Minggu (15/1/2023) malam.   Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI AL, Laksamana Muhammad Ali dan Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo juga tampil dalam pergelaran tersebut.

17 Januari 2023  (Kompas)        

Kapal Perang Selalu Disiagakan di Natuna.

TNI Angkatan Laut selalu menyiagakan tiga hingga empat kapal perang untuk menjaga kedaulatan RI di Laut Natuna Utara.   “Jadi, yang sering kita tangkap justru kapal ikan Vietnam, karena mereka menangkap secara ilegal,” kata Kepala Staf TNI AL Laksamana Muhammad Ali seusai memimpin peringatah Hari Dharma Samudera di Jakarta, Senin (16/1/2023).   Adapun kapal-kapal asing dibolehkan melintas karena terkait kebebasan navigasi.   Sebelumnya, data Marine Traficc menyebutkan, kapal utama Penjaga Pantai China berpatroli di perairan sekitar Natuna, laut China Selatan, di wilayah perairan Indonesia, sejak 30 Desember 2022.

20 Januari 2023  (Kompas)        

Pengukuhan Komandan Kapal BRS.

Peresmian dan pengukuhan Komandan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 di Dermaga Bandar Barat Divisi Niaga PT PAL Indonesia, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/1/2023).   KRI buatan PT PAL itu merupakan kapal bantu rumah sakit (BRS) yang akan bertugas di Koarmada I.   Dengan adanya KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 itu, kini TNI AL memiliki tiga kapal BRS, dua di antaranya merupakan buatan PT PAL.

20 Januari 2023  (Kompas)        

KSAL: Laut Natuna Utara Masih Aman.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Muhammad Ali menyatakan selalu menyiapkan setidaknya empat kapal perang dan satu pesawat patroli maritim di Laut Natuna Utara.   Kesiapsiagaan ini menyusul keberadaan kapal China di Laut Natuna Utara sejak akhir tahun lalu.  “(kapal dan pesawat) menjaga dari kemungkinan speed over (menerobos) dan konflik,” ujar Ali di Surabaya, Kamis (19/1/2023)

20 Januari 2023  (Media Indonesia)

Diresmikan KSAL.

KSAL Laksamana Muhammad Ali meresmikan helikopter di Base Ops Lanudal Juanda Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin.   KSAL meresmikan sejumlah pesawat, diantaranya 1 pesawat Piper CN 235-220 MPA, 1 helikopter Bell 505 jet Ranger X dan 3 pesawat Piper Acher PA-28-181 di bawah binaan Wing Udara 2 Puspenerbal.

24 Januari 2023  (Media Indonesia)

Kegiatan Sosial.

Prajurit TNI dari Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif Raider 142/KJ memeriksa tensi warga saat melaksanakan kegiatan puskesmas keliling di wilayah Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua Pegunungan, kemarin.   Kegiatan sosial memeriksa kesehatan masyarakat rutin dilakukan sebagai pelayanan dan pengabdian para prajurit TNI.

25 Januari  (Kompas)       

Satgas Latma Multinasional Excercise AMAN-23.

Anggota Satgas Latihan Bersama Multinasional Exercise AMAN 23 di atas KRI Raden Eddy Martadinata-331 meninggalkan Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/1/2023). TNI Angkatan Laut mengirimkan KRI Raden Eddy Martadinata-331, dengan 126 awak serta 14 tim pendukung untuk mengikuti latihan bersama di Karachi, Pakistan, dan perairan utara Laut Arab.   Latihan akan berlangsung pada 9-14 Februari 2023 dengan diikuti 26 kapal perang dari negara peserta.   Latihan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama menjaga stabilitas kawasan.

25 Januari 2023  (Media Indonesia)

Warga Kehormatan Marinir.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Ketua DPR Puan Maharani berada di atas tank amfibi LVT A1 saat latihan operasi amfibi di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta, kemarin.   Dalam latihan operasi amfibi tersebut, Korps Marinir mengangkat warga kehormatan sekaligus penyematan brevet intai Amfibi.

28 Januari 2023  (Media Indonesia)

Evakuasi Warga.

Anggota TNI menggendong seorang anak yang dievakuasi dari rumahnya yang terendam banjir di Kota Manado, Sulawesi Utara, kemarin.   Hujan deras sejak kemarin dini hari menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah itu.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.