Kunjungan Mahasiswa Kompetensi Hukum Humaniter Internasional ke Museum Satriamandala

Pusjarah TNI. Museum Satriamandala menerima kunjungan 54 orang peserta dan panitia Kompetensi Hukum Humaniter Internasional (HHI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI), pada Selasa 13 Desember 2022.

Dalam sambutannya pak Ardiansyah selaku pimpinan  rombongan Kemenkumham RI mengucapkan terimakasih atas penerimaan kunjungan di Museum  Satriamandala dalam rangka untuk menambah wawasan terkait dengan Hukum Humaniter Internasional (HHI) dalam program diskusi interaktif khususnya terkait masalah HHI yang diselenggarakan oleh Kemenkumham RI  dengan peserta para mahasiswa dari Sabang sampai Merauke dari tanggal 11 sampai dengan 14 Desember 2022.

Adapun maksud dan tujuannya adalah untuk memperkenalkan sejarah TNI pada umumnya dan dikaitkan dengan HHI  yang ada di Museum Satriamandala. Selain itu untuk lebih mendekatkan dan mengenalkan profil TNI yang kni lebih terbuka. TNI dalam  melakukan  satu operasi militer tidaklah mudah, sebagai contoh diorama yang ada di Museum  Satriamandala terkait dengan sejarah perjuangan bangsa dan peran TNI di dunia internasional.

Sementara dalam sambutannya mewakili Kapusjarah TNI, Kabidmusmontaka Pusjarah TNI, Kolonel CZI Dwi Imam Subagyo, mengatakan bahwa dalam setiap operasi militer tentu akan bersinggungan dengan hukum humaniter dan ham, sehingga pada waktu pembentukannya seorang tentara selalu dibekali materi hukum humaniter dan ham dengan maksud agar dalam setiap pelaksanaan tugas bisa mempedomaninya sehingga tidak terjadi pelanggaran hukum dan ham.

Rombongan selanjutnya dipandu berkeliling melihat koleksi yang ada di Museum Satriamandala yang menceritakan peran TNI dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian diharapkan bagi para mahasiswa timbul pemahaman dan kesadaran tentang  peran  TNI pada masa itu.  

Salam Sejarah

Kenali Sejarahmu

Cintai bangsamu

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.