Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Pusjarah TNI

Pusjarah TNI –  Segenap anggota Prajurit dan PNS Pusat Sejarah TNI (Pusjarah TNI) melaksanakan upacara memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Adapun bertindak selaku inspektur upacara Kepala Bidang Dokumentasi  (Kabiddok) Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia (Pusjarah TNI) Kolonel Laut (KH) Drs. Junaedi bertempat di depan Plaza Museum Satriamandala, Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Dalam sambutannya Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali yang dibacakan Kabiddok Pusjarah TNI, peringatan hari Sumpah Pemuda tahun  2022 dengan  tema “Bersatu Bangun Bangsa “ merupakan upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan,” katanya.

Selanjutnya dikatakan Menpora bahwa Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

 “Bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut juga dikatakan Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa. Pada akhir sambutannya Menpora mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak, mendorong pemuda Indonesia untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada demi membangun kejayaan sepanjang masa.

Kenali Sejarahmu

Cintai Bangsamu

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.