Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Pusjarah TNI

Pusjarah TNI – Kepala Pusat Sejarah TNI Brigadir Jenderal TNI Rusmili menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1444 H/2022 M bertempat di Masjid Al-Mubarok, Pusjarah TNI, Jakarta, Rabu 26 Oktober 2022. Adapun tema pada peringatan maulid nabi tahun ini adalah Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Dalam sambutannya, Brigjen Rusmili mengajak hadirin untuk selalu memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena masih diberikan kekuatan iman dan kesehatan sehingga dapat berkumpul di masjid Al Mubarok dalam rangka memperingati maulid nabi besar Muhammad SAW. Demikian pula salawat dan salam kita tujukan kepada nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan para sahabatnya serta untuk tidak lupa  mendoakan  orang orang  tua kita, para ulama, para kyai, para penerus bangsa yang telah mendahului kita semoga amal perbuatannya diterima oleh Allah SWT. Insya Allah dengan bersalawat kepada nabi, kita akan mendapat safaat beliau di akherat nanti. Peringatan kelahiran nabi besar  Muhammad SAW  yang biasa kita sebut maulid nabi, beliau lahir pada hari Senin tanggal 12 Rabiul awwal tahun gajah atau  570 M kita harus dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satu caranya adalah dengan mengamalkan apa yang sudah diberikan melalui sabda nabi Muhammad SAW dan firman Allah SWT yang terdapat dalam kitab suci al Qur’an dan al Hadis.

Lebih lanjut Kapusjarah menambahkan bahwa kita harus  belajar dari para ulama, para kyai dan para penceramah agama karena para ulama atau kyai bisa menjabarkan, mendidik, memberikan jalan berdasarkan kitab suci al Qur’an dan al hadis. Kalau kita orang awam tentu kita perlu banyak belajar namun jangan sampai buku buku yang kita baca kita salah mengartikannya.

“Kita harus dapat mengamalkan petunjuk yang sudah diberikan nabi kepada kita dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam tutur kata, ucapan, dan perbuatan serta diajurkan agar kita selalu memuji bersalawat kepada nabi dengan berzikir setiap hari baik setiap habis sholat dan lebih bagus lagi saat kita sedang santai kita bersalawat jadi tidak perlu berhitung, karena Allah SWT yang akan memberikan balasan kepada kita,” ujarnya.

Sementara Ustad Ahmad dalam ceramahnya antara lain menyampaikan bahwa sosok nabi Muhammad SAW adalah sempurna dalam alquran akhlaknya dipuji oleh Allah SWT.  Nabi Muhammad SAW adalah al Quran yang hidup dimukabumi ini. Yang kita patut tiru dari akhlaknya nabi  Muhammad SAW adalah budi pekerti yang agung yang ada di diri nabi Muhammad SAW. Mari kita ikuti jejaknya Nabi Muhammad SAW sebab kalau manusia berjalan dimukabumi ini dengan kedermawanan dan akhlaknya nabi mereka akan selamat di jalan Allah SWT.

Susunan kegiatan peringatan maulid  nabi Muhammad SAW di masjid Al Mubarok ini diawali dengan pembukaan, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh PNS Emuh Muhsin dengan Saritilawah PNS Restu, sambutan oleh Kapusjarah TNI, hadroh dari Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Al Qomar Nur Hayat, Bekasi, ceramah oleh ustad Ahmad, dan pembacaan doa oleh KH Dedy Syafei Al Muhib. Acara diakhiri dengan pembagian bingkisan oleh Kapusjarah untuk para santri ponpes tahfidz Qur’an AlQomar Bekasi..

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.