Kronik TNI September 2022

2 September 2022   (Kompas)     

Latihan Bersama Malindo Jaya (Berita Foto).

Helikopter Panther mengikuti Latihan bersama Malindo Jaya di Komando Armada II Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/9/2022).   Latihan bersama yang diikuti TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) ini digelar selama enam hari untuk meningkatkan kerja sama militer antara Indonesia dan Malaysia.

4 September 2022  (Media Indonesia)

Satgas MTF Konga XXVIII-M/UNIFIL (Berita Foto)

KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-M UNIFIL TA 2020 melintasi Selat Madura untuk bersandar di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   Satgas yang telah melaksanakan misi perdamaian dunia di Lebanon sejak April 2021, sampai Agustus 2022 itu telah tiba di Surabaya.

8 September 2022   (Kompas)     

Kecelakaan Pesawat Militer, Titik Diduga Lokasi Jatuhnya Pesawat TNI AL Terdeteksi.

Komando Armada II TNI Angkatan Laut mengerahkan 13 kapal perang dari Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, untuk mendukung operasi pencarian dan pertolongan pesawat latih jenis Bonanza G-36 T-2503 yang jatuh di alur pelayaran barat Surabaya di Selat Madura, Rabu (7/9/2022).   Namun hingga Rabu sore, Tim SAR Angkatan Laut belum menemukan pilot dan kopilot pesawat Bonanza-G-36 T-2503 yang jatuh di alur pelayaran barat Surabaya di Selat Madura, Rabu (7/9/2022).  Meski demikian, tim telah menemukan benda yang diduga merupakan serpihan dari pesawat, yakni bagian pintu. Bahkan berdasarkan perkembangan informasi di lapangan, telah ditemukan titik yang diduga sebagai pesawat berdasarkan siluet sonar kapal SAR.  

10 September 2022 (Kompas)    

Paspampres Usulkan Reorganisasi.

Untuk penguatan peran dan organisasi, Pasukan Pengamanan Presiden (paspampres) mengusulkan reorganisasi kepada Mabes TNI.   Reorganisasi yang diusulkan ialah bertambahnya tiga bidang organisasi Paspampres yaitu Penerangan, Hukum, dan Siber.   Hal itu disampaikan Komando Paspampres Marsda Wahyu Hidayat Sudjatmiko, Jumat (9/9/2022), kepada pers saat acara coffe morning di Mako Paspampres, Jakarta.

10 September 2022 (Media Indonesia)

Pemakaman Pilot dan Copilot (Berita Foto).

Prajurit TNI AL mengikuti upacara penghormatan saat prosesi pemakaman jenazah pilot Kapten Laut (P) Anumerta Judistira Eka Permady dan kopilot Lettu Laut (P) Anumerta Dendy Kresna Bakti Sabila di Taman Makam Bahagia TNI AL, Desa Gisikcemandi Sedati Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin.   Jenazah pilot dan kopilot pesawat latih TNI AL G-36 Bonanza T-2503 yang jatuh di Selat Madura dimakamkan berdampingan di Taman Makam Bahagia TNI AL di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

12 September 2022   (Media Indonesia)           

TNI Berdayakan Warga (Berita Foto).

Warga memanen lele yang dibudidayakan prajurit TNI di saluran air Distrik Senggi, Papua, Jumat (9/9).   Para prajurit TNI yang tergabung dalam Pamtas Yonif 126/Kala Cakti memberdayakan masyarakat di wilayah perbatasan Papua untuk memanfaatkan lahan mereka bagaimana beternak lele. Mereka diajarkan mulai pembibitan, pemeliharaan, pemberian pakan, hingga panen ikan itu.

13 September 2022 (Kompas)    

Pertahanan, TNI AL Kerahkan Kekuatan Jaga Kedaulatan Negara.

Kekuatan TNI Angkatan Laut pada masa damai difokuskan untuk menjaga wilayah perbatasan, termasuk Laut China Selatan.  Selain untuk mencegah terjadinya aktivitas ilegal di daerah perbatasan laut, pengawasan juga dilakukan untuk menjaga kedaulatan negara, bukan untuk kepentingan lain, seperti invansi.   Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI AL di Dermaga Pondok Dayung Komando Armada I, Tanjung Priok Jakarta Utara, Senin (12/9/2022), mengungkapkan, bagi negara maritim seperti Indonesia, laut akan selalu dan selamanya menjadi urat nadi bangsa.   Laut menjadi sarana penting untuk pemerataan kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan.   Untuk itu dibutuhkan jaminan keamanan dari TNI AL agar segala potensi tersebut dapat terjaga dan dimanfaatkan bagi kepentingan bangsa dan negara.   Karena itu Yudo memastikan bahwa TNI AL akan mengerahkan segenap kekuatannya untuk menjamin keamanan di laut dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

14 September 2022 (Media Indonesia)

Brevet Cakra Untuk Kapolri (Berita Foto).

Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak menyematkan Brevet Kehormatan Cakra kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seusai menutup Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XIII TA 2022 di Pantai Palampang, Sukabumi, Jawa Barat, kemarin.  Penyematan Brevet Kehormatan Cakra itu merupakan bentuk penerimaan dan pengukuhan serta penghargaan Kostrad kepada Kapolri.

15 September 2022 (Media Indonesia)

TNI-AD Menerima Permintaan Maaf Effendi Simbolon.

Seluruh elemen bangsa seyogyanya saling menghormati dan tidak mengedepankan perbedaan sehingga menodai komitmen kolaborasi serta bekerja keras untuk keutuhan NKRI.   Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Penerangan TNI-AD Kolonel Hamim Tohari melalui keterangan resminya di Jakarta kemarin.   Menurut Hamim, pihaknya menerima pernyataan maaf dari anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon kepada KSAD Jenderal Dudung Abdurachman atas ucapannya bahwa TNI seperti gerombolan ormas dalam rapat kerja dengan Panglima TNI pada Senin (5/9).   Dia berharap, dengan telah disampaikannya permohonan maaf tersebut, kesalahan serupa tidak terualng di kemudian hari.

16 September 2022 (Media Indonesia)

KSAD Minta Anggota TNI Hentikan Tanggapan.

Kepala Staf TNI Angkatan darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan sudah meminta anggota TNI berhenti menanggapi pernyataan anggota DPR Effendi Simbolon.   “Soal -permintaan maaf pak Effendi, dengan lapang dada, saya menyatakan dapat menerimanya dan saya sampaikan kepada seluruh jajaran agar menghentikan kegiatan-kegiatan menyampaikan secara perorangan dan sebagainya, sudah cukup,” kata Dudung saat jumpa pers di Markas Besar TNI Angkatan Darat, kemarin.   Dudung juga mengatakan TNI akan tetap solid meski ada yang menyebut hubungannya dengan atasannya Panglima TNI tidak baik.   “TNI pada umumnya tetap solid, tidak ada perbedaan. Kalau saya dengan Pak Andika ada perselisihan sedikit itu biasa, perbedaan itu biasa, ” tambahnya.

16 September 2022 (Kompas)    

KSAD Menerima Permintaan Maaf Effendi.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kamis (15/9/2022), menyatakan menerima permintaan maaf anggota Komisi I dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Effendi Simbolon.   Sebelumnya, dalam rapat kerja Komisi I DPR, Senin (5/9/2022) Effendi menyebut TNI seperti gerombolan karena ia geram terhadap ketidakharmonisan di tubuh TNI.

17 September 2022 (Media Indonesia)

Kapal Patroli Bantuan Kemenhan (Berita Foto).

Prajurit TNI Kodam Iskandar Muda mengoperasikan rigid inflatable boat (RIB) saat peluncuran dan pengujian kapal itu di Sungai Krueng Aceh, Banda Aceh, kemarin.   Kodam Iskandar Muda menerima lima RIB produksi PT Praba Cipta Mandiri dan PT Samudera Lautan Biru dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) untuk mendukung kelancaran tugas.

20 September 2022 (Kompas)    

Latihan Pasukan Khusus TNI AL (Berita Foto).

Pasukan TNI Angkatan Laut bersiap melakukan penyerangan saat Latihan Operasi Dukungan Pasukan Khusus di Pulau Damar, Jakarta, Senin (19/9/2022) dini hari.   Latihan yang melibatkan unsur Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Komando Armada I dan Batalyon Intai Amfibi I Pasukan Marinir I itu bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan dua satuan khusus TNI AL tersebut.

22 September 2022 (Kompas)    

KRI Bima Suci Tiba di Australia (Berita Foto).

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-69 bersama Midshipmen (taruna) Royal Australian Navy (RAN) melakukan parade roll di  atas KRI Bima Suci-945 yang akan sandar di Dermaga Cairms, Queensland, Austtralia, Rabu (21/9/2022).   KRI Bima Suci-945 akan menjalankan Latihan Praktik Kartika Jala Krida 2022 selama tiga hari.

23 September 2022 (Media Indonesia)

TNI AL Akan Usir Kapal Asing di Natuna Utara.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyatakan pihaknya akan menghadapi kapal asing yang berani mengusir nelayan Indonesia di Laut Natuna Utara.   Diketahui, ada pengakuan nelayan wilayah Natuna yang kembali berpapasan dengan coast guard Tiongkok dan kapal trawl asing di Laut Natuna Utara.   Sejatinya, Yudo mengaku belum mendapat laporan soal peristiwa tersebut. Namun Yudo tak akan mempermasalahkan jika ada kapal asing yang melintasi perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) dalam rangka freedom navigation.

23 September 2022  (Media Indonesia)          

Ekspedisi Maritim 2022 (Berita Foto).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono melepas KRI Dewaruci untuk melaksanakan pelayaran Ekspedisi Maritim 2022 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, kemarin.   Eksepedisi Maritim 2022 yang akan berlangsung hingga 10 Oktober 2022 itu untuk mendokumentasikan dan memublikasikan sejarah maritim TNI AL, potensi maririm dan wisata maritim di Pulau Jawa.

23 September 2022 (Media Indonesia)

TNI AL Akan Usir Kapal Asing di Natuna Utara.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyatakan pihaknya akan menghadapi kapal asing yang berani mengusir nelayan Indonesia di Laut Natuna Utara.   Diketahui, ada pengakuan nelayan wilayah Natuna yang kembali berpapasan dengan coast guard Tiongkok dan kapal trawl asing di Laut Natuna Utara.   Sejatinya, Yudo mengaku belum mendapat laporan soal peristiwa tersebut. Namun Yudo tak akan mempermasalahkan jika ada kapal asing yang melintasi perairan zona ekonomi eksklusif (ZEE) dalam rangka freedom navigation.

23 September 2022  (Media Indonesia)          

Ekspedisi Maritim 2022 (Berita Foto).

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono melepas KRI Dewaruci untuk melaksanakan pelayaran Ekspedisi Maritim 2022 di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, kemarin.   Eksepedisi Maritim 2022 yang akan berlangsung hingga 10 Oktober 2022 itu untuk mendokumentasikan dan memublikasikan sejarah maritim TNI AL, potensi maritim dan wisata maritim di Pulau Jawa.

23 September 2022 (Kompas)    

BKKBN-TNI Jalin Kerja Sama Percepat Penurunan Stunting.

“Kerja sama dengan berbagai pihak dan didukung penuh TNI beserta jajaran dan fasilitas kesehatannya, dikerahkan untuk upaya percepatan penurunan stunting”, kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, Kamis (22/9/2022).   Menurut Hasto jalinan kerja sama BKKBN dengnan TNI itu bisa menuntaskan persoalan bangsa yang menjadi prioritas untuk diselesaikan.  Dukungan dan upaya percepatan penurunan stunting juga ditunjukkan oleh Dharma Pertiwi yang merupakan payung organisasi istri TNI untuk ketiga matra yakni TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.   Di bawah koordinasi Ketua Umum Dharma Pertiwi Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati (Hetty) Andika Perkasa, terus melakukan upaya percepatan penurunan stunting di daerah-daerah prioritas.

23 September 2022  (Media Indonesia)           

Didukung TNI, BKKBN Optimistis Upaya Percepatan Penurunan Stunting Capai Target.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memebrikan apresiasi kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) atas komitmen dan keterlibatan aktif mereka mengatasi persoalan sosial kemasyarakatan dalam upaya percepatan penurunan stunting.   TNI beserta jajaran dan fasililtas mereka terus mendukung dan menjalin kerja sama erat dengan BKKBN.   Hal tersebut disampaikan Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr Hasto Wardoyo, SpOG (K) dalam pernyataan, Kamis (22/9/2022) di Jakarta.  TNI juga melibatkan secara aktif organisasi persatuan istri anggota TNI dalam upaya percepatan penurunan stunting.  Di bawah koordinasi Ketua Umum Dharma Pertiwi Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati (Hetty) Andika Perkasa terus melakukan upaya percepatan penurunan stunting di daerah-daerah prioritas.

24 September 2022 (Kompas)    

Jogja Air Show (Berita Foto).

Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara beraksi dalam ajang Jogja Air Show di atas Pangkalan Udara TNI AU Adisutjipto, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (23/9/2022).   Jogja Air Show kembali digelar setelah dua tahun sebelumnya ditiadakan karena pandemi Covid-19. Kegiatan tahunan ini digelar, antara lain, untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap olah raga dirgantara.

26 September 2022  (Media Indonesia)

Festival Wisata Pesisir (Berita Foto).

Para prajurit TNI AL mengikuti atraksi perahu naga pada Festival Pesona Wisata Pesisir di Waduk Pluit, Jakarta Utara, kemarin.  Festival tahunan yang diisi dengan kegiatan perahu naga, lomba layangan dan aksi bersih waduk tersebut untuk mempromosikan wisata pesisir Jakarta Utara.

28 September 2022 (Kompas)    

Butuh SDM TNI AL Unggul Hadapi Tantangan.

Perkembangan lingkungan strategis dan dinamis melahirkan tantangan yang semakin kompleks. Karena itu butuh sumber daya manusia (SDM) TNI AL berkualitas dan unggul. “Sebab, keberhasilan tugas tak hanya oleh kehebatan senjata, tetapi juga kemampuan prajuritnya,” kata Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono saat serah terima jabatan Panglima Komando Armada RI, Selasa (27/9/2022).

28 September 2022 (Kompas)

Upacara Penutupan Pendidikan Tamtama TNI AD (Berita Foto).

Seorang prajurit TNI AD berjalan bersama ibunya di tengah guyuran hujan seusai mengikuti Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang pertama Tahun 2022 di Banda Aceh, Aceh, Selasa (27/9/2022).  Sebanyak 154 tamtama dinyatakan lulus dan dilantik dengan pangkat prajurit dua (prada) setelah tahap pertama menjalani pendidikan dasar selama lima bulan dan tahap kedua pendidikan kejuruan selama tiga bulan.

29 September 2022  (Media Indonesia)           

Salam Komando (Berita Foto).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa salam komando bersama Menhan Prabowo Subianto dan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman seusai mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.   Rapat dengar pendapat tersebut membahas mengenai penyesuaian rencana kerja dan anggaran (RKA) Kemenhan/TNI TA 2023.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.