Kronik TNI Juni 2022

3 Juni 2022  (Kompas)

TNI AL (Berita Foto)

Petugas mengoperasikan insinerator yag digunakan untuk memusnahkan kokain di Mako Komando Armada (Koarmada) I, Jakarta, Kamis (2/6/2022).   Kokain seberat 179 kilogram dengan nilai taksir Rp. 1,25 triliun yang dimusnahkan Koarmada I TNI AL itu merupakan barang bukti penemuan narkotika di perairan Selat Sunda, Banten yang diduga upaya penyelundupan.

3 Juni 2022  (Kompas)

50 KRI Menjaga Laut Indonesia

Setiap hari ada 50 kapal perang milik TNI Angkatan laut yang menjaga lautan Indoneisa.   Namun di tengah banyaknya dan bervariasinya ancaman laut, kemampuan pertahanan maritim dan udara harus terus diperkuat.   “Secara berjenjang operasi patroli dilakukan di seluruh perairan Indonesia,” kata Panglima Komando Armada RI Laksamana Madya Agung Prasetiawan dalam jumpa pers pemusnahan 179 kilogram kokain senilai Rp1,25 triliun di lapangan Koarmada I, Jakarta, Kamis (2/6/2022).   Agung mengatakan untuk mencegah terjadinya berbagai ancaman di laut, patroli KRI terus dilakukan.

3 Juni 2022  (Media Indonesia)

TNI AL Musnahkan Kokain (Berita Foto)

Dua mobil insinerator memusnahkan barang bukti berupa kokain di Mako Koarmada I, Jakarta, Jakarta, kemarin.   Komando Armada (Koarmada I) TNI_AL memusnahkan kokain seberat 179 kilogram dengan menggunakan insinerator yang merupakan barang bukti dari penggalan penyelundupan narkotika di kawasan Pelabuhan Merak, Banten.

4 Juni 2022 (Media Indonesia)

TMMD Reguler di Sleman (Berita Foto)

Anggota TNI membangun rumah warga saat kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler di Pandowoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (2/6).   Program TMMD Reguler ke-113 kolaborasi Kodim 0732 Sleman dengan Pemerintah Kabupaten Sleman tersebut untuk menggerakan pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan dengan membangun masjid,  jalan desa, rumah, dan pos kamling.

6 Juni 2022             (Media Indonesia)

Pelayanan Kesehatan (Berita Foto)

Prajurit TNI penjaga perbatasan RI-PNG dari Yonif 126/Kala Cakti memberikan pengobatan gratis bagi warga yang tinggal jauh di perbatasan di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Keerom, Papua, akhir pekan lalu.   Selain menjaga kedaulatan RI, prajurit TNI juga menghadirkan manfaat bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis.

7 Juni 2022             (Media Indonesia)

Realisasi dan Evaluasi (Berita Foto)

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Wakil Menteri Pertahanan M Herindra beserta jajarannya saat mengikuti rapat kerja di Ruang Komisi I DPR RI, Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.   Rapat tersebut membahas sejumlah topik antara lain realisasi dan evaluasi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2021.

10 Juni 2022 (Kompas)

Bersama Publik TNI AU Bangun Kekuatan

TNI Angkatan Udara berkomitmen menjadi kekuatan yang disegani di kawasan.   Selain pembinaan sumber daya manusia yang disesuaikan dengan tantangan perkembangan lingkungan strategis, juga peningkatan kerja sama internasional dan penyiapan prajurit TNI AU yang bisa menggelar operasi dan latihan bersama dengan Angkatan Udara di negara-negara kawasan.   Tak hanya itu pembangunan kekuatan juga tak lepas dari peran masukan dan kritik publik.   Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo, saat berpidato dalam acara Kasau Awards 2022 di Jakarta, Kamis (9/6/2022), mengatakan pembangunan kekuatan TNI AU ke depan mengacu pada perkembangan lingkungan strategis kawasan.   Saat ini lingkungan strategis berpusat di Laut China Selatan.

10 Juni 2022   (Media Indonesia)

TNI AD Bakal Tindak Tegas Penyelundup Senjata ke KKB

TNI Angkatan Darat memastikan bakal menindak tegas dua anggotanya, Praka  AKG dan Prada YW yang diduga terlibat penjualan amunisi ke kelompok kriminal bersenjata (KKB).   Pasalnya, ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna, tindakan yang dilakukan kedua aparat tersebut merupakan pelanggaran berat.   Praka AKG diduga menjual 10 butir peluru kaliber 5,56 mm kepada KKB seharga Rp. 2 juta.   Sementara Prada YW ditangkap saat akan pergi ke Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, untuk menghadiri pemakaman orang tuanya yang baru meninggal.

10 Juni 2022           (Media Indonesia)

Berbagi Ilmu (Berita Foto)

Prajurit TNI dan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Km 140 mengajarkan operaional laptop kepada pemuda Kampung Monggofei, Distrik Yafii, Kabupaten Keero, Papua, Rabu (8/6).   Transfer teknologi dilakukan oleh TNI kepada para pemuda desa karena keterbatasan akses dan faktor ekonomi.

11 Juni 2022           (Media Indonesia)

TNI_AL Amankan Tanker (Berita Foto)

Kapal berjenis motor tanker (MT) Nord Joy yang diamankan TNI-AL berada di perairan Batam, Kepulauan Riau, kemarin.   Tanker berbendera Panama tersebut diamankan TNI-AL setelah melakukan lego jangkar tanpa izin di wilayah teritorial Indonesia di Tanjung Berakit, Bintan Utara, pada 30 Mei 2022.

11 Juni 2022           (Media Indonesia)

Pekuncuran Buku Loper Koran Jadi Jenderal (Berita Foto)

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan keterangan saat peluncuran buku Loper Koran Jadi Jenderal di Mabesad, Jakarta, kemarin.   Buku yang berisikan cerita tentang perjalanan hidup seorang Dudung muda hingga dipercaya memimpin satuan TNI Angkatan Darat.

11 Juni 2022           (Media Indonesia)

Danpus Pomal Sambangi KPK (Berita Foto)

Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin bersama Sekjen KPK Cahya Harefa melakukan salam komando seusai melakukan pertemuan dengan pimpinan KPK di Gedung KPK, Jakarta, kemarin.   Pertemuan itu membahas penggunaan rumah tahanan (rutan) milik TNI Angkatan Laut di Markas Komando (Mako) Puspomal di Jakarta Utara.

13 Juni 2022           (Media Indonesia)

Atraksi Skuadron 200 Puspenerbal (Berita Foto)

Lima pesawat Bonanza G-36 milik Skuadron 200 Wing Udara 2 Puspenerbal melakukan atraksi dalam acara Naval Airbase Open Day 2022 di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   Kegiatan yang juga menampilkan Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut tersebut dalam rangka HUT ke-66 Penerbangan TNI-AL.

14 Juni 2022           (Media Indonesia)

Jabatan Strategis (Berita Foto)

Sejumlah prajurit TNI-AL mengikuti upacara Sertijab Pangkoarmada RI, Pangkoarmada II, dan Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.   Sertijab jabatan strategis itu dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

14 Juni 2022           (Media Indonesia)

TNI Jangan Ragu Kelola Informasi Lewat Media Sosial

Instansi TNI harus lebih aktif dalam menggunakan media sosial, terutama di era digitalisasi seperti sekarang.   Hal itu sangat penting untuk mencegah meluasnya penyebaran informasi bohong.  Khususnya yang menyangkut pertahanan dan keutuhan negara.   Demikian disampaikan Pemimpin Redaksi Metro TV Arif Suditomo, saat menjadi pemateri dalam kegiatan Public Speaking & Media Handling Training untuk perwira siswa Pendidikan Reguler LXII Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat Tahun Ajaran 2022 di Seskoad Bandung, kemarin.  

16 Juni 2022             (Kompas)

Latihan Kontrateror Maritim

Sejumlah prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut menyergap musuh saat latihan operasi kontrateror maritim di kapal tongkang akomodasi Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatera (PHE OSES) di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (15/6/2022).   Kegiatan yang diikuti sekitar 240 prajurit Kopaska TNI AL, itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan serta kesiapsiagaan prajurit menghadapi aksi teror di laut.

16 Juni 2022            (Kompas)

TNI AL Terima Dua Helikopter Antikapal Selam

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan dua unit helikopter antikapal selam dan satu unit pesawat CN235 MPA kepada Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono di PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (15/6/2022). Prabowo mengatakan, pemerintah Joko Widodo bekerja keras agar anggaran yang dikeluarkan pemerintah diarahkan pada industri pertahanan dalam negeri.  “Kelemahan di industri pertahanan kita adalah akibat salah urus,” kata Prabowo.

17 Juni 2022             (Media Indonesia)

Satgas Pulau Terluar (Berita Foto)

Prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satuan Tugas Pam Pulau terluar (Puter) XXVI Marinir Wilayah Barat berpamitan dengan keluarganya sesaat sebelum pemberangkatan di pelabuhan Batu Ampar, Batam, kemarin.   Sebanyak 88 prajurit Yonif Mar 10/SBY akan bertugas di wilayah pulau-pulau terluar yang berada di wilayah barat Indonesia.

18 Juni 2022            (Kompas)

HUT ke-66 Penerbangan TNI AL

Sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut mengikuti Upacara HUT ke-66 Penerbangan TNI AL di apron hanggar Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (17/6/2022).   HUT ke-66 Penerbangan TNI AL bertema “Penerbangan TNI Angkatan Laut Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya.”

18 Juni 2022            (Media Indonesia)

HUT ke-66 Penerbangan TNI AL (Berita foto)

Genderang Suling (GS) Gita Jala  Taruna Akademi Angkatan laut (AAL) beraksi saat Upacara HUT ke-66 Penerbangan TNI AL di apron Hanggar Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin.   HUT ke-66 Penerbangan TNI AL tersebut mengambil tema Penerbangan TNI Angkatan Laut Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya.

19 Juni 2022 (Media Indonesia)

Tradisi Mandi Khatulistiwa unutk Bertemu Dewa Neptunus.

Mandi Khatulistiwa merupakan tradisi yang dipelopori KRI Dewaruci yang dimulai sejak 1953 dan diikuti KRI lainnya.   Tradisi itu dilakukan apabila kapal melewati garis lintang khatulistiwa dan ada pelaut muda atau penumpang kapal yang belum melakukan tradisi tersebut.   Karena KRI Dewaruci melakukan perjalanan dari Tidore menuju Banda Neira dan melintas nol derajat di sekitar Kepulauan Maluku, tradisi itu harus dilakukan.

23 Juni 2022           (Media Indonesia)

Sinergitas Polri-TNI Tangani masalah Bangsa.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ingin TNI-Polri bersatu menangani permasalahan bangsa.   Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara dalam kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6).   “Mengatasi permasalahan bangsa itu memerlukan implementasi dari sinergitas dan soliditas TNI-Polri,” kata Listyo.

25 Juni 2022           (Media Indonesia)

Wisuda Sarjana Taruna Akademi Angkatan Laut (Berita Foto)

Sejumlah taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna AAL Angkatan ke-67 Tahun 2022 di Gedung Maspardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   AAL mewisuda 107 taruna AAL angkatan ke-67 yang terdiri atas 39 orang Korps Pelaut, 14 orang Korps Telnik, 14 orang Korps Elektronika, 15 orang Korps Supali, dan 25 orang Korps Marinir dengan gelar sarjana sains terapan pertahanan.

26 Juni 2022           (Media Indonesia)

Pos Lintas Batas Negara Wini  (berita foto)

Seorang anggota Satgas Pamtas RI-RDTL memberhentikan kendaraan dari Oecusse Timor Leste, di pintu masuk Pos Lintas Natas Negara (PLBN) Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT (24/6).   PLBN Wini merupakan salah satu PLBN yang berbatasan langsung dengan wilayah administrasi Khusus Oecusse, Timor Leste.

27 Juni 2022           (Media Indonesia)

Pasukan Elite (Berita Foto)

Pasukan Satuan Penanggulangan Teror TNI (Satgultor TNI) turun dari helikopter untuk membebaskan sandera dalam simulasi antiteroris di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, pekan lalu.   Salgutor TNI merupakan gabungan pasukan elite yang terdiri atas Sat-81 Kopassus TNI AD, Denjaka TNI AL, dan Satbravo 90 Kopasgat TNI AU.

28 Juni 2022            (Media Indonesia)

TNI-AL Gagalkan Selundupan Miras Senilai Rp8,8 Miliar

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakil KSAL) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono di hadapan awak media saat menggelar konferensi pers di Mako Satrol Lantamal XII, kemarin, mengatakan kronologi penangkapan berawal dari informasi intelijen yang diterima oleh tim F1QR Lantamal XII Pontianak di lapangan, Sabtu (25/6) bahwa akan ada upaya penyelundupan minuman keras illegal dari Malaysia dengan menggunakan 3 unit truk di daerah Bengkayang.   Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim F1QR Lantamal XII Pontianak melaksanakan briefing selanjutnya bergerak menuju daerah yang dicurigai dan bergabung dengan Tim Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat guna melakukan pengintaian dan menggagalkan penyelundupan.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.