Kronik TNI Juli 2022

2 Juli 2022   (Media Indonesia)

Laskar Rempah dan KRI Dewaruci Tiba di Surabaya

Selama lebih dari 30 hari Laskar Rempah bersama Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci telah selesai mengarungi lautan Nusantara, menapak tilas jejak nenek moyang bangsa Indonesia ketika memperdagangkan komoditas rempah.   Kemarin, KRI Dewaruci yang membawa pemuda-pemudi terpilih dari 34 provinsi tiba di Dermaga Madura, Koarmada II, Surabaya, menandakan berakhirnya pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022.   Laskar Rempah yang teridiri atas 147 generasi muda Indonesia telah menempuh jalur perdagangan rempah.

2 Juli 2022   (Media Indonesia)

Panglima TNI Bersikap tidak Alergi Perubahan

Perombakan atau mutasi promosi yang dilakukan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terhadap 180 perwira tinggi di lingkungan TNI merupakan bukti TNI tidak alergi terhadap perubahan.   Meski begitu, seluruh perubahan di TNI tetap harus selaras dengan Undang-Undang TNI dan politik negara, tidak boleh keluar dari garis-garis batas tersebut.   Demikian dikemukakan anggota Komisi I DPR Fraksi Demokrat Rizki Natakusumah, kemarin.

2 Juli 2022    (Media Indonesia)

Upacara Militer

Prajurit TNI menggotong peti jenazah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-Rebiro) Tjahjo Kumolo dalam upacara militer di Gedung Kemenpan-Rebiro, Jakarta, kemarin.   Tjahjo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, pada Jumat pukul 11.10 WIB setelah menjalani perawatan intensif di RS tersebut sejak pertengahan juni 2022.

3 Juli 2022    (Media Indonesia)

Kembali dari Papua

Prajurit TNI Batalyon Infanteri (Yonif) 315/Garuda melakukan defile saat upacara kepulangan satuan Tugas Pam Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Papua di Lapangan Yonif 315/Garuda, Gunung Batu, Bogor, Jawa Barat, pekan lalu.   Sebanyak 400 prajurit TNI Yonif 315/Garuda kembali pulang setelah melaksanakan tugas pengamanan di sejumlah daerah di Provinsi Papua selama 12 bulan.

3 Juli 2022   (Media Indonesia)

Kirab Taruna Akmil Kembali Digelar

Personel drumband Genderang Suling Canka Lokananta Akademi Militer menggelar kirab Taruna TK IV dalam tradisi korps taruna Akmil bersama warga di Alun-alun Kota Magelang, Jawa Tengah, kemarin. Tradisi kirab keliling kota para taruna sebagai bentuk pamitan kepada warga Magelang itu kembali digelar setelah ditiadakan selama dua tahun akibat pandemi covid-19.

5 Juli 2022    (Kompas)

Gelar pasukan untuk FMM G20

Prajurit TNI AD mengikuti Apel Gelar pasukan Gapura Agung IV-2022 dalam rangka operasi pengamanan Pertemuan Menteri Luar negeri (Foreign Minister Meeting/FMM) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (4/7/2022).   Simulasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesiapan dan kesigapan prajurit TNI AD mendukung pengamanan langsung oleh personel kepolisian dalam forum FMM negara-negara anggota G20 tahun 2022 di Bali pada 7-8 Juli 2022.

5 Juli 2022   (Media Indonesia)

Apel Gabungan

Ratusan pasukan gabungan dari Kopassus, Kostrad, Gegana Brimob, dan satuan lainnya mengikkuti apel siaga pengamanan di halaman Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah, kemarin.   Sebanyak 796 prajurit terlatih akan mengamankan jalannya pertemuan G-20 yang diikuti delegasi dari 14 negara selama 3 hari.

6 Juli 2022   (Media Indonesia)

TNI-AU dan Yayasan Kick Andi Beri Bantuan Kaki Palsu

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo berjabat tanga dengan salah satu penerima kaki palsu pada pelaksanaan karya bakti dan bakti sosial TNI-AU di Lanud Pattimura Ambon, kemarin.  Yayasan Kick Andy bekerja sama dengan TNI Angkatan Udara menyerahkan kaki palsu kepada penyandang disabilitas kota Ambon dan sekitarnya. Penyerahan kaki palsu dilakukan langsung KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo bersama Ketua Kick Andy Foundation Ali Sadikin.

7 Juli 2022    (Kompas)

Museum Perang Dunia ke-2

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengunjungi monumen Trikora dan Museum Perang Dunia Ke-2 di Morotai, Maluku Utara, Rabu (6/7/2022).   Hal itu dilakukan di sela-sela pertemuan KSAU dengan jajaran Pangkalan Udara Morotai.

8 Juli 2022   (Media Indonesia)

Berburu Bakat Muda Sepak Bola Lewat Liga Santri Piala Kasad 2022

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M menyambut baik uluran kerja sama PSSI dalam melakukan pembinaan usia dini kepada pemain sepak bola muda.   Atas arahan Kasad, TNI AD dan PSSI kemudian bahu membahu membuat sebuah kompetisi U-18 yang juga dimaksudkan untuk memburu talenta muda yang kelak dapat diasah menjadi pahlawan sepak bola tanah air.

8 Juli 2022   (Media Indonesia)

Danrem 045/Garuda Jaya Dukung PLN Manfaatkan FABA

Komandan Korem (Danrem) 045/Garuda Jaya mendukung usulan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wlayah (UIW) Bangka Belituung (Babel) mengenai pemnfaatan material fly ash bottom ash (FABA) yang merupakan sisa abu batu bara dari hasil pembakaran PembangkitListrik Tenaga Uap (PLTU).   Secara sifatnya, abu dari hasil pembakaran PLTU dibagi menjadi dua yakni abu terbang (flya ash) dan abu dasar (bottom ash).   Dukungan itu disampaikan oleh Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Ujang Darwis MDA saat audensi PLN ke Markas Korem 045/Garuda Jaya, di Pangkal Pinang, Kepulauan Babel, Rabu (6/7).

15 Juli 2022 (Kompas)

Pelantikan Perwira TNI dan Polri, Presiden: Tunjukkan Integritas dan Loyalitas pada Masyarakat

Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa perwira TNI dan Polri merupakan insan muda Indonesia yang terpilih, teruji dan terampil dalam menghadapi segala tantangan.   Oleh karena itu, mereka harus menjadi yang terdepan dalam menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian serta krisis yang datang bertubi-tubi.  Presiden mengutarakan harapan itu dalam sambutan saat pelantikan perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) tahun 2022 di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (14/7/2022).

17 Juli 2022 (Media Indonesia) 

Bakti Sosial Donor Darah Alumni AAL

Sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut antre untuk mendonorkan darah mereka saat Bakti Sosial Donor Darah di Monumen Kapal Selam, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   Kegiatan yang digelar alumni Akademi Angkatan Laut 2003 angkatan ke-49/Morosena tersebut diikuti sekitar 300 donor dari anggota TNI Angkatan Laut serta masyarakat.

18 Juli 2022  (Kompas)

KSAL Terima Bintang Jasa dari Singapura

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Julius Widjojono, Sabtu (16/7/2020), mengatakan Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono menerima bintang jasa Pingat Jasa Gemilang (Tentera) The Meritorious Service Medal (Military) dari Pemerintah Singapura.   Penghargaan yang diterima pada Jumat (15/7) itu sebagai apresiasi peningkatan hubungan dan kerja sama Angkatan Laut kedua negara dua tahun terakhir.

18 Juli 2022  (Kompas)

KKN Kebangsaan 2022

Sejumlah peserta KKN Kebangsaan dan KKN Bersama Perguruan Tinggi Negeri berjoget saat Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman menghibur mereka di Stadion Mini UPR, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (17/7/2022).   KKN diikuti mahasiswa dari 73 perguruan tinggi se-Indonesia yang fokus pada penyuksesan pengembangan lumbung pangan nasional.

18 Juli 2022  (Kompas)

Kopaska Gelar Latihan Peperangan Laut Khusus

Prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) bersiaga ketika tiba di bibir pantai saat latihan Peperangan Laut Khusus di Pantai Pasir Putih Banongan Situbondo, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022). Latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan prajurit Kopaska dalam melaksanakan infiltrasi melalui tabung peluncur torpedo dan canning tower kapal selam.

19 Juli 2022 (Kompas)      

Pesawat TNI AU Jatuh di Blora

Pesawat latih milik TNI AU, T50i Golden Eagle yang diawaki satu penerbang jatuh di daerah Nginggil, Kecamatan Kradenan, Blora, Jawa Tengah, Senin (18/7/2020) malam.   Pesawat itu sedang latihan solo untuk manuver taktis tempur malam.   Kepala Penerangan Lanud Iswahjudi Mayor Sus Yudha Pramono menyebutkan pukul 20.39 WIB pihaknya mendapatkan  laporan bahwa ada pesawat jatuh di daerah Nggigil.   pesawat itu diterbangkan Lettu Pnb Allan Safitra alumnus Akademi Angkatan Udara tahun 2015.   Sampai Senin malam Allan yang dikukuhkan menjadi penerbang tempur tahun 2018, belum diketahui keberadannya.

20 Juli 2022  (Kompas)

Kecelakaan Pesawat, Pastikan Alutsista Udara Laik terbang

Kecelakaan pesawat tempur TNI Angkatan Udara sudah beberapa kali terjadi.   Oleh karena itu, penyebab jatuhnya pesawat tempur latih T50i Golden Eagle di Blora, Jawa Tengah, tidak cukup hanya  diselidiki secara menyeluruh,   Kementerian Pertahanan bersama TNI AU juga mesti memastikan seluruh alat utama sistem persenjataan udara dalam kondisi laik terbang.   Dengan demikian, kejadian kecelakaan tak terus berulang.   Pada Senin (18/7/2022) malam, pesawat tempur latih T50i Golden Eagle TNI AU jatuh saat latihan terbang malam di Nggigil, Kecamatan Kradenan, Blora.   Pilot pesawat, Kapten Penerbang (Anumerta) Allan Safira Indra Wahyudi, gugur dalam insiden itu dan telah dimakamkan di Taman Makam bahagia TNI AU, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.

20 Juli 2022  (Kompas)

Distribusi Minyak Goreng Murah di Bandung

Petugas TNI memasukkan minyak goreng ke dalam bagasi khusus motor sebelum  didistribusikan di Kodim 0618 Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/7/2022).   Pemerintah Kota Bandung bersama Kodim 0618 mendistribusikan 2.200 dus atau 25.200 liter minyak goreng murah ke setiap kecamatan di Kota Bandung untuk menstabilkan harga minyak goreng.

20 Juli 2022 (Media Indonesia)

Dalam Bingkai NKRI

Kepala Staf Angkatan darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menyampaikan kuliah umum di hadapan mahasiswa dan sivitas akademika Universitas Jambi di Jambi, kemarin. Kuliah umum yang dihadiri ribuan mahasiswa itu mengangkat tema Pluralisme dalam bingkai Negara Kesatuan Republlik Indonesia.

20 Juli 2022  (Media Indonesia)

TNI-AU Bentuk Tim Investigasi Jatuhnya Pesawat

TNI Angkatan Udara akan melakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat T501i Golden Eagle TT-5009 yang jatuh di Desa Nggigil, Kradenan, Blora, Jawa Tengah, pada Senin (18/7) malam.   Kecelakaan itu menyebabkan pilot pesawat buatan Korea Aerospace Industry berkolaborasi dengan Lock Heed Martin itu, Lettu Pnb Allan Safira Indra Wahyudi gugur.  ” Saat ini TNI AU juga telah membentuk tim Panitia Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU)  untuk menyelidiki sebab-sebab jatuhnya pesawat tersebut,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI-AU Marsma TNI Indan Gilang dalam keterangan pers kemarin.

21 Juli 2022  (Kompas)

Praktik Navigasi Astronomi untuk Keadaan Darurat

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-69 mengukur tinggi benda angkasa menggunakan sextant saat praktik navigasi astronomi bestek tiga bintang dalam rangka latihan praktik Kartika Jala Krida (KJK) 2022 di perairan Laut Jawa, Jawa Tengah, Rabu (20/7/2022).   Praktik navigasi astronomi tersebut bertujuan agar taruna memiliki kemampuan dasar pelaut dalam menentukan posisi kapal dalam keadaan darurat.

22 Juli 2022  (Kompas)

KSAU: Penerbang Aset Berharga bagi Negara

Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo menegaskan bahwa pilot adalah aset yang berharga bagi kesatuan dan negara. “Karena itu, pelaksanaan tugas harus dilakukan dalam suasana yang profesioanl dan terbuka,” kata Fadjar di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Kamis (21/7/2022).

22 Juli 2022  (Media Indonesia)

Sandar di Jakarta.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda Agus Hariadi mengalungkan bunga kepada Komandan KRI Bima Suci-945 Letkol Laut Muhammad Sati Lubis dan perwakilan taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-69 saat sandar di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin. KRI Bima Suci-945 akan bersandar selama tiga hari di Jakarta untuk Latihan Praktik Kartika Jala Krida 2022.

24 Juli 2022  (Kompas)

91 Hari Membangun Naluri Pelaut

Sebanyak 93 taruna dan sembilan taruni AAL, akan berlayar dengan kapal layar tiang tinggi KRI Bima Suci-945 selama 91 hari.   Mereka akan melakukan pelayaran muhibah duta bangsa ke Singapura, Malaysia, dan Australia.   Ini pelayaran pertama mereka ke luar negeri sebagai wakil TNI AL.   Para calon perwira ini mempunyai dua tugas utama, yaitu melatih naluri mereka sebagai pelaut serta menjadi duta bangsa.   Komandan KRI Bima Suci. M Sati Lubis mengatakan, kapal layar tiang tinggi ini sesekali memang hanya menggunakan layar.   Dengan menjadi pelaut selama tiga bulan, naluri pelaut para taruna-taruni ini mulai dibangun.

24 Juli 2022  (Media Indonesia)

Panglima Kunjungi KRI Bima Suci

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berjabat tangan dengan Komandan KRI Bima Suci-945 Letkol Laut (P) Muhammad Sati Lubis saat tiba di atas geladak KRI Bima Suci-945 di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (22/7).   Dalam kunjungan tersebut Panglima TNI memberikan pembekalan kepada 102 taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-69 yang mengikuti pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) 2022 selama 91 hari.

25 Juli 2022  (Kompas)

Militer RI dan AS Pererat Persahabatan

Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat Jenderal Mark A Milley melakukan kunjungan kehormatan ke Markas Besar TNI di Cilangkap, Jakarta Timur.   Kunjungan yang pertama dalam 14 tahun terakhir itu bertujuan untuk mempererat kerja sama dengan TNI.  Milley tiba di gedung utama Kompleks Mabes TNI pada Minggu (24/7/2022) siang kedatangan Milley beserta jajarannya disambut oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang didampingi istri, Nyonya Hetty Andika Perkasa.

25 Juli 2022 (Media Indonesia)

Kontainer Senjata Amerika bukan Barang Ilegal

Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan kehormatan US Chairman of The Joint Chief of Staff General Mark A Milley di Mabes TNI, Jakarta, kemarin.   Kunjungan Mark Milley kali ini merupakan sebagai US Chairman of The Joint Chief of Staff seusai 14 tahun tak mendatangi Indonesia untuk kunjungan kerja. Acara kunjungan diawali dengan upacara kehormatan di Lapangan Plaza Mabes TNI.   Selepas upacara, Andika mengajak Milley keliling Mabes TNI menggunakan golf car.   Jenderal Andika juga membeberkan ihwal penemuan satu kontainer berisi senjata milik US Army di Pelabuhan Panjang Lampung, yang disegel Bea Cukai.   Andika menyebut bahwa satu kontainer berisi senjata itu bukan barang ilegal.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.