Kronik TNI Februari 2022

4 Februari 2022       (Media Indonesia)

Pengukuhan Komando Armada RI (Berita Foto).

            Sejumlah prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI-AL berjalan saat mengikuti Upacara Pengukuhan Komando Armada (Koarmada) RI di Dermaga Koarmada I Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.   KSAL Laksamana Yudo Margono meresmikan pembentukan Koarmada RI serta mengukuhkan Laksamana Madya Agung Prasetiawan sebagai Panglima Koarmada RI.

4 Februari 2022       (Media Indonesia)

Tidak Panik (Berita Foto).

            Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto berbicara kepada jurnalis seusai mengadakan silaturahim dengan pimpinan redaksi media di Markas Kodam Jaya Cililitan, Jakarta, kemarin.   Untung yang juga merupakan Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Satgas Covid-19 Jakarta berjanji bakal melakukan segala cara untuk menanggulangi omikron.

5 Februari 2022     (Kompas)

Dudung Abdurachaman, Buku untuk Kaum Muda.

          “Pemimpin harus berani mengambil keputusan.  Apalagi menghadapi sesuatu yang tidak benar di masyarakat”, demikian dikatakan KSAD TNI Jenderal Dudung Abdurachman di rumah dinasnya, saat menerima Kompas untuk persiapan peluncuran buku biografinya pada Maret yang akan datang.  Buku yang ditulis oleh Imelda Bachtiar itu berjudul Loper Koran Jadi Jenderal dipersiapkan lebih dari setahun.  Di buku itu KSAD mengisahkan perjalanan hidupnya yang bukan berasal dari keluarga berada.   Ia pernah menjadi peloper koran, termasuk harian Kompas.  Dari surat kabar itulah dia belajar banyak hal, terutama pengetahuan umum dan pemikiran ahli. Bacaan itulah yang turut membentuk sosoknya.

5 Februari 2022       (Media Indonesia)

Sampaikan Sambutan (Berita Foto).

            Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan sambutan saat penandatanganan nota kesepahaman Program Pendidikan Dokter Spesialis di Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, kemarin. Kerjasama antara TNI dan Universitas Airlangga tersebut untuk menambah jumlah dokter spesialis di lingkungan rumah sakit TNI yang tersebar di Indonesia.

7 Februari 2022       (Media Indonesia)

Satu Prajurit Gugur Tertembak dalam Kontak Senjata di Intan Jaya.

            Kontak senjata antara aparat TNI dan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM kembali terjadi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Sabtu (5/1) pagi.   Dalam insiden tersebut, satu anggota TNI bernama Enos Aninam tertembak mati oleh pihak TPNBP. Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga menyebutkan seorang prajurit  TNI, Prada Giyade Ramadhani Fattah, terkena luka tembak oleh kelompok separatis saat menjaga Pos Titigi Kampung Titigi. Personel Satgas Kodim Yonif PR 328/DGH itu akhirnya langsung dievakuasi ke Timika menggunakan helikopter Caracal milik TNI AU.

8 Februari 2022       (Kompas)

Mayjen Widodo Dwi Purwanto Pimpin Marinir.

          Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono memastikan Marinir punya loyalitas yang tegak lurus.   Hal ini dikatakan Yudo seusai serah terima jabatan Komandan Korps Marinir dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono kepada Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di Jakarta. Mayjen Widodo sebelumnya menjabat Asisten Potensi Maritim KSAL, sedangkan Mayjen Suhartono akan menjabat Komandan Kodiklatal di Surabaya.

8 Februari 2022     (Kompas)

Alutsista, TNI AL Masih Kaji Tawaran Hibah Tiga Kapal dari Korea Selatan.

          Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut masih melakukan studi dan survei terkait tawaran Korea Selatan yang akan menghibahkan tiga kapal jenis korvet kepada Indonesia.   Kondisi kapal tersebut termasuk kecocokannya dengan kebutuhan operasi TNI AL, akan dinilai lebih dahulu.   Hal ini disampaikan Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono seusai memimpin serah terima jabatan Korps Marini (Dankormar), di Jakarta, Senin (7/2/2022).   Yudo mengatakan Kementerian Pertahanan telah meminta TNI AL meninjau terlebih dahulu kondisi teknis kapal itu.

8 Februari 2022     (Kompas)

KSAD Libatkan BPKP Telusuri Aliran Dana.

          Menyusul terungkapnya korupsi Tabungan Wajib Perumahan Angkatan Darat atau TWP-AD, Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman berjanji menelusuri aliran penyelewengan dana tersebut.  Penelusuran direncanakan melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan atau BPKP. Terkait dugaan korupsi tersebut, Jenderal Dudung Abdurachman mengakui, hal itu telah terjadi selama periode 2019-2020.   Penyelewengan dana prajurit itu melibatkan Brigjen Yus Adi Kamrullah, mantan Direktur Keuangan  TWP AD yang menjabat sejak 2019.   Saat ini Yus Adi Kamurral berstatus tersangka.

8 Februari 2022       (Media Indonesia)

KSAD Upayakan Dana TWP AD Dikembalikan.

            Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Dudung Abdurachman menegaskan bahwa pihaknya akan memeriksa direktur keuangan bagian pengelolaan dana Brigjen YAK untuk mengembalikan dana Tabungan Wajib Perumahan Angkatan Darat (TWP AD) yang telah disalahgunakan. Dudung mengaku telah berkomunikasi dengan Kepala Badan Pengawas keuangan (BPK) guna melakukan audit forensik terhadap program tabungan tersebut.  

8 Februari 2022       (Media Indonesia)

KSAD Ingatkan Masuknya Paham Radikal dari Timur Tengah.

            Kepala Staf Angkatan darat (KSAD) Dudung Abdurachman mewanti-wanti akan masuknya radikalisme dari Timur Tengah seiring dengan kemenangan Taliban di Afganistan. Ia menegaskan bukan tidak mungkin ajaran-ajaran ekstremisme dari kelompok itu sudah masuk ke Tanah Air melalui kecanggihan media sosial di zaman yang serba modern ini. Ia pun menekankan kepada masyarakat untuk tidak sembarangan dalam mempelajari agama, terutama dari internet. Memperdalam ilmu agama harus didampingi ustaz yang betul-betul menguasai.

9 Februari 2022     (Kompas)

Usia Pensiun TNI Jadi Materi Revisi UU TNI.

          Saat memberikan keterangan dalam sidang uji materi Undang-Undang TNI di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (8/2/2022), Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan, pemerintah dan DPR sepakat merevisi UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI. Salah satu materi yang direvisi ialah ketentuan mengenai batas usia pensiun bagi prajurit TNI, baik perwira, bintara maupun tamtama.

9 Februari 2022       (Media Indonesia)

Revisi UU TNI Terkait Pensiun Menguat.

            Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan bahwa pemerintah dan DPR berencana melakukan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI).  Di dalam revisi tersebut akan ada perubahan termasuk batas usia pensiun prajurit.   Hal itu ia sampaikan saat memberi keterangan atas pengujian materi UU TNI terhadap UUD 1945, di sidang Mhakamah Konstitusi (MK), kemarin.

10 Februari 2022    Mengintip “Dapur” Medsos TNI AD.

          Media sosial TNI AD tidak mendadak terkenal.   Mereka sudah ada sejak 2004.   Akan tetapi perkembangannya memang melesat dua tahun terakhir.  Selain konten, Dispenad juga sudah bisa membuat strategi konten sesuai segmen pemirsa.   Kanal Youtube TNI AD kini telah memiliki 1,4 juta pelanggan, Instagram 1 juta dan Twitter punya 362.000 pengikut.  

12 Februari 2022    (Media Indonesia)

Utamakan Putra Daerah (Berita Foto).

            Ratusan prajurit mengikuti upacara penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD 2021 di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh, Aceh, kemarin.   Sebanyak 273 bintara TNI-AD dilantik dan sekitar 70% di antaranya merupakan putra terbaik dari daerah Aceh.   Di sejumlah Kodam, penerimaan prajurit TNI AD diuatamakan untuk putra daerah.

14 Februari 2022    Markas Koarmada I Akan Dipindah dari Jakarta ke Kepulauan Riau.

          Mempertimbangkan potensi kerawanan di wilayah Laut China Selatan, TNI Angkatan Laut berencana memindahkan Markas Komnado Armada I dari Jakarta ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Hal itu disampaikan KSAL Laksamana  Yudo Margono saat menemui Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Sabtu (12/2/2022).   Dalam pertemuan yang diunggah di akun Youtube Jenderal Andika Perkasa itu, Panglima TNI menyetujui rencana tersebut.

14 Februari 2022    (Media Indonesia)

Vaksin Booster TNI (Berita Foto).

            Anggota TNI mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster di Makodim 1603, Kelurahan Waloti Alok Timur, Sikka Nusa Tenggara Timur, Sabtu (12/2).   Vaksinasi dosis ketiga itu dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh seluruh personel Kodim 1603 Sikka dalam menangkal penyebaran Covid-19 varian baru.

17 Februari 2022    Arahan Panglima TNI Permudah Penyidikan.

          Arahan panglima TNI Jenderal Andika Perkasa terkait pemeriksaan anggota TNI dalam peristiwa dugaan pelanggaran hak asasi manusia berat di Paniai, Papua, tahun 2014, oleh Penyidik Kejaksaan Agung diharapkan mempermudah proses penyidikan.   Direktur Eksekutif Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) Wahyudi Djafar, Rabu (16/2/2022), mengatakan penyelesaian kasus Paniai akan menjadi pintu masuk penyelesaian kasus  penyelesaian praktik kekerasan yang melanggar HAM yang terjadi selama ini di Papua.

17 Februari 2022    (Media Indonesia)

Pembekalan Kader Bintal Jayakarta (Berita Foto).

            Personel TNI mengerjakan soal saat mengikuti pembekalan kader bintal Jayakarta di Aula Masjid Istiqlal Jakarta, kemarin.   Kegiatan selama 14 hari yang diikuti 50 anggota TNI di wilayah Kodam Jaya itu digelar untuk membentuk kader yang bermental Pancasila dan moderasi beragama.

18 Ferbuari 2022    (Media Indonesia)

Revisi Anggaran Kemenhan (Berita Foto).

            Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berbicara dengan staf di sela-sela rapat kerja dengan Komisi I DPR yang juga dihadiri Wamenhan, KSAD, KSAU, dan KSAL di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.   Raker antara lain membahas terkait dengan pembahasan permohonan persetujuan revisi rencana kerja dan anggaran Kemenhan 2022.

20 Februari 2022    (Media Indonesia)

Benda Mirip Rudal (Berita Foto).

            Komandan Lantamal VI Makassar Laksamana Pertama Benny Sukandari melihat benda menyerupai rudal saat konferensi pers di KRI Fatahillah-361 Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin.  Benda yang ditemukan oleh nelayan di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan itu berupa alat yang berfungsi untuk mengecek kedalaman laut dan mencari informasi di bawah laut, tetapi masih akan diteliti lebih lanjut.

21 Februari 2022    (Media Indonesia)

Upacara Penyambutan (Berita Foto).

            Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief disambut dengan upacara saat acara pisah sambut Danrem 022/Pantai Timur di Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (19/2).   Kolonel Inf Luqman Arief bertekad akan mempertahankan dan meningkatan prsetasi yang telah diraih Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung selama menjabat Danrem 022/Pantai Timur.

21 Februari 2022    (Media Indonesia)

Dua Anggota TNI Ditembak KKB.

            Kontak senjata antara aparat TNI-Polri dan kelompok separatis Papua kembali terjadi di Distrik Ilaga, Kabupaten Pucak, Papua, pada Sabtu (19/2) pagi.   Dalam aksi tersebut, kelompok Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua  Merdeka (OPM) mengklaim menembak mati seorang anggota TNI dan melukai dua lainnya.   Selain menembak, KKB membakar rumah warga yang menjadi mes karyawan PT Martha Tunggal Tehnik (MTT) yang ada di kampung Wako.   Pembakaran rumah warga dan mes karyawan PT MTT terjadi sekitar pukul 16.45.   Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, jelas Brigjen TNI Taufan Gastoro.

21 Februari 2022    (Kompas)

Perlu Satuan TNI Baru untuk Lindungi IKN.

          Desain pertahanan dengan 30.000-50.000 personel TNI sudah mencukupi untuk melindungi  Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.   Satuan-satuan tempur baru perlu dibentuk untuk mengamankan IKN. “Satuan baru, seperti satuan kavaleri, satuan pertahanan udara, dan satuan pertahanan pangkalan, dibutuhkan untuk melindungi IKN,” kata Direktur Institute for Security and Startegic Studies Khairul Fahmi, Sabtu (19/2/2022).

22 Februari 2022   (Kompas)

KRI Cakra-401 Siap Perkuat Pertahanan RI.

          KRI Cakra-401 telah tuntas menjalani proses perbaikan menyeluruh (overhaul).   PT PAL menyerahkan kapal selam buatan Jerman itu ke Kementerian Pertahanan yang lantas menyerahkannya kepada TNI Angkatan Laut.   CEO PT PAL Kaharuddin Djenod, Senin (21/2/2022), mengatakan pandemi Covid-19 memaksa perbaikan dilakukan mandiri, sedangkan asistensi dari Daewoo Shuipbuilding and Marine Engineering dilakukan secara virtual. Namun dengan begitu, PT PAL justru mendapatkan pengalaman berharga.

22 Februari 2022   (Kompas)

Korban Penembakan KKB Dievakuasi.

          Aparat keamanan menyebut sudah memukul mundur kelompok kriminal bersenjata di Ilaga, Puncak, Papua, menjauhi permukiman dan fasilitas umum,  Senin (21/2/2022).   Evakuasi dua orang yang ditembak kelompok itu ke Timika pun berjalan lancar. Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Aqsha Erlangga mengatakan, evakuasi keduanya ke Timika menggunakan helikopter TNI AU pukul 07.30 WIT.   “Tiba sejam kemudian” katanya.

24 Februari 2022   (Kompas)

Pemberangkatan Pasukan Elite Raider TNI.

          Prajurit Raider TNI mengikuti apel pemberangkatan di samping kapal TNI AL di pelabuhan Umum Krung Geukeh, Aceh Utara, Aceh, Rabu (23/2/2022).   Sebanyak 400 personel pasukan elite TNI Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti Aceh itu diberangkatkan ke Papua untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

24 Februari 2022    (Media Indonesia)

Pasukan Elite Raider Menuju ke Papua (Berita Foto).

            Prajurit Raider TNI melakukan yel-yel sebelum naik ke kapal TNI AL jelang pemberangkatan di Pelabuhan Umum Krueng Geukeuh, Aceh, kemarin.  Sebanyak 400 prajurit elite TNI Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti Aceh diberangkatkan ke Papua untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

25 Februari 2022    (Media Indonesia)

1.775 Anak TNI Raih Dana Pendidikan BUMN.

            Kementrian Badan Usaha Milik negara (BUMN) bersama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memberikan dukungan dana pendidikan perguruan tinggi bagi 1.775 putra dan putri prajurit TNI dengan pangkat maksimal perwira pertama atau setingkat.   Beasiswa diserahkan secara simbolis oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Cilangkap, dalam seremoni yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

26 Februari 2022    (Media Indonesia)

Vaksinasi Massal Dari TNI-Polri.

            Tenaga kesehatan dari TNI-AL berbincang dengan anak sekolah peserta vaksinasi massal di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Gorontalo, kemarin.   Pelaksanaan vaksinasi massal TNI dan Polri itu menargetkan 7.000 peserta untuk mempercepat capaian kekebalan komunal terhadap Covid-19.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.