KEGIATAN TRADISI PUSJARAH TNI DI AWAL TAHUN 2024

Rabu, 17 Januari 2024 dilaksanakan Upacara bulanan setiap tanggal 17. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapusjarah TNI Brigjen TNI Rusmili S.I. P., M.Si. Dalam upacara ini Kapusjarah TNI membacakan amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto S.E., M.Si. yaitu TNI pada tahun 2024 ini, TNI memiliki tantangan untuk mengawal dan mensukseskan pesta demokrasi dalam rangkaian Pilpres, Pilleg, dan Pemilukada. TNI sesuai dengan UU No. 34 Tahun 2004 memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional, sehingga TNI harus memastikan agar agenda politik nasional dapat berjalan dengan aman dan damai.

Panglima TNI menekankan agar stabilitas keamanan harus tetap terjaga, netralitas TNI harus dijunjung tinggi, dan mengoptimalkan sinergitas TNI-Polri dalam mengawal rangkaian pesta demokrasi. Selain itu, Panglima TNI juga mengajak seluruh prajurit dan PNS TNI untuk meneguhkan integritas dengan menjaga citra TNI di masyarakat.

“Disiplin bukan hanya kewajiban internal, tetapi juga investasi jangka panjang dalam hubungan harmonis antara TNI dan masyarakat. Mari kita jaga marwah TNI sebagai Tentara Rakyat yang senantiasa membantu kesulitan dan solusi permasalahan rakyat” Tegas panglima TNI.

Selanjutnya Panglima TNI juga berpesan untuk menjadi prajurit TNI yang PRIMA, yaitu Profesional, Responsif, Adaptif, Integratif, Modern, dan Adaptif dengan memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, serta 8 Wajib TNI.

Pelaksanaan upacara berlangsung secara lancar tanpa ada kendala yang berarti. Setelah upacara dilanjutkan dengan tradisi acara korp raport dan wisuda purna tugas personel yang masuk, pindah satuan, dan juga yang pensiun.

Acara Korp Raport dan Purna tugas dipimpin oleh Kapusjarah TNI Brigjen TNI Rusmili S.I. P., M.Si. Pada acara ini ada 4 orang yang melakukan laporan masuk satuan Pusjarah TNI, 1 orang yang pindah satuan tugas, dan juga 1 orang yang wisuda purna tugas. Dalam amanatnya, Kapusjarah TNI berpesan kepada yang masuk satuan Pusjarah TNI untuk bisa memanfaatkan pengalaman yang sudah didapat dari satuan sebelumnya untuk dimanfaatkan dalam bekerja di Pusjarah TNI. Kapusjarah TNI juga berpesan kepada personel yang pindah satuan agar memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan yang sudah diberikan dan selalu menjaga nama baik Pusjarah TNI. Kepada yang wisuda purna tugas Kapusjarah TNI mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdiannya kepada Pusjarah TNI.

Acara kemudian dilanjutkan dengan merayakan ulang tahun bagi personel yang berulang tahun di bulan januari ini. Acara ditutup dengan mengucapkan selamat kepada personel yang berulang tahun.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.