Kronik TNI November 2023

8 November 2023   Media Indonesia

Netralitas Calon Panglima TNI Disorot

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto diingatkan menjaga netralitas dan tak berpolitik praktis. Terlebih ia merupakan calon tunggal Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono.   Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto bahkan mengusulkan pembentukan panitia kerja (panja) netralitas TNI.   Ia mengaku khawatir apabila pimpinan TNI menerima perintah dari Presiden Joko Widodo selaku panglima tertinggi.   Prajurit tak bisa menolak perintah atasan.   Sementara itu Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyambut baik usul itu. Usul itu akan didiskusikan terlebih dahulu di Komisi I DPR.

9 November 2023 Media Indonesia

Purnawirawan Diimbau Tidak Seret Prajurit Berpolitik

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengimbau para purnawirawan TNI agar tidak mengajak serta prajurit TNI aktif untuk terlibat tim sukses pemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).   Yudo meminta seluruh purnawirawan tidak merecoki para prajurit untuk terlibat politik praktis.   Namun Yudo mengatakan dirinya tak mempermasalahkan jika para purnawirawan itu bergabung dalam timses capres. Sebelumnya Yudo juga menyatakan siap terkait dengan wacana pembentukan  panitia kerja (panja) netralitas TNI.  Usulan panja netralitas TNI disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPR Utut Adianto. Utut mengaku khawatir apabila pimpinan TNI menerima perintah dari Presiden Joko Widodo selaku panglima tertinggi.   Prajurit tak bisa menolak perintah atasan.

12 November 2023 Media Indonesia

Tingkatkan Kemampuan (Berita Foto).

Sejumlah anggota Polri dan TNI AD menghadang perusuh saat simulasi pengamanan pemilu di Medan, Sumatera Utara, Rabu (8/11). Simulasi tersebut untuk meningkatkan kemampuan personel TNI-Polri dalam menangani konflik sosial serta persiapan pengamanan Pemilu 2024.  

14 November 2023 Kompas       

Netralitas TNI Harga Mati

Seusai menjalani uji kelayakan dan kepatutan selama sekitar 2 jam, Komisi I DPR menyetujui pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI. Agus berkomitmen untuk menjaga netralitas TNI dalam setiap tahapan Pemilu 2024 setelah kelak dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden, selain janjinya menjadikan prajurit TNI “Prima” atau singkatan dari profesional, responsif, integrative, modern, dan adaptif.   Kehadiran Jenderal Agus Subiyanto untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR, Jakarta, Senin (13/11/2023), ditemani Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.  Hadir pula Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo.

14 November 2023   Media Indonesia

Agus Subiyanto Jamin Netralitas TNI di Pemilu 2024

Calon Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan bakal menjaga netralitas prajurit unutk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.  Hal itu disampaikannya saat uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI saat rapat dengar pendapat umum (RDPU) di Komisi I DPR.  Agus juga bakal meneruskan tradisi sinergi bersama Polri untuk menjaga konsistensi 2024.  Dengan demikian, keamanan dan stabilitas politik dapat terjamin.   Sementara itu, Komisi I DPR sudah menyepakati pembentukan panitia kerja (panja) netralitas TNI untuk Pemilu dan Pilpres 2024.   Ketua Fraksi DPIP yang juga Wakil ketua Komisi I DPR, Utut Adianto, ditunjuk sebagai ketua panja.

14 November 2023 Media Indonesia

Soedirman Award 20223 (Berita Foto)

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri Soedirman Award 2023 di Jakarta, kemarin.  Soedirman Award merupakan ajang apresiasi bagi prajurit TNI yang menunjukkan loyalitas dan dedikasi luar biasa kepada masyarakat. Selain itu penghargaan tersebut diharapkan dapat memotivasi anggota TNI untuk meneladani nilai-nilai yang diwariskan Jenderal Soedirman.

15 November 2023  Media Indonesia

Apel Gelar Gladi Tugas Tempur (Berita Foto)

Panglima Komando Armada II Laksamana Muda Yayan Sofiyan menginspeksi prajurit TNI-AL saat apel gelar pasukan latihan Gladi Tugas Tempur Tingkat III Satuan Kapal Eskorta dan Satuan Kapal Amfibi di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.  Apel yang diikuti 1.739 prajurit TNI-AL dari berbagai alutsista tersebut sebagai wujud kesiapsiagaan Koarmada II dalam pengamanan tahun politik 2024.

16 November 2023   Kompas

HUT Ke-78 Korps Marinir (Berita Foto)

Sejumlah prajurit Korps Marinir TNI AL mengikuti upacara peringatan HUT Ke-78 Korps Marinir di Bumi Marinir, Cilandak, Jakarta, Rabu (15/11/2023).   Peringatan HUT itu bertemakan “Korps Marinir yang Profesional, Tangguh, dan Digdaya, Terus Melaju untuk Indonesia Maju.

17 November 2023 Kompas       

Pesawat TNI AU Diduga Jatuh karena Cuaca Buruk

Dua pesawat latih TNI AU, EMB 315 Super Tucano, dari Skuadron Udara Abdulrachman Saleh, Malang, jatuh di wilayah Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (16/11/2023).   Cuaca buruk diduga menjadi penyebab jatuhnya dua pesawat itu.   TNI AU mengklaim kondisi dua pesawat tersebut laik terbang.   Video jatuhnya pesawat beredar luas di media sosial. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Agung Sasongkojati mengonfirmasi jatuhnya dua pesawat Super Tucano bernomor ekor TT-3103 dan TT-3111.  Keduanya merupakan bagian dari Skuadron Udara 21 Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Abdurachman Saleh, Malang.   Keduanya hilang komunikasi saat misi penerbangan formasi.

18 November 2023 Kompas

Kecelakaan Pesawat TNI AU, Penghargaan Negara Bagi Korban

Empat prajurit yang  gugur dalam kecelakaan dua pesawat TNI AU jenis EMB Super Tucano TT 3111 dan TT 3103 di pasuruan, Jawa Timur, dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP), Jumat (17/11/2023).   Tiga prajurit dimakamkan di TMP Suropati Malang, satu lainnya dimakamkan di TMP Madiun. Sebelum dimakamkan, keempat jenazah disemayamkan di hangar Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh.

19 November 2023 Kompas

Investigasi Mendalam Kasus Super Tucano

TNI Angkatan Udara menyatakan, bakal menginvestigasi kecelakaan pesawat Super Tucano TT 3111 dan TT 3103 di Pasuruan, Jawa Timur.   Harapannya, kecelakaan serupa tidak terulang di masa depan. Selain itu investigasi diharapkan dapat memperbaiki prosedur serta keselamatan terbang. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati menyampaikan pesan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo itu dalam jumpa pers di Gedung Penerangan, Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang, Sabtu (18/11/2023).  Fadjar mengunjungi empat keluarga korban kecelakaan Super Tucano untuk menyampaikan duka cita dan belasungkawa.   Keempat korban itu adalah Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Subhan, Marsekal Pertama TNI (Anumerta) Widiono Hadiwijaya, Kolonel Pnb (Anumerta) Sandhra Gunawan, dan Letnan Kolonel Pnb (Anumerta) Yuda Anggara Seta.

20 November 2023 Kompas 

TNI Tepis Mutasi danlanud Terkait Jatuhnya Pesawat Super Tucano

Komandan Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Malang, Marsekal Pertama Fairlyanto termasuk salah satu di antara 60 perwira TNI yang dimutasi berdasarkan keputusan Panglima TNI. Ia dimutasi menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI AU.   Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Agung Sasongkojati menepis bahwa mutasi itu terkait jatuhnya pesawat Super Tucano.  “Untuk mutasi tidak ada kaitan, memang sesuai rencana TOA/TOD (tour of area dan tour of duty) kata Agung, Minggu (19/11/2023).

21 November 2023   Media Indonesia

Posko Pengaduan Netralitas TNI (Berita Foto)

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono didampingi KSAD Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan sambutannya dalam acara peresmian Posko Pengaduan Netralitas TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin.  Posko tersebut untuk memudahkan pengawasan terhadap netralitas prajurit dan PNS TNI pada Pemilu 2024.

21 November 2023 Media Indonesia

Polri Sebut Netralitas Harga Mati

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan bahwa netralitas dalam pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 ialah komitmen harga mati bagi seluruh jajaran Kepolisian di Indonesia demi menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Dalam kesempatan terpisah, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan netralitas TNI dalam pemilu jelas dan tegas diatur dalam ketentuan perundang-undangan, diantaranya TAP MPR RI Nomor VII/2000 tentang Peran TNI dan Polri dan Undang-Undang Nomor 34/2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (UU TNI).

21 November  2023  Kompas

Posko Pengaduan Netralitas TNI (Berita Foto)

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono didampingi KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAD Jenderal Agus Subiyanto, dan KSAL Laksamana Muhammad Ali menyimak presentasi dalam acara peresmian Posko Pengaduan Netralitas TNI di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta, Senin (20/11/2023).  Posko tersebut dibentuk guna mempermudah pengawasan terhadap netralitas prajurit dan PNS TNI pada Pemilu 2024.

21 November 2023  Kompas

Kecelakaan Pesawat.   Evakuasi Super Tucano Terkendala Cuaca

Evakuasi dua badan epsawat Super Tucano dari lokasi kecelakaan di Pasuruan, Jawa Timur, tetap dilakukan meski cuaca kurang bersahabat.   Badan pesawat dipotong-potong terlebih dahulu agar mudah diangkut melalui jalan darat.  Dua pesawat Super Tucano mengalami kecelakaan di Pasuruan, Kamis pecan lalu.   Saat itu kedua pesawat bersama dua pesawat lain menjalani latihan formasi.   Mereka lepas landas dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh pukul 10.50.   Pada pukul 11.18 kedua pesawat hilang kontak, sedangkan dua pesawat lainnya kembali ke Lanud. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama R Agung Sasongkojati dalam rilis tertulis yang disampaikan melalui Bagian Penerangan Lanud Abdulrachman Saleh, Minggu (19/11/2023) malam, menjelaskan hingga saat ini TNI AU telah mengangkut beberapa bagian pesawat ke Lanud Abdurachman Saleh. “Untuk mengangkut keseluruhan belum dilakukan karena terkendala cuaca serta lokasi yang terjal dan berbukit-bukit. Kondisi itu sangat mengganggu proses evakuasi,” ujarnya.

22 November 2023 Media Indonesia

Panglima TNI Dilantik Hari Ini

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, hari ini.   Sebelumnya Rapat Paripurna Ke-9 DPR RI Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Jakarta, kemarin, menyetujui Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Calon Panglima TNI seperti yang diajukan Presiden.   Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan Komisi I telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan Calon Panglima TNI pada 13 November 2023 untuk mendengarkan visi dan misi Jenderal Agus Subiyanto.  Selain itu setelah mendengarkan dan mempertimbangkan pandangan dari fraksi-fraksi ataupun anggota Komisi I DPR, Meutya mengatakan komisinya menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI serta memberikan apresiasi atas dedikasi Yudo.  

23 November  2023  Kompas 

Presiden Melantik Panglima TNI Agus Subiyanto

Presiden Joko Widodo melakukan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penyerahan tongkat komando Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023). Pelantikan Agus Subiyanto dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan di Jakarta pada 22 November 2023.

23 November  2023  Kompas

Panglima Jamin Netralitas Terjaga

Dikenal sebagai sosok yang kerap berada di sekitar lingkungan Presiden Joko Widodo, seusai dilantik sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023), Jenderal Agus Subiyanto menyatakan siap menjaga netralitas prajurit di Pemilihan Umum 2024.  Untuk menjamin netralitas terjaga, Agus menyatakan, disediakan posko-posko aduan untuk melaporkan jika terdapat prajurit yang melanggar asas netralitas.   Dalam menjalankan tugasnya sebagai Panglima, Agus juga akan menjaga profesionalitas prajurit dengan memastikan prajurit dilatih dengan baik, dan gaji layak. Untuk perlengkapan prajurit contohnya alat utama system persenjataan (alutsisa) akan dievaluasi kelayakannya.

23 November 2023 Media Indonesia

Sertijab Panglima TNI (Berita Foto)

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersalam komando dengan pejabat lama Laksamana Yudo Margono seusai melaksanakan upacara serah terima jabatan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, kemarin.  Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun.

23 November 2023   Media Indonesia

Prajurit Berpolitik Praktis akan Ditindak

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyoroti tiga masalah sebagai bagian dari prioritas kerjanya, yaitu kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM), penanggulangan bencana alam, dan pengamanan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024.  Agus juga menyatakan netralitas TNI dalam Pemilu 2024 akan ditegakkan. Ia menjelaskan TNI sudah melakukan kick off dan membuat posko pengaduan apabila ada oknum TNI yang diketahui tidak netral.   Agus menjelaskan ia sudah menginstruksikan kepada jajaran soal netralitas TNI sesuai dengan Undang-Undang No 34/2004 tentang TNI yang menyebutkan prajurit  tidak boleh berpolitik praktis. Kemudian ujarnya UU 7/2017 tentang Pemilu juga mengamantkan hal serupa.   “Apabila ada oknum TNI masih organik melakukan politik praktis, akan ada tindakan pidana maupun teguran pimpinannya.   Ini tertuang dalam buku saku yang kita berikan kepada seluruh prajurit sehingga tahu apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan,” paparnya.

23 November 2023 Media Indonesia

Menghadang Massa (Berita Foto)

Personel TNI AL menghadang massa yang anarkistis saat Latihan pengamanan Pemilu 2024 di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, kemrin.   Latihan Pengamanan Pemilu 2024 itu digelar guna meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL dan kesiapsiagaan operasional satuan selama rangkaian pesta demokrasi.

24 November 2023   Media Indonesia

TNI AU Siapkan Armada Angkut Logistik Pemilu

TNI Angkatan Udara (AU) akan menyiapkan armada transportasi berupa pesawat dan helikopter untuk membantu menyalurkan logistik Pemilu 2024 ke daerah-daerah yang sulit dijangkau. Hal itu diungkapkan Wakil Kepala Staf TNI AU Marsekal Madya Agustinus Gustaf Brugman di Gedung Piri Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin.  Agustinus menerangkan permintaan mendadak oleh penyelenggara pemilu sering kali terjadi pada hajatan pemilu sebelumnya.   Agustinus pun belum mengetahui secara pasti berapa jumlah armada yang akan diperlukan untuk distribusi logistik Pemilu 2024 tersebut karena belum berkoordinasi  dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berkaca dari pemilu sebelumnya, Agustinus mengatakan pihaknya tetap akan menyiagakan armada tersebut.

28 November 2023  Media Indonesia

Mengawal Pemilu 2023 (Berita Foto)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto disaksikan Pimpinan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menandatangani Piagam Deklarasi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang digelar Bawaslu di Jakarta, kemarin.

29 November 2023   Kompas

KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat Memuat Bantuan (Berita Foto)

Anggota TNI Angkatan Laut memasukkan air mineral ke dalam KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat di Dermaga Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/11/2023).   Bantuan tersebut merupakan donasi banyak pihak di Jatim yang dikumpulkan TNI AL dari 11 November hingga 28 November 2023.   Bantuan yang diberikan terdiri dari air mineral, kebutuhan pribadi, serta obat-obtan dan alat kesehatan.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.