Kronik TNI September 2023

1 September 2023  (Media Indonesia)

Pembukaan Latma.

Prajurit TNI bersama US Army dan Singapore Armed Forces mengikuti upacara pembukaan Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield (SGS) di Pusat Latihan Tempur Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, kemarin. Latihan bersama yang diikuti 17 negara dengan melibatkan 2.810 prajurit TNI dan 2.165 personel negara asing itu digelar hingga 13 September mendatang.

2 September 2023  (Kompas)

Mengenal Persenjataan TNI AD (Berita Foto).

Siswa SMA memegang senjata yang digunakan prajurit TNI Angkatan Darat di Markas Korem 061/Surya Kencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023).   Edukasi untuk siswa tersebut merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-74 Korem 061/SK dengan tema “Korem Hadir Menjadi Solusi, Melaju Bersama Rakyat,” dengan tujuan lebih mendekatkan TNI AD kepada masyarakat.

2 September 2023 (Kompas) 

Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT ASEAN (Berita Foto).

Anggota TNI dan Polri mengikuti Apel Gelar pasukan pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (1/9/2023).   Sekitar 18.000 personel TNI-Polri akan dikerahkan dalam pengamanan penyelenggaraan KTT ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023.

3 September 2023  (Kompas)

Misi Teknologi Modifikasi Cuaca (Berita Foto).

Dua awak pesawat CASA 212 TNI AU dari Skuadron Udara 4 Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang mengeluarkan karung berisi campuran garam NaCl dan kapur tohor melalui corong dari kabin yang terlapisi plastik khusus GPS untuk benih hujan di kawasan Jabodetabek, Sabtu (2/9/2023).

6 September 2023  (Media Indonesia)

Sampah di Cilincing (Berita Foto).

Personel gabungan TNI AL, Polairud, PSSU, Pramuka, dan pelajar membersihkan kali dari sampah plastik di hilir Sungai Cilincing, Jakarta Utara, kemarin.   Kegiatan program kali bersih TNI AL bersama masyarakat tersebut dalam rangka peringatan HUT ke-78 TNI-AL.

7 September 2023  (Media Indonesia)

Pembebasan Pilot Susi Air Dilakukan secara Persuasif.

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa pihaknya menggunakan pendekatan secara persuasive dan tidak melakukan kekerasan dalam upaya pembebasan pilot Susi Air yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.   Itu disebabkan, kata dia, penggunaan kekerasan dalam upaya  pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens dari tangan KKB hanya akan membawa kerugian bagi masyarakat.

8 September 2023  (Media Indonesia)

TNI Janjikan Kabar Baik Pekan ini Terkait Pilot Susi Air.

TNI menyebut kabar baik terkait dengan Pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal  bersenjata (KKB) pada 7 Februari 2023.   Kabar itu akan disampaikan dalam pekan ini. “Saya harapkan beberapa hari ini akan keluar berita terbaru yang akan membahagiakan kita semua,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono di Mabes TNI, Jalan Merdeka, Jakarta Pusat, kemarin.  Namun, dia belum memastikan apa kabar baik itu.   Apakah itu pembebasan Mehrtens atau bukan.   Julius hanya melempar senyuman.

9 September 2023  (Kompas)

Latihan Gabungan Ketepatan Sasaran Meriam (Berita Foto).

Tentara Amerika Serikat menentukan sasaran bidik meriam howitzer pada Latihan Gabungan Bersama Super Garuda Shield di Pusat latihan Pertempuran Marinir Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023).   Kegiatan latihan tersebut selain mengecek kesiapan senjata juga untuk berbagi pengetahuan dan strategi menembak menggunakan meriam agar tepat sasaran.

10 September 2023  (Media Indonesia)  

Perebutan Bandara (berita Foto).

Kendaraan tempur meriam 155/GS Caesar melintasi di depan pesawat Hercules C-130 pada Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) materi perebutan bandara di Banyuwangi, Jawa Timur, kemarin.  Latihan melibatkan tentara Indonesia, AS, Jepang, Singapura, Australia, dan Inggris itu untuk membantu bandara yang dikuasai musuh dengan cara memberikan bantuan senjata berat yang dikirim melalui udara.

11 September 2023  (Media Indonesia)  

Penembakan Roket (Berita Foto).

Pasukan elite TNI-AL Marinir menembakkan roket RM-70 Multiple Launch Rocket System (MLRS) saat latihan bersama Super Garuda Shield 2023 bersama pasukan dari Amerika Serikat, Jepang, Singapura, di Situbondo, Jawa Timur, kemarin.   Latihan tersebut diikuti 2.810 prajurit TNI dan 2.165 personel militer Negara asing.

11 September 2023 (Kompas) 

Warga Berkunjung ke Pangkalan Koarmada RI (Berita Foto).

Warga antre memasuki KRI dr Soeharso saat Naval Base Open Day (NBOD) Komando Armada II, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023).   NBOD berlangsung dalam rangkaian HUT Ke-78 TNI Angkatan Laut.   Dalam kesempatan itu warga mendapat pengetahuan tentang satuan-satuan yang ada di TNI AL sekaligus memasuki sejumlah kapal perang. 

12 September 2023 (Kompas) 

HUT Ke-78 TNI Angkatan Laut (Berita Foto).

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memeriksa pasukan saat upacara HUT Ke-78 TNI Angkatan Laut di Dermaga Madura Ujung Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/9/2023). Perayaan HUT TNI AL tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju untuk Indonesia Maju.”

13 September 2023  (Kompas)

HUT Satuan Kapal Selam TNI AL (Berita Foto).

KRI Alugoro-405 yang membawa Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali tiba di Dermaga Ujung Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/9/2023).   Kedatangan KSAL untuk memimpin penyematan brevet kehormatan hiu kencana dalam acara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-64 Satuan Kapal Selam.   Penyematan brevet kemudian berlangsung di dalam kapal perang RI (KRI) tersebut.   Tanda kehormatan itu diberikan kepada delapan pejabat tinggi TNI AL.   Adapun Satuan Kapal Selam TNI AL secara resmi berdiri pada 12 September 1959.

14 September 2023 (Kompas) 

Panglima dan KSAD Segera Pensiun, Pengganti Belum Juga Diusulkan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman masing-masing akan pensiun pada 26 November 2023 dan 19 November 2023.  Namun hingga kini Dewan Perwakilan Rakyat belum juga menerima ususlan dari Presiden terkait dengan penggantian mereka.   Pengisian jabatan di jajaran pimpinan TNI ini perlu  menjadi perhatian pemerintah mengingat UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang  TNI tidak memungkinkan hadirnya opsi perpanjangan masa jabatan.   Walakin, saat ini, usia pensiun perwira dan prajurit tengah dipersoalkan di Mahkamah Konstitusi.   Saat ditemui di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9/2023), Yudo Margono mengatakan, pengisian jabatan Panglima TNI merupakan kewenangan penuh Presiden Joko Widodo. Akan tetapi, sebagai prajurit, pihaknya selalu siap ditugaskan, termasuk apabila diminta memegang kembali jabatan tersebut setelah pensiun.

14 September 2023 (Kompas)    

Jaga Keamanan Laut Butuh Kerja Sama.

Laksamana Madya TNI Irvansyah seusai dilantik sebagai Badan Keamanan Laut oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/9/2023), mengungkapkan, urusan keamanan laut tak dapat dijalankan sendirian, tetapi harus melibatkan kerja sama yang terintegrasi.   Untuk keamanan di Laut China Selatan, Irvansyah mengatakan, kawasan itu akan selalu dijaga. Ia berjanji lebih fokus menangani penyelundupan narkoba yang masuknya lewat laut.

14 September 2023  (Kompas)

Lomba Renang Korps Marinir (Berita  Foto).

Prajurit mariner TNI Angkatan Laut mengikuti lomba renang militer di kolam renang militer di kolam renang Tirto Sagoro 14 Brigif 2 Marinir, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (13/9/2023). Lomba yang termasuk Pembinaan Satuan tersebut bertujuan untuk mengasah kemampuan prajurit Korps Marinir sebagai pasukan pendarat amfibi.

14 September 2023  (Media Indonesia)  

Raker Komisi I dengan Panglima TNI (Berita Foto).

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M Herindra bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.   Raker yang digelar secara tertutup itu membahas agenda lanjutan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Kemenhan dan TNI  Tahun Anggaran 2024.

16 September 2023  (Media Indonesia)  

Ketangkasan Halang Rintang (Berita Foto).

Prajurit Korps Marinir beradu cepat saat mengikuti ketangkasan haling rintang di Lapangan HR Kesatrian Marinir R Suhadi Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin. Ketangkasan haling rintang merupakan rangkaian lomba pembinaan satuan (binsat) Pasmar 2 yang bertujuan meningkatkan kemampuan fisik prajurit.

19 September 2023 (Media Indonesia)  

Pentingnya Membangun Relasi TNI dengan Media  di Era Digital.

Media Academy bekerja sama dengan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) Bandung kembali mengadakan Media Week Dikreg LXIII Seskoad TA 2023 dengan tema Public speaking & media handling training. Kegiatan dilaksanakan di seskoad Bandung pada 18-22 September.   CEO Media Group yang juga Ketua Media Academy Mohammad Mirdal Akib dalam sambutannya mengatakan Media Academy sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan TNI-AD, khususnya Seskoad, untuk bisa berkolaborasi dalam hal keterbukaan informasi.

20 September 2023  (Kompas)

Uji Siap Tempur Raider di Aceh (Berita Foto).

Prajurit Yonif Raider 112 Dharma Jaya melakukan penyergapan ke lokasi musuh saat latihan uji siap tempur di pusat latihan kawasan perbukitan Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Selasa (19/9/2023).

21 September 2023  (Kompas)

Pertahanan, TNI Susun Strategi Pertahanan Nusantara.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjelaskan perkembangan strategis terkini menunjukkan potensi invasi militer dari suatu Negara ke Negara lain masih faktual atau nyata. Perang Rusia-Ukraina menjadi bukti empiris dan alarm bagi Indoensia untuk merumuskan strategi dalam menghadapi ancaman potensial.   Potensi yang dimilliki Indonesia berdampak positif bagi Tujuan Pembangunan Nasional.  Namun di sisi lain, kondisi itu juga menimbulkan ancaman, terutama bagi kedaulatan, integritas dan keutuhan bangsa Indonesia.   Sumber daya manusia dan alat utama sistem senjata (alutsista) saja tak cukup untuk menghadapi ancaman itu.   Dibutuhkan strategi pertahanan agar lebih efektif dan efisien  dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada. Atas dasar itu, TNI menyusun strategi untuk pertahanan Negara.

22 September 2023  (Media Indonesia)   

Perwira TNI Harus Kuasai Komunikasi Publik.

Para Perwira Siswa (pasis) Sekolah Staf dan Komando (Seskoad) yang mengikuti Media Week Dikreg LXIII TA 2023 sangat antusias mengikuti materi-materi yang diberikan tim Media Academy. Dalam pelaksanaan kegiatan yang berlangsung selama lima hari, mulai Senin (18/9) hingga Jumat (22/9) di seskoad Bandung, Jawa Barat diikuti 120 peserta dengan menggandeng Media Academy untuk pelatihan public speaking & media handling training.   Mayor Pnb TNI-AU, Nodhi Bayu Laksono, pasis Sesko yang ikut pelatihan mengatakan materi yang diberikan banyak manfaatnya.   Para Pasis Sesko ini ke depan akan menjadi sosok pemimpin di kesatuan masing-masing.

22 September 2023 (Media Indonesia)   

Prajurit TNI Minta Putusan Sela ke MK soal Usia Pensiun.

Mahkamah Konstitusi (MK)  menggelar sidang lanjutan pengajuan materi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) terhadap UUD 1945 pada Kamis (21/9).   Agenda sidang perkara nomor 97/PUU-XXI/2023 itu, ialah pemeriksaan perbaikan permohonan yang menguji ketentuan tentang batas usia pensiun bagi prajurit TNI dalam Pasal 53 UU TNI. Viktor Santosa Tandiasa selaku kuasa hukum para pemohon dalam persidangan mengatakan terdapat penambahan satu orang pemohon yaitu Brigjen TNI Marwan Suliandi. Dengan demikian total jumlah pemohon tujuh orang.   Kuasa hukum para pemohon memutus perkara, sementara usia 59-60 tahun adalah usia yang masih sangat produktif dan sudah pada tahap kematangan dan kebijaksanaan yang sudah mumpuni untuk memuttus suatu perkara, lanjut Viktor. Selain itu, dalam perbaikan permohonan itu, para pemohon meminta MK menjatuhkan putusan sela (provisi).   “Dalam permohonan perbaikan, kami memasukkan provisi,” imbuhnya.

25 September 2023  (Media Indonesia)

Pameran di Alutsista (Berita Foto).

Warga berfoto di kendaraan tempur dalam pameran alut utama sistem persenjataan (alutsista) TNI yang digelar di area Silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, kemarin.   Pameran alutsista tersebut digelar dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI yang jatuh pada Kamis (5/10).

26 September 2023 (Media Indonesia)  

Australia dan Indonesia Gelar Latihan Tempur Udara Bersama.

Untuk pertama kalinya Angkatan Udara Australia (RAAF) mengerahkan enam pesawat F-35A Lightening II Joint Strike Fighter ke Indonesia sebagai bagian dari Latma Elang AUSINDO 23. Diadakan di Manado, Sulawesi Utara, pada 18-28 September 2023, Latma Elang AUSINDO 23 melibatkan 150 personel RAAF yang berlatih bersama 160 personel Indonesia. TNI AU juga mengerahkan pesawat tempur F-16 untuk misi tempur udara.   Panglima Operasi Udara Australia Marsda Glen Braz mengatakan latihan itu menandai pertama kalinya Australia mengerahkan pesawat F-35 A ke Indonesia. (Internasional).

29 September 2023 (Media Indonesia)   

Menyambut HUT TNI 5 Oktober (Berita Foto).

Sejumlah pengunjung melihat kendaraan tempur TNI AD pada pameran alat utama sistem senjata (alutsista) di Denpasar, Bali, Rabu (27/9).   Pameran yang digelar Kodam IX/Udayana tersebut bertujuan memperkenalkan alat-alat persenjataan milik TNI sekaligus menyambut  HUT ke-78 TNI yang diperingati 5 Oktober 2023.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.