Kronik TNI April 2023

1 April 2023  (Kompas)

Berpesta di Atas Kapal (Berita Foto).

Tuan rumah dan tamu berpesta di atas geladak kapal perang landing helicopter dock (LHI) Dixmude yang tengah bersandar di Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (28/3/2023).   Pesta itu bertajuk ‘Cocktail Party’ dan sudah menjadi tradisi turun menurun seluruh angkatan laut di dunia.

1 April 2023  (Kompas)

Mutasi TNI, Lagi, Mantan Ajudan Presiden Jabat Danjen Kopassus.

Promosi Mayjen Deddy Suryadi untuk memimpin Kopassus merupakan bagian dari mutasi 219 personel di tubuh TNI sesuai Keputusan Panglima TNI 338/III/2023 pada 29 Maret 2023. Deddy menggantikan Mayjen Iwan Setiawan yang dimutasi menjadi Panglima Kodam XII/Tanjungpura. Sebelum dipromosikan menjadi Danjen Kopassus, Deddy pernah menjabat Kepala Staf Korem 061/Suryakancana Bogor, Komandan Korem 074/Warastama Surakarta, Wakil Danjen Kopassus, dan Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro.

1 April 2023  (Kompas)

Sesuaikan Teknologi, Alutsista Komando Pasukan Katak Ditambah.  

TNI Angkatan Laut bertekad menambah alat utama sistem persenjataan Komando Pasukan Katak (Kopaska).   Penambahan sesuai tantangan Kopaska dengan teknologi dan sistem perang modern. Hal itu diungkap Kepala Staf TNI AL Laksamana Muhammad Ali saat HUT ke-61 Kopaska dan penyematan brevet kehormatan TNI AL, Jumat (31/3/2023), di Jakarta. Penerima brevet antara lain Asisten Operasi KSAL, Laksda Denih Hendrata, Panglima Komando Armada (Pangkomar) I Erwin S (Kompas)

Setjen Wantannas Laksda TSNB Hutabarat.

3 April 2023  (Kompas)

Latihan Praktik Kartika Jala Krida Tahun 2023.

Anak buah kapal menaiki tiang layar saat pelepasan KRI Bima Suci untuk pelayaran Latihan Praktik Kartika Jala Krida Tahun 2023, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-70 di Dermaga Ujung Komando Armada II, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (2/4/2023).   Pelayaran Kartika Jala Krida kali ini akan berlangsung 214 hari dengan rute Surabaya, Batam, Sri Lanka, Oman, Arab Saudi, Mesir, Aljazair, Perancis, Belanda, Inggris, Norwegia, Skotlandia, Jerman, Spanyol dan Tunisia.   Sebanyak 145 Taruna AAL dan 95 anak buah kapal akan terlibat dalam pelayaran kali ini.

3 April 2023  (Media Indonesia)

Pemberangkatan Satgas (Berita Foto).

Personel TNI-AD naik ke KRI Teluk Palu-523 saat pemberangkatan Satgas Pamtas RI-Papua Nugini ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat TA 2023-2024 di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (1/4). Sebanyak 850 prajurit dari Batalyon Infantri 527/BY dan Batalyon Infantri 407/PK diberangkatkan untuk menjalankan tugas menjaga keamanan selama 12 bulan.

3 April 2023  (Media Indonesia) 

Kodim Pidie Bagi Takjil Berbuka Puasa bagi Masyarakat.

Kodim 0102/Pidie berbagi takjil (penganan berbuka puasa) kepada masyarakat setempat sejak tiga hari terakhir.  Aksi bersedekah menebar alakadar makanan dan minuman berbuka puasa itu digelar sore hari di pinggir jalan Prof A Majid Ibrahim yaitu persis di depan markas Kodim 0102/Pidie atau berhadapan di depan Kantor Bapeda dan kantor Bupati Pidie.   Komandan Kodim 0102/Pidei, Letkol Inf Abdul Jamal Husin mengatakan, aksi berbagi ini merupakan tindakan nyata kepedulian jajaran Kodam Iskandar Muda terhadap masyarakat Aceh termasuk di Kabupaten Pidie.

4 April 2023  (Kompas)

Prajurit di Pos TNI Gugur Ditembak KKB.

Kelompok kriminal bersenjata menyerang pos TNI Angkatan Darat dari Satgas Yonif Raider 321/Galuh Taruna di Distrik Yai, Kabupaten Nduga, Papua, Senin (3/4/2023), sehingga mengakibatkan Prajurit Satu Hamdan gugur. Komandan Resor Militer 172/Praja Wira Yakhti Brigadir Jenderal Juinta Omboh Sembiring mengonfirmasi peristiwa tersebut.   Kontak tembak antara KKB dan anggota TNI di Pos Satgas Yonif Raider 321/Galuh Taruna terjadi pada pukul 09.40 WIT. Juinta menginstruksikan semua anggota Pos Satgas Yonif Raider 321/Galuh Taruna di Distrik Yai siaga. Tujuannya untuk mengantisipasi serangan susulan kelompok tersebut.

4 April 2023  (Kompas)

RI Menerima Hibah Kendaraan Taktis Australia.

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui permintaan hibah 15 kendaraan taktis bushmaster protected mobility vehicle dari Pemerintah Australia.   Sejumlah kendaraan taktis itu akan digunakan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia untuk meningkatkan kemampuan personel satuan tugas operasi pemeliharaan perdamaian dunia. Berdasarkan kajian Kementerian Pertahanan hibah ini menguntungkan Indonesia dari segi teknis karena kendaraan dalam kondisi baik dan siap pakai sehingga dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelatihan dan operasi.   Secara strategis, ini juga tidak akan menyebabkan ketergantungan Indonesia pada Australia di masa mendatang karena tak ada starat apapun.

5 April 2023  (Kompas)

Bakamla Jemput 8 Awak Kapal Buana Indah.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) menjemput delapan warga negara Indonesia awak Kapal Layar Motor Buana Indah, yang diselamatkan kapal kargo GH Voyager berbendera Malaysia, setelah kapalnya tenggelam pada Senin (3/4/2023).   Sekretaris Utama Bakamla Laksamana Muda Tatit Witjaksono, Selasa (4/4) mengatakan, mereka dijemput Kapal Negara (KN) Belut Laut 406 di perairan Natuna, Kepulauan Riau, Selasa, dini hari.

6 April 2023  (Kompas)

Geladi Kotor HUT ke-77 TNI AU.

Aksi tembak jarak dekat oleh prajurit Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dalam geladi kotor Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023). Berbagai kegiatan, dari parade, defile, demo udara, hingga demo darat oleh Kopasgat dengan melibatkan alutsista TNI memeriahkan peringatan yang puncaknya akan digelar pada Minggu (9/4).

6 April 2023  (Kompas)

Prajurit TNI AU Gugur Saat Terjun Payung.

Sersan Satu Agung Dewano Karisma, prajurit elite TNI AU Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat), gugur saat latihan geladi kotor kedua di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, pada Rabu (5/4/2023).   Latihan digelar untuk peringatah Hari Ulang Tahun Ke-77 TNI AU.   “Jenazah telah diterbangkan ke Lanud Husein Sastranegara, unutk dimakamkan di Soreang, Bandung,” ujar kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Indan Gilang Budiansyah, Rabu (5/4/2023).

8 April 2023  (Kompas)

Gladi Bersih Peringatan HUT Ke- 77 TNI AU.

Aksi barisan pesawat saat gladi bersih untuk acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 TNI Angkatan Udara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (6/4/2023). Sejumlah atraksi pesawat dan simulasi pertempuran pasukan TNI AU menjadi sajian yang dipersiapkan dalam acara puncak peringatan HUT TNI AU yang akan digelar Minggu (9/4).   Selain itu disaksikan para anggota dan keluarga TNI AU, gladi bersih acara ini juga menarik perhatian masyarakat umum.

9 April 2023  (Kompas)

77 Tahun Sayap Tanah Airku.

Hari jadi TNI AU ditetapkan pada 9 April 1946. Saat pertama didirikan, TNI AU bernama Tentara Republik Indonesia (TRI) Angkatan Udara. Saat itu para perintis mengumpulkan pesawat peninggalan militer Jepang dan rampasan Jepang dari pihak Sekutu dalam perang 1942 sebagai cikal bakal armada TNI AU.  Selain pesawat, mereka juga mengumpulkan pangkalan untuk membentuk kekuatan AU. Seiring dengan berjalannya waktu, kekuatan TNI AU terus bertambah. Penambahan pesawat lewat hibah ataupun pembelian pernah membuat TNI AU menjadi kekuatan udara terkuat di wilayah bumi bagian selatan. Bukti kejayaan itu dapat dilihat di sejumlah museum dan pangkalan udara yang masih menyimpan berbagai jenis pesawat tempur ataupun pesawat pengebom yang ditakuti pada masanya. Modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan pengembangan kemampuan personel terus dilakukan guna mewujudkan tema profesional, tangguh, dan modern.

9 April 2023  (Media Indonesia) 

Melintasi Sungai (Berita Foto).

Personel TNI AL membantu warga melintasi jalur darurat akibat jembatan ambles di Kelurahan Buluri, Palu, Sulawesi Tengah, kemarin. Sejumlah personel Lanal Palu diterjunkan untuk membantu masyarakat ataupun pemudik yang melintasi sungai akibat jembatan penghubung Kota Palu dan Donggala hingga ke Sulawesi barat dan Sulawesi Selatan ambles.

10 April 2023 (Media Indonesia)

Panglima TNI Susun Pengamanan IKN.

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI-AU Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyatakan pihaknya telah menyusun kekuatan TNI di kawasan Ibu Kota Negara (IKN). “Markas Besar juga di sana dan juga satuan di bawahnya sedang kita susun,” ungkap Yudo di Lanud Halim Perdanakusuma, kemarin.   Yudo menerangkan pihaknya mulai menyusun dari Angkatan Laut tentang ancaman dari laut di Indonesia. Kemudian dua matra lainnya, darat dan udara, juga akan disusun strategi untuk mengamankan IKN. Yudo juga menuturkan TNI akan menambah peremajaan alutsista yang sudah berumur.

10 April 2023 (Media Indonesia)           

HUT KE-&& TNI-AU (Berita Foto).

Pasukan Khusus TNI AU melakukan atraksi pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin.   Peringatan HUT ke-77 TNI AU tersebut mengangkat tema profesional, tangguh, dan modern sebagai angkatan udara yang disegani di kawasan.

10 April 2023 (Kompas)  

Barisan Prajurit (Berita Foto).

Komando pasukan Gerak Cepat mengikuti defile dalam acara Puncak Peringatan HUT Ke-77 Angkatan Udara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (9/4/2023).   Upacara Puncak Perayaan HUT Ke-77 TNI AU ini dipimpin Panglima TNI laksamana Yudo Margono.   Acara ini dihadiri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dan sejumlah tokoh lain. Acara peringatan ini juga dimeriahkan denngan atraksi pesawat, serta simulasi pertempuran darat dan udara.

10 April 2023 (Kompas)  

Presiden: Jadikan TNI AU Modern dan Tangguh.

Presiden Joko Widodo berpesan agar diusia yang memasuki 77 tahun, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara mampu menjadi kekuatan militer yang modern dan tangguh sehingga andal menjaga ruang udara Indonesia. Dalam Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI AU yang berlangsung di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak hadir, tetapi menyampaikan pesannya melalui rekaman video. “Di usia ke-77 ini, TNI AU harus menjadi angkatan udara modern, tangguh, mampu menjaga ruang udara Indonesia serta transformatif dalam menjaga kekuatan nasional agar dapat terus dihargai dunia,” ujar Presiden Jokowi dalam tayangan video di lokasi acara.

13 April 2023 (Media Indonesia)           

Operasi Paro Pentingkan Keselamatan Kapten Philip.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengakui bersama dengan TNI telah menggelar Operasi paro 2023 yang melibatkan 965 personel, yakni personel tersebut sudah diterjunkan ke titik-titik tertentu untuk melaksanakan tindakan. Hal tersebut disampaikan Kapolri dalam rapat kerja Komisi III DPR bersama Kapolri di Ruang Rapat Komisi III DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin, terkait dengan upaya pembebasan pilot Susi Air Kapten Philip Mark yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari 2023.   “Tentunya kami tetap mementingkan keselamatan sandera (Kapten Philip),” ujar Kapolri.

17 April 2023 (Kompas)   

Operasi Penyelamatan Pilot Susi Air Berlanjut.

Seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia yang bertugas dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air, Philip Mehtrens, gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata di Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua. Namun, peristiwa ini tak menyurutkan langkah TNI. Operasi penyelamatan terus dilakukan.   Kelompok kriminal bersenjata menyerang prajurit TNI yang bertugas di wilayah Mugi-Mam, Sabtu (15/4/2023) sore. Prajurit yang diserang berasal dari Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna yang terlibat dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air, Philip.   Personel TNI yang gugur ialah Prajurit Satu (Pratu) Mifathul Arifin.  “Operasi tetap dilanjutkan. Perintah Panglima TNI jelas. Tegas, tak usah ragu-ragu,” kata Kepala Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono dalam konferensi pers di Markas Besar TNI di Jakarta, Minggu (16/4).  Menurutnya, TNI akan meningkatkan operasi.   Area lokasi penyanderaan juga sudah makin mengerucut sehingga operasi diharapkan makin tajam dan optimal. Operasi tetap dilakukan mengedepankan sifat humanis demi meminimalkan jatuhnya korban. Strategi operasi dan jumlah personel yang dikerahkan bersifat rahasia, tak bisa disampaikan ke publik.   Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan mengevaluasi peristiwa kontak tembak dalam operasi penyelamatan tersebut.

17 April 2023 (Media Indonesia)           

Penyerangan KKP Papua (Berita Foto).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Pertama (Laksma) Julius Widjojono menyampaikan keterangan pers terkait dengan situasi terkini Papua dalam konferensi pers di Puspen TNI, Mabes Cilangkap, Jakarta, kemarin. TNI hingga kini baru mengkonfirmasi 1 korban tewas anggota TNI dalam penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang tengah bertugas di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (15/4) sekitar pukul 16.30 WIT.

17 April 2023 (Media Indonesia)           

Jangan Ragu Ambil Tindakan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melalui Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono menegaskan pihaknya tidak ragu untuk mengambil tindakan tegas dalam operasi pembebasan pilot Susi Air, tetapi dengan tetap mengedepankan pendekatan humanis. Ini disampaikannya terkait insiden penembakan prajurit TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (15/4) sore.   Menurut Julius, Panglima TNI juga memerintahkan jajarannya untuk mencari dan memberikan bantuan maksimal mengenai insiden di Nduga. Disampaikan juga bahwa satu prajurit Batalyon Infantri Raider 321/Galuh Taruna bernama Miftahul Arifin gugur saat melaksanakan tugas di Mugi-Mam, Nduga.   Pratu Miftahul bersama dengan rombongan Satgas Yonif R 321/GT sedang mencoba menyisir wilayah itu untuk mendekati posisi pilot Susi Air Phillip Mahtrens yang disandera KKB.

18 April 2023 (Media Indonesia)           

4 Prajurit TNI sudah Kembali ke Pos, 5 masih Dicari.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono menegaskan kondisi pasukan TNI yang sempat diisukan terkena serangan kelompok kriminla bersenjata (KKB) dalam keadaan baik-baik saja. “Perkembangannya saat ini sangat positif. Kondisi pasukan mulai terkimpul”, ungkap Julius ketika dihubungi, kemarin.   Julius mengatakan pihaknya mendapatkan kabar baik itu seusai mendarat di Papua bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak. Kehadiran Panglima TNI di Papua memimpin evaluasi menyeluruh operasi pencarian pilot Susi Air yang disandera KKB Papua.

18 April 2023 (Kompas)   

Pesawat TNI AU Tergelincir di Bandara Timika.

Pesawat Boeing 737-200 millik TNI AU tergelincir di Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua, Senin (17/4/2023), pukul 19.00 WIT. Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.   Kerusakan pesawat juga dapat diatasi. Ia membantah bahwa Panglima TNI Laksamana Yudo Margono berada dalam pesawat naas itu.   “Panglima TNI ke Papua naik Falcon,” ujarnya.

18 April 2023 (Kompas)  

HUT Ke-71 Kopassus (Berita Foto).

Sejumlah prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-71 Kopassus di Lapangan Markas Komando Kopassus, Cijantung, Jakarta, Senin (17/4/2023).   Peringatan HUT Kopassus kali ini mengangkat tema “Kopassus-Ku, Kopassus Kita, Patriot NKRI untuk Indonesia”.

18 April 2023 (Kompas)  

Lima Prajurit TNI Masih Dicari Setelah Kontak Tembak di Nduga.

Lima prajurit TNI hingga Senin (17/4/2023) masih dalam pencarian seusai kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata pada Sabtu (5/4/2023) sore saat menjalankan operasi pembebasan pilot Susi Air, Philip Merthens, di Nduga, Papua.   Sejumlah pihak mendorong adanya evaluasi guna merumuskan strategi terbaik guna  mencegah jatuhnya korban jiwa lagi dalam operasi penyelamatan pilot itu.   Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman dan Panglima Kostrad Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sudah berada di Kabupaten Mimika yang berbatasan dengan Nduga, Papua Pegunungan, Senin (17/4).   Yudo memerintahkan evakuasi terhadap prajurit yang ada di jurang. Dari lokasi kejadian di Mugi Mam, Nduga diketahui ada jenazah seorang prajurit TNI yaitu Prajurit Satu (Pratu) Miftahul Arifin.

19 April 2023 (Kompas)   

Empat Prajurit Terluka, Jenazah Pratu Miftahul Belum Dievakuasi.

Empat prajurit dalam kondisi terluka telah dievakuasi dengan helikopter dari Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa (18/4/2023).   Jenazah Prajurit Satu Miftahul Arifin belum dapat dievakuasi karena kendala cuaca buruk.   Hal itu disampaikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dalam konferensi pers di Pangkalan Udara Yohanis Kapiyau Timika, Kabupaten Mimika, Selasa siang, Yudo didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Letnan Jenderal I Nyoman Cantiasa. Yudo mengatakan empat prajurit yang terluka dalam kondisi sadar telah dibawah ke rumah sakit setempat di Timika.   Proses evakuasi jenazah Pratu Miftahul dengan helikopter belum dapat dilaksanakan karena cuaca buruk.

19 April 2023 (Kompas)   

Keterangan Pers Panglima TNI (Berita Foto).

Panglima TNI Yudo Margono yang baru tiba dari Papua bersiap memberikan keterangan pers di Pangkalan Udara TNI AL Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (18/4/2023).   Panglima didampingi Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman dan Panglima Komando Cadangan Strategis AD Letjen Maruli Simanjutak.

19 April 2023 (Media Indonesia)

TNI Siaga Tempur di Nduga.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengubah strategi penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mark Mehrtens, yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua menjadi siaga tempur. Perubahan strategi dilakukan setelah serangan KKB di Distrik Mugi-Mam, Nduga, papua Pegunungan, akhir pekan lalu. Serangan terhadap 36 anggota TNI yang ditugaskan mencari keberadaan pilot Susi Air itu menyebabkan Pratu Miftahul Arifin tewas tertembak, 5 personel TNI terluka, dan 4 prajurit dinyatakan hilang. “Adanya kejadian 15 April kemarin, jadi ditingkatkan siaga tempur sehingga naluri tempurnya terbangun. Selama ini kan kita operasi teritorial, komunikasi sosial tetap kita laksanakan,” tegas Yudo saat konferensi pers di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Papua, kemarin.   Yudo juga menegaskan pihaknya tak akan menambah pasukan, tapi hanya melakukan beberapa rotasi agar semangat prajurit terjaga.

19 April 2023 (Media Indonesia)           

Kerahkan Kapal TNI AL (Berita Foto).

Pemudik bersepeda motor menuju kapal untuk ikut mudik gratis menggunakan KRI Banjarmasin-592 di Markas Kolinlamil, Jakarta, kemarin. TNI-AL menggelar mudik gratis naik kapal perang dengan rute Jakarta menuju Semarang dan Surabaya, serta kembali menuju Jakarta bagi pengguna sepeda motor yang bertujuan meminimalkan kecelakaan lalu lintas.

20 April 2023 (Media Indonesia)           

Prajurit yang Gugur Menjadi Empat Orang.

Tim gabungan TNI dan Polri berhasil emngevakuasi jenazah Pratu Miftahul Arifin dan tiga prajurit lainnya yang gugur karena diserang kelompok separatis teroris (KST) di Mugi-Man, Nduga, Papua Pegunungan. Selain Miftahul Arifin yang sejak awal dinyatakan gugur, tim juga mendapati Pratu I, Pratu K, dan Prada S meninggal dunia.   Jasad mereka lalu dievakuasi dari Nduga menuju RSUD Timika, Mimika, Papua kemarin. “kami mohon doanya semoga keempat prajurit terbaik yang gugur di medan tugas ini mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt, Tuhan Yang Maha Besar, Aamiin…” kata Kepala Pusat Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman dalam keterangan tertulisnya. Keempat prajurit tersebut tergabung dalam 36 anggota TNI yangbertugas menyisir wilayah Mugi-Man, pekan lalu.   Mereka yang sedang menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens, diserang KST.   Baku tembak pun terjadi.

20 April 2023 (Media Indonesia)           

Peluncuran Korvet Bung karno-369 (Berita Foto).

KSAL Laksmana Muhammad Ali meluncurkan kapal perang buatan dalam negeri di galangan PT Karimun Anugerah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, kemarin.   Kapal itu, Korvet Bung Karno-369 dilengkapi dengan meriam kaliber 40 mm dan dua senjata kaliber 20 mm serta mampu mengangkut 55 personel dengan kecepatan maksimum 24 knot yang dirancang sebagai kapal VVIP kepresidenan menggantikan KRI Barakuda-833 yang sudah beroperasi selama 27 tahun.

20 April 2023 (Kompas)   

KRI Bung Karno-369 (Berita Foto).

Kapal Republik Indonesia (KRI) Bung Karno-369 siap diluncurkan perdana setelah selesai dibangun di galangan kapal PT Karimun Anugerah Sejati, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (19/4/2023).   Kapal jenis korvet itu akan mengawal kedaulatan negara dan dipakai Presiden RI jika kunjungan antarpulau.

20 April 2023 (Kompas)   

Tim Evakuasi Empat Jenazah Prajurit.

Tim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan jenazah Prajurit Satu Miftahul Arifin dan tiga jenazah prajurit lainnya di Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Rabu (19/4/2023). Keempat prajurit gugur akibat serangan kelompok kriminal bersenjata Egianus Kogoya di daerah Mugi, Sabtu (15/4). Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman membenarkan adanya kabar itu. Jenazah keempat prajurit telah dievakuasi ke Mimika, Papua Tengah, dan kini berada di RSUD Mimika.

25 April 2023 (Kompas)   

Pemberangkatan Tim Evakuasi WNI ke Sudan (Berita Foto).

Pasukan Satuan Bravo 90 seusai upacara pemberangkatan tim evakuasi warga negara Indonesia (WNI) ke Sudan dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (24/4/2023).   Langkah evakuasi ditempuh menyusul perang saudara di Sudan.

25 April 2023 (Media Indonesia)

TNI Kawal Evakuasi WNI.

TNI telah menyiapkan tim evakuasi dengan misi membawa pulang WNI yang terjebak konflik bersenjata di Sudan. Tim beranggota 39 personel ini berangkat hari ini dari Lanud Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737.   “Kita diperintah untuk melakukan evakuasi darurat. Situasi di sana lagi gencatan senjata sehingga kita punya waktu,” ujar Panglima TNI Laksamana Yudo Margono seusai upacara pelepasan tim evakuasi di Lanud Halim Perdanakusuma, kemarin.   Yudo mengatakan total WNI di Sudan mencapai 1.200-an orang.   Akan tetapi, yang akan diangkut menggunakan pesawat TNI baru 291 orang yang berada di Port of Sudan. WNI lainnya sudah diberangkatkan menggunakan jalur laut dan ada pula yang masih harus dikumpulkan di Port of Sudan.

26 April 2023 (Media Indonesia)           

Arus Balik Dengan Kapal Perang (Berita Foto).

Personel TNI AL membantu pemudik masuk ke KRI Banjarmasin-592 di Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, kemarin. Sekitar 170 pemudik berikut sepeda motornya mengikuti program mudik gratis naik kapal perang menggunakan KRI Banjarmasin-592 yang berangkat dari Surabaya menuju Semarang dan Jakarta.

26 April 2023 (Media Indonesia)           

Warga Melawan Aksi Teror KKB.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman mengungkapkan Forkopimda di Kabupaten Intan Jaya sudah melakukan pertemuan dan sepakat untuk melawan gerombolan KST/KKB yang selalu meresahkan yang mebuat situasi tidak aman.  Herman mengakui dari laporan yang diterima masyarakat di sejumlah kampung sempat melakukan perlawanan terhadap KKB seperti yang terjadi di Bilogai.   Warga melawan menggunakan senjata tradisional, seperti panah dan busur.   “KKB selama ini sering kali menjadikan masyarakat sebagai tameng saat melarikan diri dari kejaran anggota TNI-Polri,” tegas Herman Taryaman. Kapendam XVII/Cenderawasih menambahkan kelompok itu kerap menggunakan warga,  ibu-ibu, dan anak sebagai tameng. Namun tidak sebatas itu, kelompok tersebut juga diketahui memobilisasi remaja sekolah untuk menyerang TNI.

27 April 2023 (Kompas)   

Kapal Perang Antar kembali Penumpang ke Perantauan.

Anggota TNI Angkatan Laut menarik tali kapal sesaat setelah Kapal Republilk Indonesia (KRI) Banjarmasin-592 berlabuh membawa penumpang arus balik menuju Jakarta di pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (26/4/2023).   KRI ini diterjunkan untuk ikut memperlancar arus mudik dan balik lebaran.

27 April 2023 (Media Indonesia)

Open Ship Satgas Operasi Trisila 2023. (Berita Foto).

Kendaraan tempur amfibi Marinir parkir di dalam KRI teluk Calang-524 saat kegiatan opening ship di Mako Lantamal XII Pontianak di Mempawah, Kalimantan Barat, Selasa (25/4). Lima kapal perang TNI-AL, delapan kendaraan tempur amfibi Marinir, dua pesawat udara, dan ratusan personel TNI-AL yang tergabung dalam Satgas Operasi Trisila 2023 tiba di Kalbar menggelar open ship untuk masyarakat setempat pada 25-27 April 2023.

29 April 2023 (Media Indonesia)

Mabes TNI Berikan Sanksi Pendisiplinan.

Kepala Pusat Penerangan TNI Laksma Julius Widjojono mengatakan langkah konkret yang dilakukan TNI agar kejadian penyerangan oleh anggotanya tak terulang kembali ialah memberikan sanksi pendisiplinan dan operasi kemanusiaan, Julius menjabarkan bahwa langkah konkret ini ditempuh dan mempertemukan kedua pihak. “Pun berikan hukuman dengan bukti-bukti jelas, bukan asumsi. Bila terbukti salah akan diberikan hukuman disiplin. Selanjutnya, kedua pihak sesering mungkin harus berinteraksi seperti olah raga dan operasi bersama,” kata Julius, kemarin.

30 April 2023 (Media Indonesia)

Negosiator Penting untuk Bebaskan Pilot Susi Air. Pemerintah pusat diminta mengirim utusan sebagai negoisator untuk membebaskan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Kapten Philips Max Mehrtens, yang telah disandera hampir tiga bulan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM).   Sejauh ini, pihak TNI telah berkomunikasi dengan tokoh adat agar Kapten Philips dapat bebas.  “Pendekatan melalui tokoh adat dan pemerintahan daerah setempat sudah dilakukan,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono, kemarin. Sebelumnya Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan semua personel yang terlibat kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sudah ditemukan.   Hal itu ia ungkapkan seusai menghadiri rapat terbatas (ratas) terkait dengan keamanan Papua di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta Pusat, rabu (26/4).   “Sudah semua (ditemukan) kan, kemarin,” kata Yudo.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.