Laksamana TNI Yudo Margono Resmi Menjadi Panglima TNI

Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), pada Senin, 19 Desember 2022. Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Pusjarah TNI-Laksamana Yudo Margono dilantik sebagai Panglima TNI yang baru oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Senin tanggal 19 Desember 2022 di Istana Negara. Laksamana TNI Yudo Margono menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang memasuki masa purna tugas pada tanggal 21 Desember 2022 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Upacara pelantikan Laksamana Yudo Margono diawali dengan pembacaan keputusan presiden tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Laksamana Yudo Margono.

Selanjutnya, pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2022 dilaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Pnb Agni Prayogo yang menjabat sebagai Komandan Wing Udara 4 Lanud Atang Sandjaja Bogor dan Perwira Upacara Kolonel Marinir Mauriadi yang menjabat sebagai Paban IV Watpers Spers TNI. Upacara tersebut juga terdiri atas enam pasukan setingkat kompi, mulai pasukan Polisi Militer TNI, Koopsus TNI, pasukan TNI AD, pasukan TNI AL, pasukan TNI AU, hingga pasukan PNS.

Upacara Sertijab Panglima TNI, yang dirangkai dengan Sertijab Ketua Umum Dharma Pertiwi dan IKKT PWA dari Ny. Hetty Andika Perkasa kepada Ny. Veronica Yulis Prihayati Yudo Margono, serta pengangkatan Ny. Veronica Yulis Prihatin Yudo Margono sebagai Ibu Asuh Wanita TNI (Ibu Raksa Tri Anggana Tantri). Acara dilanjutkan dengan ramah tamah di Plaza Mabes TNI.

Dalam upacara hari ini juga dipamerkan berbagai alutsista TNI, di antaranya dua unit Anoa PMPP, dua unit Panser V 150 NI AD, dua unit Mistral TNI AD dan empat unit Atav Kopassus. Selain itu, ada dua unit howitzer TNI AL, satu unit ISLV TNI AL, dua unit APC Turangga TNI AU, satu unit ISLV TNI AU, dan dua unit ISLV Denma Mabes TNI.

Memasuki acara selanjutnya adalah upacara tradisi lepas sambut Panglima TNI, dalam hal ini bertindak selaku pimpinan acara adalah Kapusjarah TNI Brigjen TNI Rusmili, S.IP., M.Si. Acara diawali dengan laporan kesiapan oleh Kapusjarah TNI kepada Panglima TNI dan dilanjutkan dengan rangkaian acara: Pelepasan dan  pemasangan Bendera  Pati, Pelepasan selubung  Foto, Penghormatan kepada  Panji-Panji TNI, Foto bersama, Pengalungan Bunga dan     Pemberian Buket, Menerima ucapan salam, Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ibu didampingi Panglima TNI beserta Ibu dan Kas Angkatan jalan menuju Pos Pintu keluar dengan diiring lagu Paduan suara dari Pusjarah TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ibu didampingi Panglima TNI dan Kas Angkatan beserta Ibu melewati Pedang Pora.

Setelah melewati Pedang Pora Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ibu didampingi Panglima TNI beserta ibu      menaiki kendaraan jeep terbuka, selanjutnya kendaraan melaju perlahan menuju pintu gerbang utama (Delta-2) Mabes  TNI melewati pasukan jajar Prajurit TNI dan ASN di kiri dan kanan sepanjang  jalan sampai pintu  gerbang utama sambil diiringi oleh lagu paduan suara dari Pusjarah TNI.

Setelah sampai di Pintu Delta -2 Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ibu turun dari kendaraan untuk menerima jajar kehormatan. Mulai dari Danru Jajar, Petugas Pos Jaga, Dandenma Mabes TNI, dan terakhir dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kemudian Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ibu naik kendaraan dan meninggalkan komplek Mabes TNI.

Acara dilanjutkan dengan penyambutan terhadap Panglima TNI Laksaman TNI Yudo Margono beserta Ibu diawali dengan pengalungan bunga dan menerima Buket dari Kasum TNI dan ibu. Kemudian berturut-turut  Panglima TNI menerima penghormtan dan laporan dari Dandenma Mabes TNI, Petugas Pos Jaga, Selanjutnya Panglima TNI jalan masuk komplek Mabes TNI dan menerima penghormatan dan laporan dari Danru jajar kehormatan.

Selanjutnya Panglima TNI beserta Ibu dengan berkendaraan terbuka memasuki Komplek Mabes TNI di sambut oleh pasukan jajar kehormatan yang berdiri di kanan dan kiri jalan kembali diiring oleh lagu Paduan suara dari Pusjarah TNI. Setibanya di Pintu masuk Mako Mabes TNI, Panglima TNI beserta Ibu turun dari kendaraan untuk menerima  laporan dari Petugas jaga pos pintu masuk Mako Mabes TNI. Selanjutnya Panglima TNI beserta Ibu dengan berjalan kaki menuju pasukan pedang Pora   . Panglima TNI beserta Ibu berjalan melewati Jajar kehormatan pedang Pora  menuju gedung Sudirman. Acara diakhiri oleh laporan dari Kapusjarah TNI Kepada Panglima TNI Laksama TNI Yudo Margono.

Kenali Sejarahmu

Cintai Bangsamu Salam Sejarah

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.