Seragam Prajurit TKR Dalam Arakan Wira Budaya Nusantara

Pusjarah TNI. Museum Keprajuritan Indonesia (MKI) ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan Arakan Wira Budaya Nusantara yang digelar di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan menampilkan pawai Seragam Prajurit TKR dalam kegiatan perdana menyambut dibukanya kembali TMII  secara resmi pada hari minggu, 20/11/2022.

Dalam kegiatan tahunan ini konstribusi TNI berupa defile Pasukan TNI dan pertunjukan atraksi dari Pasukan TKR serta dilanjutkan dengan pementasan dari masing-masing propinsi. Kegiatan dimulai  pada pukul 09.15 Wib dan selesai pukul 13.00 Wib. Atas penampilan dari defile pasukan TNI dan seragam prajurit TKR mendapat apresiasi yang positif dari direktur TMII.

Adapun kegiatan ini dipersembahkan bersamaan dengan dibukanya secara terbatas TMII sebagai destinasi wisata oleh  Direktur Keuangan TMII pasca direvitalisasi sejak Januari 2022. Dibukanya kembali TMII bertujuan untuk mengembalikan fungsi awal serta marwah TMII sejak pertama kali didirikan. Selain itu renovasi  yang dilakukan juga untuk mendukung kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022. Adapun sarana dan prasarana yang direvitalisasi di TMII meliputi antara lain penataan area gedung utama, renovasi joglo, renovasi museum, penataan lanskap anjungan dan pedestrian serta penataan outer ring (halte).

Salah satu contoh yang ikut direvitalisasi adalah Museum Keprajuritan Indonesia  (MKI) di TMII yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertahanan RI dan Mabes TNI baik mencakup sarana dan prasarana maupun koleksi dan konten museum dimana revitalisasi MKI ini mengacu pada konsep baru museum, yaitu dengan penampilan yang lebih atraktif, edukatif, digital, modern dan interaktif, serta strong impression dan sustainable experience.

Kenali Sejarahmu

Cintai Bangsamu

Salam Sejarah

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.