Kronik TNI Oktober 2022

1 Oktober 2022 (Media Indonesia)       

Pameran Alutsista (Berita Foto)

Seorang siswa memeragakan penggunaan senjata rudal antipesawat portabel saat pameran alat utama sistem senjata (alutsista) TNI di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin.   Pameran alutsista TNI dengan tema TNI Adalah Kita tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI dan digelar hingga 4 Oktober 2022.

2 Oktober 2022 (Media Indonesia)       

Kesaktian Pancasila di Perkampungan Suka Bajo (Berita Gambar).

Anggota TNI Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serka Mahmuddin memperlihatkan  lambang negara Garuda Pancasila kepada siswa SD saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SD Negeri Bajo Indah, perkampungan suku Bajo Konawe, Sulawesi Tenggara, kemarin.   Babinsa Koramil 1417-14 Soropia Konawe memberikan edukasi tentang pentingnya menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada siswa.

2 Oktober 2022 (Media Indonesia)       

Rekrutmen TNI (Berita Foto).

Panglima Kodam XVI/Patimura Mayjen Ruruh Setyawibawa memantau pengukuran tinggi badan pendaftar calon tamtama TNI AD di Ambon, Maluku, kemarin.   Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa merevisi aturan Panglima TNI No.31/2020 untuk mengakomodasi kondisi umum remaja indonesia hingga syarat tinggi badan untuk pria turun menjadi 160 cm dan 155 cm untuk perempuan.

4 Oktober 2022 (Kompas)

Persiapan HUT Ke-77 TNI (berita Foto).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa disambut Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/10/2022).   Mereka menghadap Prresiden Joko Widodo untuk menyampaikan kesiapan peringatan HUT Ke-77 TNI

4 Oktober 2022       (Media Indonesia)

TNI Makin Kompak (Berita Foto).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berjabat tangan dengan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman disaksikan KSAU Marsekal TNI Fajar Prasetyo dan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di ruang tunggu Istana Merdeka, kemarin.   Panglima TNI, KSAD, KSAU dan KSAL menghadap Presiden Joko Widodo untuk melaporkan rencana pelaksanaan HUT ke-77 TNI yang akan diselenggarakan di Halaman Istana Merdeka Rabu (5/10).

5 Oktober 2022       (Media Indonesia)

Kendaraan Tempur TNI (Berita Foto).

Warga melihat panser Anoa buatan PT Pindad dan kendaraan tempur milik TNI lainnya yang dipamerkan di depan kompleks Istana Kepresidenan, jalan Merdeka Utara Jakarta Pusat, kemarin.   Alat utama sistem persenjataan tersebut digunakan untuk memeriahkan upacara peringatan HUT ke-77 TNI di halaman Istana Merdeka, hari ini.

5 Oktober 2022        (Kompas)

Kendaraan Tempur TNI (Berita Foto).

Kendaraan tempur milik Tentara Nasional Indonesia diparkir di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022), menjelang Hari Ulang Tahun TNI yang jatuh pada 5 Oktober.

6 Oktober 2022        (Kompas)

Helikopter TNI (Berita Foto).

“Fly Pass” helikopter TNI yang membawa bendera Merah Putih, ikut memeriahkan peringatan HUT Ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta Rabu (5/10/2022).        

6 Oktober 2022 (Kompas)

TNI Jadi Garda Terdepan.

Pada upacara Hari Ulang Tahun Ke-77 Tentara Nasional Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10/2022), Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa TNI telah dikenal selalu berada di garda terdepan menghadapi berbagai tantangan bangsa.   Untuk itu, menghadapi tantangan dan krisis dunia yang kian komplek saat ini, TNI juga diminta untuk bersinergi dengan Polri.   Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, Presiden meminta TNI tetap meningkatkan profesionalitasnya. Presiden juga mengingatkan TNI agar terus memegang teguh jati diri sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional,

10 Oktober 2022      (Kompas)

“Passing Exercise” di Laut Flores (Berita Foto).

Awak KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 melakukan peran parade roll saat pelaksanaan  latihan passing exercise (Passex) dengan KRI Bima Suci-945 di perairan Laut Florres, Nusa Tenggara Barat, Minggu (9/10/2022). KRI Abdul Halim Perdanakusuma-355 bersama KRI Bima Suci-945 juga melakukan latihan isyarat bendera kerek (flaghoist exercise).

15 Oktober 2022 (Media Indonesia)     

Panglima TNI Tegas Tindak Prajurit Lalai.

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan bersikap tegas terhadap kelalaian yang dilakukan prajurit saat menggunakan senjata.   Ia mengatakan hal itu ketika memimpin langsung rapat bersama Tim Hukum TNI dan jajaran Pusat Polisi Militer dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.   “Tidak ke pidana (saja), tetapi juga ada sanksi (disiplin),” kata Andika dalam kanal Youtube miliknya, seperti dipantau di Jakarta, kemarin.

15 Oktober 2022     (Media Indonesia)

Pemberangkatan KRI Diponegoro-365 ke Jepang (Berita Foto).

Personel TNI Angkatan Laut berbaris di atas KRI Diponegoro-365 di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   TNI Angkatan Laut mengirimkan KRI Diponegoro-365 dengan 108 personelnya serta 12 tim pendukung dari Kopaska, penyelam, intel, dan kesehatan untuk mengikuti ajang Internasional Fleet Review (IFR) 2022 di Yokosuka dan Teluk Sagami, Jepang pada 1-8 November 2022.

17 Oktober 2022      (Kompas)

TNI AD Pererat Relasi dengan AD Singapura.

TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Singapura memperkuat hubungan antarmiliter dengan Latihan Bersama Safkar Indopura Ke-34 Tahun 2022 yang berlangsung selama 10 hari dan ditutup pada Sabtu (15/10/2022), di Karawang, Jawa Barat.   Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman mengatakan latihan bersama itu bukan sekedar latihan bersama.   Momen tersebut merupakan wujud dari persahabatan antara TNI AD dan Singapore Armed Forces (SAF) yang terjalin sejak 1989.

19 Oktober 2022 (Kompas)         

KRI Bima Suci Kembali ke Pangkalan Armada II (Berita Foto).

Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) berada di Dermaga Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (18/10/2022), setelah menyelesaikan pelayaran Kartika Jala Krida dengan KRI Bima Suci.   Pelayaran tersebut merupakan latihan praktik bagi tingkat III angkatan ke-69 AAL.   Pelayaran diikuti 208 orang, terdiri dari 92 ABK, 102 taruna AAL, dan 14 orang staf latih.   Pelayaran menempuh perjalanan 11.122 mil laut selama 91 hari.

19 Oktober 2022     (Media Indonesia)

91 Hari Berlayar (Berita Foto).

Taruna AAL, Tingkat III Angkatan Ke-69 turun dari KRI Bima Suci-945 saat tiba di  Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   Kapal layar latih tersebut tiba di Surabaya setelah 91 hari pelayaran dalam rangka melaksanakan Diplomasi Duta Bangsa dengan rute Surabaya, Jakarta, Singapura, Malaysia, Tual, Australia (Townsville, Sydney, Cairns, Darwin), Bali dan Surabaya.

21 Oktober 2022     (Kompas)

TNI Siapkan “Mata di Udara” di KTT G20.

TNI yang menjadi penanggung jawab keamanan KTT G20 di Bali 15-16 November, telah menyiapkan “mata di udara” (eye in the sky) sebagai bagian dari operasi pengamanan.   Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam konferensi pers, Kamis (20/10/2022) mengungkapkan, mata di udara itu tidak hanya mendeteksi gangguan yang mungkin timbul, tetapi juga diharapkan bisa memantau terus menerus secara tepat.   “Ini pertama kalinya TNI menggelar kemampuan mata di udara,” kata Andika.   TNI mengamankan semua rute yang akan dilalui para kepala negara yang hadir dalam KTT G20.

27 Oktober 2022     (Media Indonesia)

Jaga Netralitas (Berita Foto).

Prajurit Kopassus mengikuti Apel Gelar Pasukan TNI Angkatan Darat (AD) 2022 di Lapangan Monas, Jakarta.   Dalam apel tersebut, KSAD meminta prajurit TNI AD memegang teguh netralitas TNI agar tidak terlibat politik praktis terkait tahun politik 2024 mendatang serta membantu pemerintah agar semua rangkaian pemilu berjalan lancar dan aman.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.