Kronik TNI Mei 2022

5 Mei 2022    (Media Indonesia)

Idul Fitri di Kongo.

Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi Kontingen Garuda (Konga) XX-S Munosco yang sedang bertugas di daerah konflik Republik Kongo, berdoa bersama seusai melaksanakan salat Idul Fitri di Afrika, Selasa (3/5).  Perayaan Idul Fitri 1443 H digelar di Bumi Nusantara Camp dengan mengundang tentara negara lain, seperti Tanzania, Bangladesh, Nepal dan Afrika Selatan.

7 Mei 2022    (Media Indonesia)

Panglima Dukung Perbaiki Pendidikan.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendukung langkah Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto menjadi kurikulum pendidikan strategis yang menyasar antara lain perwira tinggi TNI/Polri menjadi lebih efektif dan efisien.  Menurut Panglima saat bertemu dengan Gubernur Lemhanas, transformasi dengan pendidikan itu perlu dilakukan agar ada perubahan ke arah yang lebih baik.   Gubernur Lemhanas pada pertemuan itu menyampaikan bahwa pihaknya perlu berdiskusi dengan lembaga pendidikan TNI, Polri dan untuk menyesuaikan kurikulum yang nantinya dibuat mengacu pada satu fondasi dasar yang sama.  Tidak hanya itu, pertemuan antar lembaga sangat penting agar kurikulum yang telah diajarkan TNI dan Polri tidak kembali masuk kurikulum pendidikan strategis Lemhanas.

10 Mei 2022   (Kompas)

TNI AL Temukan Kokain Seharga Triliunan Rupiah.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut menemukan 179 kilogram kokain yang harganya ditaksir bisa mencapai Rp1,25 tri.   Dari sisi jumlah barang bukti, penemuan kokain yang diduga akan diselundupkan itu disebut yang terbesar di Indonesia.   Saat memberikan keterangan pers, Ahmadi didampingi Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya Agung Prasetiawan, Pangkoarmada I Laksamana Muda Arsyad Abdullah, Deputi Pemberantasan BNN Irjen Kennedy, dan Kepala BNN Banten Brigjen (Pol) Hendri Marpaung.

12 Mei 2022  (Media Indonesia)

Kenaikan Pangkat Luar Biasa (Berita Foto).

Prajurit Yonif Para Raider 501 /Bajra Yudha mengikuti upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa Operai Militer Selain Perang (KPLB-OMSP) di Madiun, Jatim, kemarin.   Sebanyak tujuh prajurit mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa karena berhasil melumpuhkan tiga anggota kelompok Separatis Teroris Papua dan mendapatkan satu pucuk senjata mouser saat kontak tembak di Kabupaten Puncak Papua.

14 Mei 2022  (Media Indonesia)

Peringatan Hardikal.

Sejumlah anggota Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) beraksi saat upacara peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-76 di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal)  Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   Peringatan Hardikal ke-76 itu bertema Lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut terus berkomitmen membangun sumber daya manusia unggul guna mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modren dan tangguh.

15 Mei 2022 (Media Indonesia)

Kunjungan Panglima TNI (Berita Foto).

Panglima TNI  Jenderal Andika Perkasa melakukan kunjungan kerja ke Poso untuk meninjau pos komando taktis (poskotis) dan sekligus mengevaluasi pelaksanaan Operasi Madago Raya 2022 di Poskotis Operasi Madago Raya, Poso Sulawesi Tengah, Jumat (13/5).   Panglima berharap pelaksanaan operasi pengejaran sisa DPO teroris di Poso dengan sandi Operasi Madago Raya berakhir.

17 Mei 2022 (Media Indonesia)

Pesawat Asing Diamankan (Berita Foto).

Pesawat asing dengan tipe DA62 diamankan setelah dipaksa mendarat di bandara Internaional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, kemarin.   Pesawat sipil asing dengan nomor registrasi G-DVOR yang terbang dari Kuching menuju Senai, Malaysia itu dipaksa mendarat dan diamankan TNI AU karena tidak memiliki izin melintas di wilayah udara Indonesia pada Jumat (13/5).   Hingga kini tiga awak pesawat masih dalam pemeriksaan.

17 Mei 2022  (Kompas)

Pembukaan Latsitarda Nusantara ke-42 (Berita foto).

Kirab marching band dari taruna ditampilkan saat pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-42/2022 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubenrnur Nusantara Tenggara Barat, di Mataram, Sabtu (14/5/2022).   Latihan yang dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa itu akan berlangsung satu bulan di empat kabupaten, yakni Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, dan Lombok Utara.   Latihan diikuti taruna akademi militer, taruna akademi angkatan udara, kadet akademi angkatan laut, taruna akademi kepolisian IPDN, dan mahasiswa sejumlah perguruan tinggi di NTB.

21 Mei 2022 (Media Indonesia)

Diresmikan KSAD (Berita Foto).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman menyerahkan lambang satuan kepada Pangdam IX/Udayana Mayjen Sonny Aprianto saat upacara peresmian Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 9/Angkasa Widya Jayanta dan Batalyon Artileri Medan (Armed) 20/155 GS/Bhadika Yudha di Kabupaten Kupang, NTT, Kamis (19/5).

22 Mei 2022 (Media Indonesia)

Kemah Kebangsaan (Berita Foto).

Prajurit Kodam Iskandar Muda memperagakan bongkar pasang senjata laras panjang kepada para peserta dari ormas saat Kemah kebangsaan di Desa Mata Ie, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, kemarin.   Kemah Kebangsaan yang diikuti 400 peserta dari beberapa ormas kepemudaan tersebut, bertujuan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun generasi muda yang tangguh.

24 Mei 2022 (Media Indonesia)

Temukan Ladang Ganja (Berita Foto).

           Prajurit TNI dari satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Yonif 126/KC Kolakopsrem 172/PWY memasukkan tanaman ganja ke truk di jalan Lintas Jayapura, Wamena Km 139, Distrik Waris, unutk dibawa sebagai barang bukti ke Polres Keerom, Papua, pekan lalu.   Setelah penyerahan barang bukti dan tersangka, ganja tersebut dimusnahkan di halaman Polres, kemarin.

24 Mei 2022  (Kompas)

Jenderal Andika Sowan ke PBNU.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berkunjung ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, Senin (23/5/2022).  Ia diterima Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf. Seusai pertemuan, Yahya mengungkapkan, dirinya dan Andika membicarakan pengembangan program bela negara antara NU dan TNI.   Sementara itu Andika menyampaikan, kunjungannya itu untuk mengenali lingkup kegiatan PBNU, kegiatan orientasi ke luar yang ia lakukan.

25 Mei 2022  (Kompas)

TNI Manunggal Membangun Desa (Berita foto).

Anggota TNI bersama warga menghamparkan batu untuk pengerasan jalan dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Komando Distrik Militer 1005/Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa (24/5/2022).   Di desa perbatasan dengan wilayah Kalimantan Tengah itu, TNI mengerjakan pengerasan jalan, merenovasi masjid dan pos keamanan lingkungan, membangun toilet, serta melaksanakan bakti sosial dan penyuluhan.

27 Mei 2022  (Kompas)

MK: TNI-Polri Aktif Tak Bisa Jadi Penjabat.

Mahkamah Konstitusi kembali menegaskan bahwa anggota TNI-Polri aktif tidak bisa menjadi penjabat kepala daerah.   Namun, pemerintah bergeming dan meyakini sebaliknya.   Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyampaikan, tim hukum TNI akan mempelajari aturan hukum terkait penunjukan prajurit TNI sebagai penjabat kepala daerah. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD pun kembali menegaskan bahwa penempatan TNI ataupun Polri sebagai penjabat dibenarkan oleh undang-undang peraturan pemerintah dan putusan MK.

27 Mei 2022 (Media Indonesia)

Pengamanan Laut (Berita Foto).

Prajurit TNI-AL dari berbagai kesatuan mengikuti apel gelar pasukan pengamanan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 di Pelabuhan Benoa, Denpasar,Bali, Rabu (25/5).   Sekitar 550 prajurit TNI-AL dan tiga kapal perang dikerahkan untuk mengamankan wilayah laut selama penyelenggaraan GPDRR 2022 yang dibuka Presiden Joko Widodo.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.