Kronik TNI Januari 2022

4 Januari 2022        (Media Indonesia)

TNI Minta Kelompok Separatis Berpikir Jernih.

            TNI memastikan tetap mengedepankan pendekatan human dalam menangani permasalahan di Papua. Belum ada instruksi dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk mengubah pendekatan operasi di “Tanah Cenderawasih”. Hal itu disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII Cenderawasih Kolonel Aqsha Erlangga menyikapi tindakan provokatif yang kembali dilakukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-Organisasi Papua Merdeka (OPM).   Kelompok separatis itu mengibarkan bendera bintang fajar di sejumlah titik.   “Kami selalu mengimbau saudara-saudara yang ada dalam kelompok kriminal bersenjata agar bisa berpikir jernih” ujar Aqsha.   Aqsha mengingatkan tindakan yang dilakukan TPNPB-OPM telah menyulitkan semua masyarakat Papua.  Baik dari segi ekonomi maupun keamanan.

15 Januari 2022      (Media Indonesia)

Sinergi TNI dan Kejaksaan (Berita Foto).

            Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bersama Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin memberikan keterangan kepada pers seusai mengadakan pertemuan di Gedung Kejaksaan, kemarin. Pertemuan tersebut dalam rangka memperkuat sinergi TNI dan kejaksaan.

15 Januari 2022      (Media Indonesia)

Posisi Pangkostrad Terisi Pekan Depan.

            Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjamin tidak ada tarik-menarik nama dalam proses pengisian jabatan Panglima Komando Jabatan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) di tubuh internal TNI AD.  Jabatan itu sudah kosong selama dua bulan seusai Jenderal TNI Dudung Abdurachman ditunjuk sebagai Kepala Staf TNI Angkatan darat (KSAD). Ia menyebut meski telah memilliki legalitas sejak 2019, posisi Pangkostrad akan diisi berbarengan dengan sejumlah jabatan yang masih kosong.   Pada 2019, Presiden Joko Widodo telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 tentang Susunan Organisasi TNI.

17Januari 2022       (Kompas)

Kunjungan Kerja KSAL di Madiun (Berita Foto).

Kepala Staf TNI Angktan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono berjalan didampingi Bupati Madiun Ahmad Damawi saat meresmikan Monumen Pesawat Nomad N-24 P-843 di areal Taman Kota Caruban Asri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu (16/1/2022).   KSAL juga meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi 1000 anak usia 6-11 tahun yang digelar TNI-AL.

17 Januari 2022      (Kompas)

Posisi Pangkostrad Segera Diisi.

           Posisi jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) yang kosong setelah Jenderal Dudung Abdurachman dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat dua bulan lalu perlu segera diisi.   Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional, Muhammad Haripin, Minggu (16/1/2022) mengatakan lambannya penentu nama Pangkostrad memang tak berpengaruh signifikan pada operasional Kostrad.  Namun, kebijakan strategis, seperti rotasi personel, tak bisa dilakukan tanpa pemimpin definitif.

21 Januari 2022      (Kompas)

Prajurit Gugur Saat Bangun Infrastruktur Papua Barat.

           Kelompok kriminal bersenjata atau KKB menyerang prajurit TNI AD dari Batalyon Zeni Tempur 20/Pawbili Pelle Alang yang sedang membangun jembatan di Distrik Aifat Timur Tengah, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis (20/1/2022). Ulah ini menyebabkan pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan warga terhambat.   Kepala Penerangan Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari Kolonel (Arm) Hendra Pesireron, saat dihubungi dari Jayapura pada Kamis sore, mengatakan, insiden tersebut menyebabkan satu orangg prajurit gugur dan tiga orang prajurit lainnya dalam kondisi kritis.   Semua korban telah dievakuasi ke Kota Sorong sejak pukul 13.00 WIT.

21 Januari 2022      (Media Indonesia)

Sinergi TNI-Polri.

            KSAD Jenderal Dudung Abdurachman menyerahkan cendera mata kepada Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran saat silaturahim di Markas Polda Metro Jaya Jakarta, kemarin.   Pertemuan itu dalam rangka membangun kehidupan ibu kota yang sejuk dan damai agar tetap berjalan melalui upaya yang dilakukan secara sinergi dan solid antara TNI dan Polri.

22 Januari 2022      (Media Indonesia)

Pelepasan Jenazah Korban KKB (Berita Foto).

            Prajurit TNI membawa jenazah Serda Anumerta Miskel Rumbiak saat upacara pelepasan di lapangan Yon Zipur 20 PPA Sorong, Papua Barat, kemarin.   Serda Anumerta Miskel Rumbiak wafat dalam kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Maybrat saat perjalanan misi kemanusiaan menuju lokasi pembangunan jembatan di Distrik Aifat Timur, Kabupaten Maybrat.

22 Januari 2022      (Kompas)

Pekerja Migran, Penyelundupan Semakin Marak, TNI AL Tangkap Satu pelaku di Batam.

           TNI AL menangkap satu pelaku penyelundupan pekerja migran di Batam, Kepulauan Riau. Penyelundupan pekerja migran di  perairan perbatasan antara Sumatera dan Semenanjung Malaka semakin marak.   Dua bulan terakhir terjadi lima kecelakaan perahu pekerja migran yang menewaskan puluhan orang.   Komandan Pangkalan TNI AL Batam Kolonel Farid, Jumat (21/1/2022) mengatakan pihaknya menangkap satu penyelundup dan menyelamatkan lima calon pekerja migran tanpa dokumen.   Penangkapan dilakukan di pelabuhan illegal atau tikus di Kelurahan Tanjung Uncang Kecamatan Batu Aji, Batam, Rabu (19/1/2022).

25 Januari 2022      (Media Indonesia)

Panglima TNI-DPR Bahas Papua (Berita Foto).

            Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa didampingi sejumlah kepala staf mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Jakarta, kemarin.   Rapat tersebut antara lain membahas capaian minimum essential forces (MEF), dinamika keamanan di Laut Tiongkok Selatan dan penyelesaian masalah konflik di Papua serta Papua Barat.

26 Januari 2022      (Media Indonesia)

Gelar Pasukan TNI-AD (berita Foto).

            KSAD Jenderal Dudung Abdurachman menghampiri pasukan yang sedang meneriakkan yel-yel seusai memimpin apel gelar pasukan TNI-AD se-Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta, kemarin.   Apel digelar sebagai bukti bahwa TNI-AD siap untuk terus menjaga kedaulatan NKRI dan mencegah adanya kelompok radikal yang mencoba masuk ke setiap elemen masyarakat.

28 Januari 2022      (Media Indonesia)

Indonesia Lelang Dua KRI (Berita Foto).

            Pemerintah berencana menghapus 22 Kapal Republik Indonesia (KRI) dari daftar peralatan tempur aktif dan dilelang. Namun baru tiga yang keluar hasil rekomendasinya, yaitu KRI Teluk Mandar 514, KRI Teluk Penyu 513, dan KRI Teluk Sampit 515. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyampaikan penghapusan KRI Telur Mandar dan Teluk Penyu sudah mendapat persetujuan dari Presiden Joko Widodo dan dikirim ke DPR untuk ditindak lanjuti.   Sementara itu, persetujuan penghapusan KRI Teluk Sampit baru dikeluarkan Kepala Negara pada 15 Desember 2021 dan belum dikirim ke DPR.  “Ini sudah ada tiga kapal dari 22 kapal yang kita ajukan penghapusan,” kata Yudo dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR di kompleks-parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.   Kondisi 22 kapal itu, kata Yudo sudah tidak layak pakai dan mengganggu operasional dermaga.   Bahkan, ada tiga kapal yang ingin dijual sudah tenggelam, yaitu KRI Nusa Utara, KRI Teluk Rate, dan KRI Pati Unus.

30 Januari 2022      (Media Indonesia)

Pemakaman Prajurit Gugur di Papua (Berita Foto).  

Anggota TNI menggotong peti jenazah prajurit TNI AD Sertu Anumerta Mochamad Rizal maulana Arifin, saat upacara pemakan di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Bandung, Jabar, kemarin.   Upacara pemakaman Sertu Anumerta Rizal yang gugur dalam kontak senjata dengan kelomppok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.