Resensi Buku : Bandung Awal Revolusi 1945 – 1946

Oleh: Slamet Riyadi

  1. Identitas Buku.

Judul Buku                        : Bandung Awal Revolusi 1945 – 1946.

Pengarang                         : John R.W. Smail.

Penerbit                              : Komunitas Bambu.

Kota Penerbitan                : Bandung.

Tahun Penerbitan             : 2011.

Ketebalan                           : xxii + 210 halaman

Nomor  ISBN                     : ISBN 978-979-1867-12-2

2. Pendahuluan.

Bandung Awal Revolusi 1945-1946 merupakan buku hasil penelitian dengan lingkup wilayah berskala kecil, ditulis oleh John R.W. Smail.

3. Isi Resensi.

Buku ini diterbitkan dalam bahasa Indonesia dan dengan ejaan lama yang sudah diganti dengang ejaan yang telah disempurnakan agar mempermudah bagi pembacanya. Sebagian besar data dalam buku ini merupakan penelitian hasil wawancara dan penelitian di lapangan yang dilakukan di Bandung Selatan tahun 1959-1961.

Buku ini terdiri 6 bab. Inti dari buku ini ada pada bab III sampai dengan bab VI, sedangkan bab I dan II berisi cerita kehidupan Kota Bandung dan Jakarta pada masa Kolonial Belanda dan Pendudukan Jepang. Judul Bandung Awal Revolusi mengundang keingintahuan pembaca untuk mengetahui apa isi buku tersebut. Buku ini fokus mengambil Bandung sebagai lokus peristiwa.

Dengan membaca buku ini kita dapat pemahaman kembali mengenai peristiwa sosial yang berkecamuk pada masa revolusi itu. Peristiwa itu tentu tidak muncul serta merta, melainkan keberlanjutan dari rangkaian peristiwa sebelumnya. Akumulasi kekecewaan masyarakat atas tekanan sosial yang demikian kuat. Keresahan sosial yang timbul akibat tekanan Kolonial Belanda secara alamiah mendorong munculnya gerakan sosial. Kondisi ini semakin meningkat selama periode Pendudukan Jepang yang menjadikan masyarakat pribumi semakin terperosok ke kubangan penderitaan dan konfrontasi pergulatan identitas sebuah bangsa. Revolusi kemerdekaan yang terjadi di Kota Bandung berwujud pada konstruksi tersendiri yang hadir dalam keunikannya dari masa lalu. Melalui buku inilah kita bisa menemukan sepenggal aktualitasnya.

4. Pengarang.

John R.W. Smail menempuh pendidikan di Universitas Harvard bidang Sejarah Inggris. Melakukan penelitian lapangan selama dua tahun di Bandung. Dosen di Departemen Sejarah Universitas Wisconsin dan mendirikan Program Sejarah Asia Tenggara, Center for Sautheast Asian Studies, dan Comparative Tropical History Program.

5. Penutup.

Buku Bandung Awal Revolusi: 1945-1946 menjadi semacam ikhtisar peristiwa yang terjadi pada awal Revolusi di Bandung. Meskipun periode yang disajikan terbilang singkat, namun dapat memberikan latar belakang historis cukup panjang.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.