Resensi Buku : DARI INDONESIA MEMANDANG DUNIA Sebuah Perspektif Multidisiplin

Oleh : Achmey Rizqian, S.Psi.

  1. Identitas Buku.

a. Judul Buku : Dari Indonesia Memandang Dunia

b. Pengarang : Prof. Dorodjarun Kuntjoro Jakti, Ph.D

c. Penerbit : Kerjasama antara Sekretariat Bersama Pusat Riset DRPM UI dengan Penerbit Obor

d. Tebal halaman : xii + 118 halaman

e. ISBN : 978-602-433-446-8

2. Pendahuluan

Penulis membuat buku ini merupakan kolaborasi enam pusat riset di Universitas Indonesia dengan menggunakan pendekatan multidisiplin untuk melihat berbagai issu global dan strategis.

3. Isi Resensi.

Pusat Kajian APEC Universitas Indonesia memaparkan berbagai jalan yang bisa ditempuh Indonesia dan Ekonomi APEC lainnya dalam mewujudkan The Bogor Goals tahun 2020.

Pusat Kajian Wilayah Amerika Universitas Indonesia menelisik NAFTA dalam kaitannnya dengan legalisasi internasional yang menemukan sebuah titik tarik yang berkenaan dengan pengaruh ekonomi global tidak hanya kepada Indonesia secara spesifik, tetapi juga terhadap Asia secara umum.

Pusat Kajian Timur Tengah dan Islam menyoroti  Arab Spring yang ditindaklanjuti mengajukan hipotesis bahwa hal tersebut terjadi bukan hanya karena tuntutan keadilan melainkan juga konstruksi yang dimainkan oleh geopolitik global terhadap kawasan Timur Tengah.

Pusat Kajian Eropa Universitas Indonesia menganalisis bagaimana Rusia melakukan reformasi dalam menghindari disintegrasi dengan menerapkan prinsip sejenis Bhinneka Tunggal Ika.

Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia mencoba mengambil pelajaran dari interpretasi novel Jepang yang menceritakan sejarah kelam dengan jujur yang dapat dijadikan pelajaran bagi narator sejarah di Indonesia.

Pusat Kajian Wanita dan Gender Universitas Indonesia menekankan pentingnya partisipasi perempuan dalam perumusan kebijakan, terutama dalam menekan angka kematian ibu yang cukup tinggi.

4. Keunggulan Buku.

Buku ini sangat berguna bagi mahasiswa, dosen dan peneliti dalam mengambil kebijakan serta pemerhati persoalan global dan strategis. Hasil kajian ini merupakan suatu sumbangan penting buat Indonesia dalam memahami tantangan masa kini dan masa depan dengan jernih dan cerdas.

5. Kekurangan Buku.

Nihil.

6.      Biografi Pengarang.

Prof. (Emeritus) Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, PhD. lahir di Rangkasbitung Banten 25 November 1939, umur 77 tahun adalah Menteri Koordinator Perekonomian pada Kabinet Gotong Royong. Lulusan tahun 1964 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan meraih gelar Doktor di bidang Ilmu Politik dari Universitas California Berkeley Amerika Serikat tahun 1980.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.