Kronik TNI November 2020

1 November 2020  (Media Indonesia)

Pengecekan Bawah Kapal.

Penyelam TNI AL dibantu personel Kopaska yang tergabung dalam Satgas pelayaran Operasi Bima Suci 2020 melakukan penyelaman saat KRI Bima Suci lego jangkar di perairan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau, Jumat (30/10). Penyelaman dilakukan untuk memastikan baling-baling dan badan kapal bawah air lainnya dalam kondisi baik.

6 November 2020  (Media Indonesia)

Pengerahan Pasukan Tempur.

Panglima Divisi Infanteri-2 Kostrad Mayjen Tri Yuniarto memeriksa pasukan tempur saat melepas sekitar 3.000 prajurit TNI di Dermaga Ujung.   Makoarmada II, Surabaya, kemarin.   Ribuan prajurit diterjunkan untuk menjaga kedaulatan NKRI dalam latihan Antarkecabangan (Ancab) TNI-AD Kartika Yudha 2020 yang digelar di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan.

8 November 2020  (Media Indonesia)

Operasi Penegakan Hukum di Sugapa Tetap Dilanjutkan.

Pascatewasnya satu prajurit TNI Pratu Firdaus Kurniawan yang ditembak kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB), jajaran Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III memastikan pasukan TNI dan Polri tetap melanjutkan operasi penegakan hukum terhadap KKSB di wilayah Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua.   Asops Kaskogabwilhan III, Brigjen TNI Suswatyo, mengatakan operasi penegakan hukum terhadap KKSB di wilayah Sugapa dan sekitarnya itu tidak akan terhenti pascatewasnya satu prajurit TNI.   Kehadiran aparat TNI dan Polri di wilayah tersebut semata-mata dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat di wilayah itu agar bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari tanpa rasa takut dan terancam keselamatan jiwa mereka akibat ulah KKSB yang terus melakukan teror penembakan ke warga sipil, petugas pemerintah, maupun aparat keamanan.

13 November 2020 (Media Indonesia)

8 Tersangka TNI belum Termasuk Penembak Pendeta Yeremia.

TNI Angkatan Darat menyatakan masih terus mengusut kasus penembakan Pendeta Yeremia Zanambani yang terjadi di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, September lalu.  Komandan Pusat Polisi Angkatan Darat (Danpuspomad) Letjen Dodik Wijanarko menjamin akan menindak anggota yang diduga terlibat dalam kasus tersebut.   Dodik mengatakan tim gabungan TNI AD dan Kodam XVII/Cenderawasih masih meminta keterangan saksi-saksi dan olah tempat kejadian perkara (TKP).  Tim juga memerlukan hasil forensik kematian, tetapi belum bisa mendapatkan lantaran belum adanya autopsi.   

14 November 2020 (Media Indonesia)

Apel Siaga La Nina.

Sejumlah prajurit TNI AD memasukkan perahu karet SAR ke truk Bekangdam XII/Tanjungpura seusai Apel Siaga La Nina di Pontianak, Kalbar, kemarin.   Apel yang diikuti gabungan TNI/Polri, Basarnas dan BPPD itu merupakan kesiapsiagaan menghadapi dampak La Nina dan potensi bencana hidrometeorologi di sebagian wilayah Kalbar pada November 2020 hingga Januari 2021.

14 November 2020 (Media Indonesia)

Keseriusan TNI Diapresiasi.

Keseriusan TNI dalam menindak anggotanya yang melanggar hukum membuahkan apresiasi dari sejumlah kalangan.   Ketegasan itu membuktikan bahwa TNI patuh pada hukum.  Menko Polhukam Mahfud MD pun menyambut baik ketegasan TNI dalam menangani kasus yang terjadi.   “Terkait kasus tindak kekerasan di Intan Jaya Papua, kemarin alhamdulillah saya bertemu KASAD yang menginformasi bahwa sudah dilakukan tindakan” katanya dalam keterangan kemarin.   Mahfud mengungkapkan saat ini ke-8 tersangka siap diajukan ke pengadilan. Dia juga menjamin proses hukum akan berlangsung adil.  

15 November 2020 (Media Indonesia)

Bakti di Batas Negara.

Di desa Silwan Kabupaten Belu berbatasan langsung dengan Timor Leste.   Di desa Silawan terdapat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motaain.   PLBN Tanah Air dikelola oelh Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan di bawah Kementerian Dalam Negeri dan penjagaan keamanannya berada di bawah tanggung jawab Tentara Nasional Indonesia, yaitu satuan tugas pengamanan perbatasan Indonesia Timor Leste Yonif Raider Khusus 744/SYB.   Di sepanjang perbatasan Indonesia-Timor Leste juga berdiri beberapa pos penjagaan di bawah Komando Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas), salah satunya Pos Damar yang berada tak jauh dari PLBN Motaain.  

16 November 2020 (Media Indonesia)

Ganggu Persatuan akan Berhadapan dengan TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta masyarakat untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan.   Ia juga meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh berbagai provokasi.   Hadi menuturkan prajurit TNI merupakan alat utama pertahanan negara.   Prajurit TNI bertugas melindungi bangsa.   Oleh sebab itu, dia menegaskan tidak boleh ada musuh yang dibiarkan.   Terlebih musuh tersebut dianggap berupaya melakukan ancaman terhadap bangsa Indonesia. Menurutnya persatuan dan kesatuan penting agar suatu bangsa tidak mudah dikaburkan  provokasi dan ambisi yang dibungkus berbagai identitas.

17 November 2020      (Kompas)

Korps Marinir Terima Hadiah Lagu dari Sultan.

Korps Marinir mendapat hadiah ulang tahun ke-75 dari Kesultanan Yogyakarta berupa sebuah lagu : “Gending Gati Marinir”.   Hadiah ini diserahkan langsung oleh Sultan Hamengku Buwono X kepada Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal (Mar) Suhartono.  Gending ini adalah ciptaan Sultan Hamengku Buwono VII pada tahun 1887.  Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono yang menjadi inspektur upacara menyambut baik hadiah ini. Ia mengatakan hadiah ini adalah peristiwa bersejarah.   Rupanya sejak dulu marinir sudah  ada di hati masyarakat.

20 November 2020      (Kompas)

Jaga Negara dari Musuh.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengecek kesiapsiagaan dan profesionalisme Komando Pasukan Khusus, Korps Marinir dan Korps Pasukan Khas, Kamis (19/11/2020).   Iapun berpesan agar setiap prajurit siap sedia, kapan pun menjaga negara dan bangsa dari ancaman dan gangguan musuh.   Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad  mengatakan, inspeksi mendadak dilakukan pada pasukan-pasukan khusus TNI.   Mereka ditinjau sampai sejauh mana kesiapsiagaannya. 

22 November 2020      (Kompas)

Kembalinya TNI ke Garis Depan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis (19/11/2020),mengadakan inspeksi ke Korps Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat, (Kopassus), Korps Marinir, dan Korps Pasukan  Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas).   Hadi di depan prajurit menegaskan kembali tentang pentingnya persatuan bangsa.  Upaya TNI adalah menjadi dinamisator agar pihak yang lain bekerja lebih optimal sesuai tugasnya.   Ini juga untuk   mencegah kesan hukum dan negara seakan tak berdaya.   TNI pun kembali ke garis depan.

22 November 2020   (Media Indonesia)

Tembakan Koarmada.

Prajurit TNI AL mengikuti Gelar pasukan Latihan Operasi Dukungan Tembakan tahun 2020 Koarmada I di Tanjung Priok Jakarta, Jumat (20/11).   Latihan yang akan berlangsung hingga 26 November mendatang di perairan Natuna Selatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personel dalam merencanakan dan menyiapkan persenjataan dan ketepatan penembakan.

23 November 2020      (Kompas)

Latihan TNI AD.

Helikopter Bell 412 TNI Angkatan Darat menyuplai meriam 76 mm saat latihan Antarkecabangan TNI AD Kartika Yudha Tahun 2020 di Pusat Latihan Tempur TNI AD di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Minggu (22/11/2020).    Latihan tersebut diikuti oleh 3.123 prajurit yang tergabung dalam Brigade Tim Pertempuran dengan misi menghancurkan ancaman agresi negara asing atau negara agresor.

24 November 2020      (Kompas)

KSAL: Pergerakan Pasukan harus Sesuai Perintah

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudho Margono mengingatkan jajaran TNI AL menjaga kesiapan dan kesiagaan untuk melaksanakan tugas negara.   Ia juga menginstruksikan pergerakan pasukan TNI AL sesuai instruksi berjenjang sesuai rantai komando.   “Dukung semua kebijakan pemerintah, Panglima TNI, dan Presiden selaku Panglima Tertinggi TNI” kata Yudho di depan sekitar 1.500 prajurit TNI AL Jakarta.   Sementara saat konferensi pers, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen Achmad Riad bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman di Kodam Jaya, mengatakan, Panglima TNI tidak mengeluarkan perintah turunkan baliho, karena kewenangan ada di Pangdam Jaya.

24 November 2020   (Media Indonesia)

Episode Ekspedisi TNI.

Angkatan Darat, Penjaga Timur Negeri.        

Kawasan perbatasan negara menjadi salah satu wilayah vital kedaulatan negeri, salah satunya di wilayah terdepan di Merauke, Papua.   Merauke kini telah mengalami berbagai perkembangan mulai dari sarana dan prasarana hingga aksesibilitas Internet.   Misalnya di Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai menjadi salah satu wilayah terdepan perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Di wilayah ini dijaga oleh puluhan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjadi bagian dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas).   Mereka berbaur bersama masyarakat setempat.   Selain melakukan patroli, Satgas perbatasan rutin memberikan penyuluhan kesehatan, pendidikan dan pengetahuan lainnya.  

Angkatan Laut, Menjaga Pulau Terdepan.

Miangas, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara adalah ‘beranda’ depan Indonesia yang berbatasan dengan Filipina.   Wilayah itu telah lama menjadi lintasan tradisional masyarakat perbatasan sehingga sangat rentan terhadap aktivitas penyelundupan, pencurian ikan hingga terorisme. Peran TNI-AL di kawasan ini menjadi sangat penting agar tidak memberi pengaruh buruk pada kedaulatan NKRI.   Para prajurit TNI tidak hanya dituntut untuk menjaga keamanan tetapi juga harus mampu beradaptasi dan bekerja sama serta memupuk rasa nasionalisme masyarakat sekitar. Di antaranya prajurit ikut membantu kegiatan belajar mengajar, sosial, kesehatan dan keagamaan.

Angkatan Udara, Srikandi yang Mengabdi.

Kalih Wulaningsih adalah salah satu prajurit perempuan TNI Angkatan Udara yang bertugas sebagai Bintara Pengatur Lalu Lintas Udara (PLLU) di Lanud El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur.   Ia satu-satunya wanita yang mendapat tanggung jawab sebagai PLLU. Ia membuktikan bahwa wanita juga bisa menjalankan tugas yang banyak dilakukan laki-laki.   Sehari-hari ia bertugas untuk memonitoring pergerakan pesawat dan mambantu dalam memarkir pesawat.   Bahkan pada 2019 ia mendapat kesempatan memarkir pesawat yang ditumpangi Presiden Joko Widodo.

24 November 2020   (Media Indonesia)

Pengawal NKRI di Batas Negeri.

TNI melalui Komando Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) rutin melakukan patroli pengamanan ke patok-patok batas wilayah negara.   Tak hanya melakukan pengamanan, Satgas Pamtas RI-RDTL juga membantu masyarakat perbatasan yang mengalami kesulitan.   Hadirnya  TNI Satgas Pamtas di tengah masyarakat tidak hanya memberikan rasa aman, tetapi juga sekaligus membangkitkan semangat gotong royong untuk memupuk persatuan dan kesatuan.

25 November 2020   (Media Indonesia)

Jaga Kedaulatan RI di Tapal Batas Merauke.

Merauke merupakan wilayah perbatasan di ujung timur Indonesia.   Posisinya yang vital sebagai batas negara Indonesia-Papua Nugini ditandai banyaknya pos-pos penjagaan yang berperan penting dalam menjaga kedaulatan RI.   Menurut Komandan Yonif 125 Simbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi, saat ini terdapat 92 patok batas negara Indonesia-Papua di Merauke.   Jumlah itu merupakan hasil penambahan  30 patok  yang baru dilakukan pemerintah Indonesia belum lama ini.   Patroli patok sendiri dilaksanakan rutin oleh penjaga perbatasan unutk memastikan keamanan patok sebagai pembatas antarnegara.

25 November 2020   (Media Indonesia)

Pemakaian Kamera Tactical Saat latihan Tempur.

Prajurit TNI AD dari satuan Yonif Raider 514 Kostrad memakai helm dan rompi antipeluru yang dilengkapi kamera tactical saat Latihan Antar-Kecabangan TNI AD Kartika Yudha tahun 2020 di Pusat Latihan Tempur TNI AD, Baturaja Timur, Ogan Komering ULU, Sumatera Selatan, kemarin.   Pemakaian helm dan rompi yang dilengkapi kamera tactical itu bertujuan untuk memantau pergerakan prajurit secara langsung.

27 November 2020      (Kompas)

Panglima TNI Sumbang Babi Hutan ke Papua.

Menyambut Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyumbang 59 ekor babi hutan untuk acara adat bakar batu di Papua.   Bantuan diberangkatkan dengan pesawat Hercules C-130 milik TNI dari Pangkalan Udara Pattimura Ambon menuju Bansara Mozes Kilangin, Timika Papua. Kamis (26/11).   Kepala bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI  Kolonel Sus Aidil mengatakan penyerahan bantuan dilakukan Aspotwil Kaskogabwilhan III Brigjen TNI Dadang Rukhiyana kepada kepala suku di beberapa wilayah seperti Wamena, Sugapa, Ilaga, Puncak Jaya, dan Timika.   “Pada 1 Desember 2020, pemerintah daerah bersama TNI-Polri akan bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, agama dan adat serta wakil masyarakat Papua, ” kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa.

27 November 2020   (Media Indonesia)

Kunjungan Dispen AL ke Media Group.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Julius Widjojono berbicara kepada jurnalis Metro TV seusai dirinya bersama staf Dispen AL berkunjung ke Gedung Media Group, di Kedoya, Jakarta, kemarin.   Kunjungan dalam rangka silaturahim dan rangkaian kerja sama yang diterima Direktur Pemberitaan Media Indonesia Gaudensius Suhardi dan Direktur Pemberitaan Metro TV Arief Suditomo.

27 November 2020   (Media Indonesia)

Gelar Latihan Antarcabang TNI-AD Libatkan 3.123 Prajurit.

TNI AD menggelar latihan antarkecabangan (latancab) dengan sandi Kartika Yudha 2020 ini di dua tempat, yakni Markas Komando Brigif R-9 untuk latihan posko satu dan latihan simulasi tempur komputer serta latihan taktis di Pusat Latihan Tempur Kodiklatad, Baturaja, Sumatera Selatan.   Latihan ini mengerahkan personel sebanyak 3.123 prajurit dari Brigif R-9/2 Kostrad serta 1.872 pelatih dan pendukung.   Latancab ini dihadiri KSAD Letjen TNI Andika Perkasa didampingi Komandan Kodiklat TNI AD selaku Komandan Latihan Letjen TNI AM Putranto serta Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Harianto.

28 November 2020   (Media Indonesia)

TNI AD masih Kekurangan Helilkopter.

TNI Angkatan Darat (AD) masih memerlukan tambahan helikopter jenis serang hingga angkut untuk kebutuhan latihan dan operasi lapangan.   Kebutuhan lain untuk mendukung ketangguhan TNI-AD ialah roket.   Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan hal itu saat menghadiri latihan tempur antarcabang (latancab) Kartika Yudha 2020 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI-AD, Baturaja Timur, Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.   Menurut KSAD idealnya TNI AD memiliki jumlah heli angkut hingga serang lebih banyak daripada ketersediaan yang ada sekarang.   Total alutsista yang ada seperti heli Apache baru ada delapan.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.