Kronik TNI Januari 2021

5 Januari 2021 (Media Indonesia)

Keterangan Dari KSAL.

            Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menjelaskan penemuan alat berupa sea glider saat konferensi pers di Jakarta, kemarin.   Sea glider yang ditemukan di Kepulauan Selayar, Sulsel, tersebut ialah alat yang berfungsi untuk mengecek kedalaman laut dan mencari informasi di bawah laut.  Sea glider itu akan diteliti lebih lanjut.

5 Januari 2021 (Media Indonesia)         

TNI-AL Teliti Temuan Sea Glider di Sulsel.

            TNI Angkatan Laut (TNI-AL) mengungkapkan benda mirip pesawat yang ditemukan nelayan di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, merupakan sea glider atau kendaraan bawah laut nirawak.   Alat itu tidak berfungsi untuk aktivitas intelijen.   Alat ini banyak digunakan unutk keperluan survei atau mencari data oseanografi di laut, di bawah lautan. Ini bisa diakses data. Ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono saat memberikan keterangan resmi mengenai temuan sea glider di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkata Laut (Pushidrosal), Ancol, Jakarta, kemarin.  

6 Januari 2021 (Kompas)

TNI Angkatan laut Diminta Lebih Siap.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut diharapkan harus lebih siap lagi untuk mencegah menyusupnya alat nirawak bawah laut dan lainnya setelah ditemukan alat nirawak jenis sea glider di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan baru-baru ini.    Jajaran anggota Komisi I DPR meminta Pushidrosal membongkar seluk beluk temuan kapal nirawak jenis sea glider yang ditemukan pada akhir Desember lalu.   Investigasi yang dilakukan Pushidrosal diharapkan dapat membongkar asal-usul jenis sea glider tersebut, pemilik, negara asal, kepentingan dan data yang telah direkamnya di bawah laut.  Dalam keterangan persnya, Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono mengatakan, Pushidrosal akan bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Kementerian Riset dan Teknologi (BPPT) untuk membongkar isi sea glider.  Pembongkaran dimaksudkan untuk menyelidiki siapa pemilik alat serta data apa saja yang terekam dalam alat tersebut.   KSAL menargetkan pembongkaran akan selesai dalam waktu satu bulan.

7 Januari 2021 (Kompas)            

Pertahanan Laut Perlu Diperkuat.

            Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono dalam keterangan kepada media, Senin (4/1/2020), menyatakan pihaknya mengakui alutsista sistem pertahanan yang dimilikinya belum mampu mendeteksi keberadaan drone laut di perairan Indonesia secara keseluruhan.   Secara bertahap, alutsista ataupun teknologi harus ditingkatkan untuk memperkuatnya.   Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono menyatakan, dengan indikasi eskalasi keamanan di Asia Pasifik, khususnya di Laut China Selatan, kesiapan TNI AL mendesak ditingkatkan.   Alutsista yang perlu diperbarui minimal ikuti kecanggihan peralatan negara tetangga.   Termasuk untuk keperluan pengawasan di jalur strategis.

9 Januari 2021 (Media Indonesia)

TNI-Polri Fokus Awasi Prokes.

            Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meneken Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).   Sebelumnya pemerintah pusat telah menetapkan pelaksanaan PPKM pada 11-25 Januari 2021 di wilayah Pulau Jawa dan Bali termasuk DKI Jakarta.   Dalam pelaksanaannya Pemprov DKI akan melibatkan jajaran Kepolisian dan TNI untuk mengawasi protokol kesehatan di masyarakat.   Demikian dikatakan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, kemarin.  Kapolda bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Andurachman serta pemerintah daerah telah bergerak dan terjun langsung ke zona merah di Jakarta.

12 Januari 2021 (Media Indonesia)      

Satgas TNI.            Prajurit TNI dari Satgas Pamtas Yonif 125/SMB di bawah Komando Pelaksanaan Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW bergotong royong dalam pembuatan dan pemasangan tiang listrik di Kampung Toray, Distrik Sera, Merauke, Papua, kemarin.   Pemasangan tiang listrik itu merupakan wujud kepedulian sekaligus wahana membangun semangat kebersamaan TNI dan masyarakat.

13 Januari 2021 (Kompas)                      

Memetik Hasil Kecanggihan.

            Setelah KRI Spica 934 yang dikomandani Letnan Kolonel Laut (P) Hengky Iriawan menemukan cockpit voice recorder pesawat Lion Air, pertengahan Januari 2019, kini KRI Rigel dengan komandan Letkol Laut (P) Zainal Mutakin berhasil menemukan flight data recorder (FDR), Selasa (12/1/2021).   Saat dihubungi seusai penemuan FDR pesawat Sriwijaya Air, Zainal mengatakan, pihaknya akan melanjutkan tugas untuk mencari CVR pada Rabu.   Keyakinan akan kemampuan KRI Rigel ini terlihat beberapa jam setelah informasi hilangnya Sriwijaya Air SJ-182, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan KRI Rigel telah menemukan sinyal pesawat yang hilang kontak itu.  Temuan ini kemudian dikonfirmasi tim penyelam dari TNI AL, yang melakukan observasi bawah laut dan menemukan reruntuhan pesawat.

13 Januari 2021 (Media Indonesia)      

Kodim 1705/Nabire.

            Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono menandatangani prasasti pergantian nama Kodim 1705/Paniai menjadi Kodim 1705/Nabire, di Papua, kemarin. Mayjen Yogo merupakan pejabat baru menggantikan Letjen Herman Asaribab yang diangkat menjadi Wakasad.   Namun, baru menjabat Wakil KSAD selama 2 bulan, Letjen Herman tutup usia karena sakit.

14 Januari 2021  (Media Indonesia)     

Kesehatan Warga perbatasan.

            Prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/SMB di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW memberikan pelayanan kesehatan kepada warga kampung Toray, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, kemarin.  Layanan kesehatan dari Satgas TNI unutk membantu pemerintah setempat dalam meningkatkan kesehatan kepada masyarakat.

14 Januari 2021 (Kompas)                      

Menhan Serahkan Kendaraan Operasional TNI.

Menteri pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan kendaraan dinas dan kendaraan tempur pada Rabu (13/1/2021).   Penyerahan kendaraan untuk operasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) di sejumlah wilayah di Indonesia tersebut dilakukan setelah Rapat pimpinan Kementerian Pertahanan yang diselenggarakan pada 11 dan 13 Januari.   Kendaraan yang diserahkan berjumlah 44 unit, terdiri dari 40 kendaraan Maung buatan PT Pindad (persero) dan 4 kendaraan Armour ILSV Jeforce, serta 100 sepeda motor.

16 Januari 2021      (Kompas)     

Hari Dharma Samudera (Berita Foto)

Istri dari perwira TNI AL di jajaran Koarmada 2 menaburkan bunga ke laut dalam rangka Hari Dharma Samudera di atas KRI Bima Suci di Dermaga Koarmada 2 Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/1/2021).    Hari Dharma Samudera diperingati setiap 15 Januari untuk mengenang peristiwa heroik pada 15 Januari 1962 saat tiga KRI, yaitu KRI Macan Tutul, KRI Harimau, dan KRI Macan Kumbang, menghadapi kapal perang Belanda di Laut Aru.   Komodor Yos Sudarso bersama awak KRI Macan Tutul gugur dalam peristiwa tersebut.

16 Januari 2021      (Media Indonesia)

Peringatan Hari Dharma Samudera.

            Prajurit TNI AL berada di geladak KRI Dewaruci seusai mengikuti upacara peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2021, di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.   Peringatan tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur pada pertempuran di Laut Arafuru.

16 Januari 2021 (Media Indonesia)      

Misi Perdamaian ke Afrika Tengah.

            Sebanyak 850 prajurit TNI Satgas Batalyon Gerak Cepat Kontingen Garuda XXXIX-C Monusco mendengarkan sambutan Panglima TNI yang dibacakan Irjen TNI (Mar) Bambang Suswantono dalam upacara pemberangkatan di Plaza Mabes TNI, Cilangkap Jakarta, Kamis (14/1).   Prajurit TNI pilihan yang akan bertugas sebagai tentara perdamaian dunia ke Afrika Tengah tersebut berada di bawah Komando PBB.

22 Januari 2021 (Kompas)          

Peran TNI AL Dalam Bencana (Berita Foto)

Anggota TNI AL menurunkan bantuan berupa beras dari sejumlah instansi dan masyarakat di Posko Kemanusiaan Lantamal V untuk  Bantuan Korban Bencana Alam di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/1/2021).   Bantuan yang juga berasal dari masyarakat umum tersebut kemudian diangkut dengan KRI dr Soeharso yang ditugaskan ke lokasi bencana.

22 Januari 2021 (Kompas)                      

KRI Angkut Bantuan ke Mamuju. (Berita Foto).

            Prajurit TNI Angkatan Laut memindahkan bantuan bencana alam ke KRI Oswald Siahaan yang akan bertolak ke Mamuju Sulawesi Barat, di Dermaga Armada II, Surabaya, Jawa Timur Kamis (21/1/2021). Bantuan Kemanusiaan bagi korban gempatersebut diangkut dari Posko Lantamal V. Keberangkatan kapal dilepas Pangarmada II Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Sudihartawan.

22 Januari 2021      (Media Indonesia)

Pemulangan Pengungsi Sulbar ke Daerah Asal.

            Petugas menyemprotkan disinfektan kepada pengungsi gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat, saat turun dari pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara di Landasan Udara Adi Sumarmo, Boyolali, Jawa Tengah, kemarin.   Sebanyak 102 warga pengungsi korban gempa bumi Majene dan Mamuju dipulangkan sementara ke daerah asal kelahiran mereka di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

23 Januari 2021      (Media Indonesia)

Baku Tembak di Papua, Dua Prajurit TNI Gugur.

            Dua prajurit TNI dari Yonif R 400/BR tewas dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua, kemarin pagi.   Kepala Penerangan  Kogabwilhan III Kolonel I Gusti Nyoman Suriastawa mengungkapkan dua anggota yang gugur ialah Pratu Roy Vebrianto dan Pratu Dedi Hamdani dari Pos Hitadipa.  Kasus-kasus kontak bersenjata dan kekerasan masih kerap terjadi di wilayah Papua.   Dua warga Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Kamis (21/1) malam, sekitar pukul 22.30 WIT, dianiaya orang tidak dikenal.  

23 Januari 2021      (Kompas)     

Keamanan Papua, Dua Anggota TNI Tertembak Dialog Diperlukan.

            Dua prajurit TNI Angkatan darat dari satuan Batalyon Infanteeri 400/Benteng raider, Semarang, Prajurit Satu Roy Vebrianto dan Pratu Dedi Hamdani, gugur dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di daerah Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Jumat (22/1/2021).   Ini merupakan insiden keempat yang terjadi pada Januari 2021.   Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah pertahanan (Kogabwilhan) III IGN Suriastawa saat dikonfirmasi membenarkan insiden kontak tembak yang menewaskan dua anggota TNI tersebut.   Komandan Operasi Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka Wilayah Intan Jaya Yosua Waker, dalam siaran persnya, mengakui telah menyerang pos TNI di Titigi dan Hitadipa sehingga menyebabkan dua anggota TNI meninggal.

24 Januari 2021      (Media Indonesia)

Keamanan Perbatasan.

            Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama Polisi dan Custom Immigration, Quarantie (CIQ) Entikong dan Jagoi Babang berpatroli bersama dalam meningkatkan keamanan perbatasan di Entikong, Sanggau, Kalbar, Jumat (22/1).   Patroli bersama itu bertujuan untuk menjaga stabilitas dan kondusivitas, serta melaksanakan fungsi pengawasan wilayah perbatasan RI-Malaysia.

25 Januari 2021 (Media Indonesia)      

Kebaktian di Tengah Bencana.

            Bencana gempa bumi di Sulawesi Barat dan banjir di Kalimantan Selatan menjadi arena kebaktian banyak pihak. TNI Angkatan Udara salah satunya mengerahkan prajurit Satgas Paskhas Kalsel.  Selain mendistribusikan bantuan, prajurit juga bertugas mengevakuasi korban banjir, tegas Mayor Pas Raden Ruli, kemarin.  Mereka melakukan evakuasi korban di tiga desa di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Kegiatan itu dilakukan berbarengan dengan tugas lain, yakni mengirimkan bantuan logistik, obat-obatan, serta membantu tenaga medis di puskesmas.   Prajurit Batalyon Kesehatan TNI-AU juga bergerak di Sulawesi Barat.” Kami merawat 193 pasien di Base, Katandean, dan Ulumanda.” ungkap Kapten Kes Lim Friendly Sumon Sitorus, ketua tim.

25 Januari 2021      (Kompas)     

Korban Penembakan KKB di Papua Dimakamkan.  (Berita Foto).

            Prajurit TNI memanggul peti jenazah Praka (Anumerta) Dedi Hamdani, anggota Yonif Raider 400/BR, untuk dimakamkan di pemakaman Desa Pelambik, Praya Barat Daya, Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (24/1/2021).   Dedi yang gugur akibat ditembak kelompok kriminal bersenajata (KKB) di Intan Jaya, Papua mendapatkan kehormatan kenaikan pangkat satu tingkat.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.