Kapusjarah TNI Gelar FGD Komunitas Sejarah 2024

Pusjarah TNI.  Kapusjarah TNI Brigjen TNI Rusmili, S.I.P., M.Si.,  menggelar acara Focus Group Discussion Komunitas Sejarah TA.2024, bertempat di ruang Balairung Pahlawan Museum Satriamandala, Jakarta pada Rabu (26/06/2024).

Kegiatan FGD Komunitas Sejarah tahun 2024 ini  mengambil tema  “Tantangan Historiografi Militer di Era Saat ini,” dengan menghadirkan sebanyak 60 orang peserta dari  Pusjarah TNI, undangan  Matra yaitu; Disjarahad, Disjarahal dan Dispenau serta mahasiswa Unhan.

Dalam sambutannya saat membuka acara secara resmi Kapusjarah mengatakan bahwa sejarah militer bukan hanya catatan tentang pertempuran dan kemenangan melainkan juga refleksi dari nilai-nilai dan jati diri yang dipegang teguh oleh para prajurit kita.

Selanjutnya dikatakan Kapusjarah TNI bahwa Pusjarah TNI sebagai badan pelaksana Pusat Mabes TNI di bidang kesejarahan memiliki tangung jawab besar untuk menyusun dan menjaga Historiografi militer yang akurat, cermat, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Tugas ini semakin menantang di era digital saat ini dimana sumber-sumber sejarah semakin beragam dan dinamis, kita tidak lagi hanya mengandalkan arsip fisik dan perpustakaan, namun juga media sosial dan internet yang menjadi sumber penting dalam memperkaya penelitian sejarah militer,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Kapusjarah TNI berharap dengan pembekalan ini akan dapat lebih mempertajam kemampuan personel Pusjarah TNI dan matra pada saat melaksanakan penulisan sejarah sehingga akan menghasilkan produk sejarah yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Acara  FGD  Komunitas Sejarah 2024 dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan laporan perwira acara kepada pimpinan acara, kemudian foto bersama. Selanjutnya sambutan oleh Kapusjarah TNI dan dilanjutkan dengan pernyataan resmi pembukaan acara.

Pada  FGD kali ini menghadirkan narasumber yaitu Kolonel Caj Dr. Kusuma, M.Si., dengan tema bahasan yaitu “Perspektif Baru Dalam Penulisan Sejarah Militer Indonesia.”

Selanjutnya sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Selesai sesi diskusi dilanjutkan dengan pemberian cinderamata oleh Kapusjarah TNI kepada narasumber.

Acara diakhiri dengan sambutan penutupan oleh Kapusjarah TNI sekaligus pernyataan bahwa acara resmi ditutup, dilanjutkan menyanyikan lagu Bagimu Negeri, dan laporan perwira acara kepada pimpinan acara bahwa acara sudah selesai  serta  acara ramah tamah.

Kegiatan FGD Komunitas Sejarah ini dapat terlaksana  dengan aman, lancar dan sukses.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16