Kronik TNI Februari 2024

2 Februari 2024 (Kompas)          

Apel TNI untuk Pengamanan Pemilu 2024 (Berita Foto).

Formasi pasukan TNI menghadapi demonstran ketika simulasi pengamanan dalam Apel Gelar pasukan Pengamanan Pemilu 2024 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (1/2/2024).   Apel ini  juga digelar serentak di kodam seluruh Indonesia.   Sebanyak 446.219 personel TNI dari seluruh Indonesia dikerahkan untuk pengamanan Pemilu 2024.

2 Februari 2024 (Media Indonesia)       

Petinggi TNI dan Polri Diingatkan Jaga Netralitas.

Petinggi TNI dan Polri diingatkan untuk menjaga netralitas dan imparsialitas institusi menjelang pemilu 2024.   Pengamat politik Karyono Wibowo di Jakarta, kemarin, menilai pemilu kali ini rawan penyalahgunaan aparatur negara.  Di sisi lain, setiap pernyataan petinggi mereka bisa ditafsirkan dengan beragam makna.  Mantan Wakil Panglima TNI Jenderal (Purn) Fachrul Razi mewanti-wanti pemerintah untuk tidak menyalahgunakan pasangan calon tertentu dalam Pilpres 2024.  Fachrul mengatakan penyalahgunaan TNI akan membuat prajurit bingung.   Apalagi setiap pasangan calon didukung mantan pemimpin dan petinggi militer.  Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menegaskan TNI tetap netral dalam Pemilu 2024.   “Di undang-undang sudah jelas bahwa TNI aktif tidak boleh berpolitik praktis,” tegas Panglima TNI di Jakarta Timur, kemarin.

3 Februari 2024       (Media Indonesia)

31 TPS di Maybarat-Papua Prioritas TNI.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap memprioritaskan 31 tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Maybarat, Papua Barat Daya, yang dinilai berpotensi konflik. Hal itu disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pemilu 2024 di Alun-Alun Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (1/2). “Kita prioritaskan pengamanan 31 TPS di Maybarat karena potensi konfliknya besar, makanya nanti ke mana TPS itu pindah kita akan ikut menempel di situ,” jelas Pangdam Kasuari.   Dia mengatakan apa pun yang dilakukan KPU sebagai penyelenggara keamanan akan terus terjaga sampai seluruh proses di 31 TPS di Maybarat terlaksana.

6 Februari 2024 (Media Indonesia)       

Sinergitas TNI-Polri (Berita Foto).

Personel gabungan TNI Korem 011 Lilawangsa dan Polisi Polres Lhokseumawe menghadang pengunjung rasa anarkis saat latihan pengamanan Pemilu 2024 di Lhokseumawe, Aceh, kemarin. Latihan sinergitas TNI-Polri itu digelar guna meningkatkan kemampuan personel untuk kesiapsiagaan TNI-Polri di daerah dalam melakukan pengamanan Pemilu 2024.

12 Februari 2024 (Media Indonesia)     

Personel Pengamanan TPS.

Personel Satbrimob Polda Sumsel mengikuti apel pergeseran personel pengamanan TPS di Polda Sumatera Selatan, Palembang, kemarin.  Polda Sumatera Selatan mengerahkan 10.059 personel yang terdiri dari 7.896 anggota Polri dari Polres/Polrestabes se-Sumsel, 2.163 anggota Polda Sumsel, dan 510 personel TNI untuk pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Sumsel yang tersebar di 25.985 TPS.

14 Februari 2024 (Media Indonesia)     

Apel Pengamanan TPS.

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan memeriksa pasukan saat apel pergeseran petugas pengamanan TPS di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, kemarin.   Apel yang diikuti 6.506 personel Polri dan 1.200 personel TNI tersebut untuk melaksanakan pengamanan pemungutan serta penghitungan suara Pemilu 2024 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

20 Februari 2024 (Media Indonesia)     

BNPB dan TNI-AD Tingkatkan Mitigasi Bencana.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan TNI Angkatan Darat memperkuat kerja sama penanggulangan bencana di Tanah Air.   Kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan langkah mitigasi dan penanganan bencana, khususnya di wilayah-wilayah rawan.   “Targetnya setiap bencana apa pun yang terjadi di NKRI, masyarakat terdampak bisa tertangani dengan maksimal karena TNI Angkatan Darat dan BNPB memiliki komitmen yang sama, yakni keselamatan rakyat ialah yang utama yang dijunjung setinggi-tingginya,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Suharyanto dalam konferensi pers di kantor BNPB, Jakarta Pusat, kemarin.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.