Kronik TNI Juni 2023

2 Juni 2023  (Kompas)     

“Kompas” Raih Dua Penghargaan dalam Ajang KSAU Awards 2023.

Untuk memperingati HUT Ke-77 yang jatuh pada 9 April 2023, TNI AU mengadakan ajang penghargaan karya jurnalistik KSAU (Kepala Staf TNI AU) Awards 2023.  Harian Kompas meraih penghargaan pada kategori isu humanis dan foto jurnalistik.   Pada isu kategori humanis jurnalis Kompas, Nikolaus Harbowo dan Kurnia Yunita Rahayu, menjadi juara melalui artikel “Meneladani Bapak AURI yang Visioner”.  Pada Kategori foto jurnalistik, fotografer Kompas, Ferganata Indra Riatmoko menjadi pemenang kedua.

2 Juni 2023  (Kompas)     

KRI Bung Karno dan Hakikat Negeri Kepulauan.

KRI Bung Karno-369, Kamis (1/6/2023), telah diserahterimakan di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta Utara.   Letnan Kolonel (P) Krido Satrio Utomo telah pula dikukuhkan sebagai Komandan KRI Bung Karno-369 yang pertama.   Sesuai dengan namanya, kapal ini diharapkan meneladani kebulatan tekad dan kegigihan Soekarno menjaga kedaulatan negara.   KRI Bung Karno dibangun atas kerja sama pemerintah dengan PT Karimun Anugrah Sejati.   Proses pengerjaan memakan waktu 12 bulan.   Kapal ini memiliki panjang 73 meter, lebar 12 meter dan tinggi 5 meter.   Beratnya mencapai 650 ton dengan anak buah kapal sebanyak 55 personel.   Kecepatan jelajah 22 knot dengan kecepatan maksimum 24 knot.

2 Juni 2023  (Media Indonesia) 

Korvet Anak Bangsa untuk Dukung Operasi Militer.

Korvet buatan anak bangsa yang diberi nama KRI Bung Karno-369 diresmikan secara langsung oleh Presiden  Ke-5 RI Megawati Soekarno di Kolinlamil Jakarta Utara, kemarin.   Peresmian KRI Bung Karno-369 oleh Megawati didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali dan Ketua DPR RI Puan Maharani.   Penamaan KRI Bung Karno serta momentum peresmian kapal pada Hari Lahir Pancasila dipilih dengan harapan KRI tersebut dapat meneladani kebulatan tekad dan kegigihan Bung Karno dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan menjaga kedaulatan negara.  Selain itu, korvet baru itu akan menggantikan kapal kepresidenan KRI Barakuda-633 yang sudah beroperasi selama 27 tahun.   KRI Bung Karno-369 dibangun produsen pertahanan dalam negeri PT Karimun Anugerah Sejati di Batam, sejak dipesan 21 Juni 2022.

3 Juni 2023  (Media Indonesia) 

Bantu Pemasangan Listrik Berita Foto).

Prajurit TNI dari Satgas Yonif Raider 200/BN membantu mendirikan tiang dan menarik kabel saat pemasangan tiang listrik dan mengalirkan arus listrik di kantor perumahan Distrik Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Kamis (1/6). Tenaga yang dikerahkan dari pasukan TNI yang sedang bertugas di sana mempercepat proses pemasangan.

6 Juni 2023  (Media Indonesia) 

TNI-AL Teliti Kebakaran KRI Teluk Hading.

Sabtu (3/6), kapal perang KRI Teluk Hading terbakar di perairan antara Bulukumba dan Kepulauan Selayar di Sulawesi Selatan. Kemarin, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan TNI tengah melakukan investigasi atas kejadian ini.   “Kebakaran terjadi di bagian generator. Seluruh personelnya selamat dan kapalnya sudah kita kandaskan,”  ujarnya saat membuka Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 di Dermaga Hatta Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, kemarin.   Kepala Staf Angkatan Laut lanjut dia, akan melaksanakan investigasi setelah badan kapal ditarik.   “Kita cek lagi penyebab kebakaran, human eror atau masalah teknis.”   Saat terbakar, KRI Teluk Hading 538 mengangkut 119 kru.   Semua penumpang dinyatakan selamat.   Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama I Made Wira Hady Arsanta menambahkan, kebakaran KRI Teluk Hading 538 diduga bersumber dari bagian belakang kapal. Kapal tersebut bergerak dari Jakarta menuju pelaksanaan operasi rutin di wilayah kerja Koarmada III.

6 Juni 2023  (Kompas)     

Multilateral Naval Exercise Komodo 2023 (Berita Foto).

Delegasi angkatan laut dari 36 negara berfoto bersama seusai pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo 2023 di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (5/6/2023).   Kegiatan ini berfokus pada kegiatan bantuan bencana dan kemanusiaan.

7 Juni 2023  (Media Indonesia)  

AS dan Tiongkok Bergabung dalam Latihan AL di Indonesia.

Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok telah mengirimkan kapal-kapal perang ke lokasi latihan      angkatan laut multinasional yang dimulai di Indonesia pada Senin (5/6).   Latihan bersama itu akan berlangsung terlepas dari perpecahan di antara kedua negara tersebut.   Militer AS telah meningkatkan operasi-operasi Asia-Pasifiknya untuk melawan Tiongkok yang semakin tegas.   Bahkan baru-baru ini menggelar beberapa putaran latihan perang di sekitar Taiwan.   Namun, keduanya mengirimkan kapal perang ke latihan Angkatan Laut Multilateral (MNEK) 2023 yang diselenggarakan Indonesia di perairan timur Pulau Sulawesi dari Senin hingga Kamis. “MNEK adalah latihan noperang yang memprioritaskan kerja sama maritim di kawasan ini,” ujar juru bicara Angkatan Laut Indonesia, I Made Wira Hady, dalam sebuah pernyataan.

9 Juni 2023  (Media Indonesia)

Lemhanas Kaji Penyempurnaan Revisi UU TNI.

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI Andi Widjajanto mengatakan kajian terhadap Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan upaya untuk memperkuat konsolidasi demokrasi.   “Hubungan sipil dan militer di Indoensia, konsolidasi demokrasi.   Bagaimana revisi UU TNI diarahkan untuk memperkuat konsolidasi demokrasi,” kata Andi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin. Menurut Andi saat ini Lemhanas sedang mempelajari kajian struktural awal revisi UU tersebut yang mencakup lingkungan strategis, perubahan karakter ancaman, serta teknologi.

13 Juni 2023 (Kompas)    

Armada Jaya XLI Kerahkan 5.900 Personel.

Sebanyak 5.900 personel TNI Angkatan Laut dilibatkan dalam latihan puncak Armada Jaya XLI 2023.   Latihan tahunan itu digelar untuk penyempurnaan doktrin tempur TNI AL. Kepala Staf TNI AL Laksamana Muhammad Ali mengemukakan hal itu saat membuka Gladi Posko yang diikuti 1.916 personel di Kodiklatal, Surabaya, Jawa Timur, Senin (12/6/2023).   Latihan ini terbagi menjadi dua kegiatan utama, yakni Gladi Posko pada 12-20 Juni 2023 dan Manuver Lapangan 23 Juni-2 Juli 2023.

14 Juni 2023 (Kompas)    

Kementerian Pertahanan Beli 12 Pesawat Tempur Bekas.

Kementerian Pertahanan telah menandatangani kontrak pembelian 12 pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar.   Pembelian pesawat bekas itu mengundang beberapa pertanyaan.   Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan Edwin Adrian Sumantha saat dikonfirmasi pada Selasa (13/6/2023) mengatakan bahwa menurut informasi dari Kepala Bidang Matra Udara Badan Sarana Pertahanan (Baranahan) Kemenhan, kontrak pembelian pesawat-pesawat tersebut sudah ditandatangani. Kemenhan melakukan pembelian sejumlah pesawat tempur itu dengan tujuan memenuhi kebutuhan operasional TNI Angkatan Udara sambil menunggu pesawat tempur Rafale yang dibeli Indonesia datang. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berkali-kali mengatakan, jangan beli alat utama sistem persenjataan (alutsista) bekas

14 Juni 2023 (Kompas)    

TNI Harus Waspadai Ancaman Siber.

Perkembangan teknologi di era digital menciptakan berbagai ancaman baru, salah satunya pencurian data.   Berbagai ancaman akibat perkembangan teknologi digital itu disampaikan oleh Pelaksana tugas Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD dan Panglima Tentara Nasional Indonesia Laksamana Yudo Margono dalam acara Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada Prajurit TNI di Markas Besar TNI, Jakarta, Selasa (13/6/2023). Acara ini dihadiri Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Bambang Ismawan dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pengarepan. Kebocoran data menjadi salah satu ancaman digital yang perlu diwaspadai masyarakat, termasuk prajurit dan pemerintah.   Mahfud menyebutkan, ada empat macam ancaman digital yang perlu diwaspadai.   Ancaman itu antara lain, meliputi  serangan siber yang dapat mencakup serangan distributed denial of service (DDoS), pencurian data, dan sabotase sistem.

16 Juni 2023   (Kompas)  

Pembelian Pesawat Tempur Bekas Langkah realistis.

Pembelian 12 unit pesawat tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar diklaim sebagai langkah yang paling mungkin untuk mengisi celah kekuatan udara lima tahuun ke depan.   Meski berusia tua, teknologi Mirage 2000-5 disebut sudah mendekati generasi baru sehingga penggunaannya bisa menjadi transisi menuju penggunaan pesawat Rafale.   Meski diakui realistis, pengamat mengingatkan agar pembelian pesawat tempur bekas tidak menimbulkan masalah baru di masa mendatang.   Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan pembelian pesawat tempur Mirage 2000-5 dari Qatar merupakan upaya yang paling mungkin untuk memenuhi kebutuhan operasional TNI Angkatan Udara selagi menunggu kedatangan pesawat Rafale yang sudah dibeli sebelumnya. Meski diperkirakan paling cepat akan datang tiga tahun mendatang, persiapan penggunaan Rafale butuh waktu lebih lama sehingga total waktu tunggu masih sekitar lima tahun ke depan.   Di tengah masa tunggu itu, mayoritas pesawat tempur yang ada selain berusia tua, juga butuh perbaikan.

17 Juni 2023  (Media Indonesia)          

Sepeda Motor untuk Babinsa (Berita Foto).

Menteri pertahanan Prabowo Subianto menyalami Babinsa saat melakukan kunjungan kerja di koramil (0912/Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemarin.   Dalam kunjungan kerja tersebut, Prabowo menyerahkan 25 sepeda motor untuk Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0912/Lembang guna mendukung tugas operasional.

19 Juni 2023  (Media Indonesia)          

HUT Penerbangan TNI AL (Berita Foto).

Pesawat Bonanza G-36 milik Skuadron 200 Wing Udara 2 Puspenerbal beraksi saat upacara HUT ke-67 Penerbangan TNI AL di Apron Hanggar Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (17/6).   HUT ke-67 Penerbangan TNI AL tersebut bertema Penerbangan TNI Angkatan Laut patriot NKRI mendukung Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

19 Juni 2023 (Kompas)    

TNI Tak Hambat Negoisasi untuk Pilot Susi Air.

TNI menegaskan tidak ada upaya menghambat negoisasi pembebasan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang ditawan kelompok kriminal bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.   Penempatan pasukan TNI di sekitar lokasi penyanderaan justru untuk melindungi masyarakat.   “Kami membuka dialog dan melibatkan semua komponen bangsa.   Justru perlu dipertanyakan kalau ada alasan-alasan lain”, kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julios Widjojono, Sabtu (17/6/2023).

21 Juni 2023   (Kompas)  

Pesawat Pengebom Strategis AS Tiba di Kualanamu.

Pesawat pengebom strategias jenis Boeing B-52 Stratofortress milik Angkatan Udara Amerika Serikat (United States of Pacific Air Force/US PACAF) tiba di Bandara Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, Selasa (20/6/2023).   Pesawat pengebom  berat jarak jauh yang terbang daru Pangkalan Udara AS Guam itu akan berpartisipasi dalam latihan bersama TNI AU dan US PACAF.

23 Juni 2023 (Kompas)

Latihan Militer RI-AS;   Dari Pesawat Tempur hingga Pasukan Khusus.

Latihan Cope West menjadi ajang angkatan udara Indonesia dan Amerika Serikat mempererat persahabatan. Namun dalam ajang tersebut, tentu masing-masing menunjukkan kemampuannya.   Latihan antara TNI AU dan United States Air Force (AU AS) ini berlangsung pada 12-23 Juni 2023.   Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya M Tony Harjono yang meninjau latihan di Pekanbaru, Rabu (21/6/2023), mengatakan Cope West merupakan ajang untuk mengukur profesionalisme dan melihat sejauh mana kemampuan personel TNI AU.

30 Juni 2023 (Media Indonesia)

Kedatangan Super Hercules (Berita Foto).

Jurnalis mengambil gambar pesawat C130J Super Hercules saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (28/6).   Super Hercules TNI AU yang kedua dari lima unit yang dipesan pemerintah melalui Kementerian Pertahanan telah tiba di Indonesia dan akan diserahkan Menhan Prabowo Subianto ke TNI AU.

30 Juni 2023  (Media Indonesia)           

Latihan Armada Jaya (Berita Foto).

Personel TNI AL mengikuti apel gelar pasukan Latihan Armada Jaya XLI di Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/6).   Apel yang melibatkan 1.916 personel tahap geladi posko dari 5.900 personel tahap manuver lapangan itu bertujuan meningkatkan kemampuan unsur pimpinan staf-komando gabungan TNI.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.