Pasis Dikreg Seskoal ke-60 Kunjungi Monumen Pancasila Sakti

Pusjarah TNI-Sebanyak 184 Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-60 TA. 2022 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Kejuangan dengan mengunjungi Monumen Pancasila Sakti (MPS) yang berada di bawah naungan Pusjarah TNI (Senin, 13 Juni 2022). MPS menjadi salah satu destinasi yang masuk dalam kurikulum dan program pendidikan Seskoal.

Kedatangan Pasis Seskoal yang dipimpin oleh Kakoordos Seskoal Laksma Judijanto, ST., M.St., M.A., CHRMP., CIQnR. diterima oleh Waka Pusjarah TNI Kolonel Adm Drs. Subari Santoso. Dalam kesempatan tersebut Waka Pusjarah TNI memberikan apresiasi terhadap kunjungan para Pasis Seskoal di wahana kesejarahan ini. Lebih lanjut Kolonel Adm Drs. Subari menjelaskan tentang pembangunan MPS pada pertengahan Agustus 1967 di atas lahan seluas 14,6 Hektar dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 1 Oktober 1972 bersamaan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Kunjungan para siswa Seskoal ke Monumen Pancasila Sakti memiliki arti sangat penting bagi pewarisan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa khususnya yang terkait dengan sejarah pemberontakan G30S/PKI. Beberapa kegiatan dilaksanakan oleh Pasis Seskoal di MPS diantaranya menonton film sejarah, mendapat penjelasan koleksi Monumen, diskusi sejarah, dan terakhir pemberian cinderamata kenang-kenangan dari Pasis Seskoal.

Kuliah Kerja Kejuangan kali ini mengusung tema “Melalui Kuliah Kerja Kejuangan, Kita Tingkatkan Semangat dan Kesadaran Akan Pentingnya Nilai-Nilai Kejuangan TNI Dalam Rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Menuju Indonesia Tangguh”. Adapun sasarannya  sebagaimana yang ditekan dalam sambutan Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) adalah sebagai berikut: Pertama. Menumbuh kembangkan pemahaman, semangat dan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kejuangan TNI terhadap persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Kedua, mampu meneladani perjuangan para pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Ketiga, meningkatkan kesadaran akan tugas tanggung jawab dan kewajiban sebagai prajurit Sapta Marga yang tercermin dari sikap dan perilakunya serta konsisten dan konsekuen terhadap sumpahnya. Keempat, meningkatkan kemampuan analisis dan menumbuhkembangkan kepekaan, kepedulian terhadap permasalahan bangsa dan negara dan Kelima, mampu menerapkan nilai-nilai kejuangan TNI dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi struktural menuju Indonesia tangguh

Diharapkan dengan adanya Kuliah Kerja Kejuangan ini, para siswa Seskoal dapat mengenang kembali jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur mengorbankan jiwa dan raga demi bangsa dan negara, nilai luhur tersebut harus menjadi suri tauladan bagi kita semua saat ini sebagai generasi penerus bangsa.

Kenali Sejarahmu

Cintai Bangsamu

Salam Sejarah

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.