Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H /2021 M di Pusjarah TNI

(Pusjarah TNI) Pada hari Selasa tanggal 10 Agustus 2021, Pusat Sejarah Tentara Nasional Indonesia melaksanakan kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah dengan dihadiri oleh seluruh anggota Pusjarah TNI. Kegiatan dilaksanakan bertempat di masjid Al Mubarok, Pusjarah TNI, Jakarta dengan menerapkan prokes Covid-19.  Rangkaian  acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh PNS Ibnu Ubaidillah dengan Sari Tilawah PNS Mediana Febrianti. Selanjutnya sambutan Kapusjarah TNI Brigadir Jenderal  Triwahyu Mutaqin Akbar S.Sos, yang diwakili oleh Kabidum Pusjarah TNI, Kolonel Kav M. Rafi’i, S.E., M.M. Kemudian ceramah sekaligus diakhiri dengan doa penutup oleh Drs Emuh Muksin.(11/08)

Dalam sambutannya Kapusjarah TNI yang dibacakan oleh Kabidum Pusjarah TNI dikatakan  bahwa dengan peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah saat ini kita harus senantiasa  bersyukur dan meneladani kepribadian serta tingkah laku nabi Muhammad SAW dengan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT karena sampai saat ini kita masih diberikan nikmat sehat dan menghirup udara kehidupan di tengah wabah pandemic Covid-19 yang belum mereda.

“ Hendaknya peringatan tahun baru Islam saat ini jangan dipandang sebagai kegiatan seremonial dan rutinitas saja tapi dijadikan sebagai momentum untuk semakin meningkatkan kualitas  keimanan dan ketakwaan kita pada Allah SWT, yaitu dengan mendekatkan diri kita pada Allah SWT, merenungkan kembali apa yang sudah kita diperbuat di masa lalu dan berdoa memohon agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dengan melakukan amalan ibadah,” ujarnya.

Mengakhiri  sambutannya Kapusjarah TNI menekankan kepada seluruh anggota Pusjarah TNI agar dalam pelaksanaan tugas hendaknya selalu mawas diri  dan menumbuhkan kembali semangat pengabdian baru untuk menghadapi tugas yang semakin kompleks di masa mendatang. Mari kita introspeksi diri kita setahun yang lalu dan kita evaluasi kembali untuk membangun tekad  baru dan bekerja lebih baik lagi di tahun mendatang

Dalam ceramahnya tentang hikmah 1 Muharam, ustad Drs Emuh Muksin menguraikan  tentang Keistimewaan  1 Muharam Guna Meningkatkan Keimanan kepada Allah SWT. Bahwa bulan Muharam harus dijadikan tonggak dalam memperkuat keimanan. Ada beberapa nilai keistimewaan yang menjadi pelajaran bagi kita antara lain  bahwa 1 Muharam merupakan  bulan dari dua belas bulan yg ditetapkan (Sunatullah) oleh Allah SWT ketika diciptakan langit dan bumi (QS: Attaubah ayat 36). Refleksi dari sunatullah tersebut, melahirkan perhitungan tahun, bulan, hari dan waktu (QS Yunus, ayat 5). Dan untuk dijadikan landasan perhitungan manusia menjadi nama tahun dan bulan bagi kepentingan hidup manusia.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.