Resensi Buku : Bukan 350 Tahun Dijajah

Oleh:  Vegas Dwi S.

  1. Identitas Buku.

a. Judul Buku                   : Bukan 350 Tahun Indonesia Dijajah.

b. Pengarang                    : G.J. Resink.

c. Penerbit                         : Komunitas Bambu.

d. Tebal Halaman             : xxxiv + 366 halaman.

e. ISBN                                : 978-602-9402-06-3

2. Isi Resensi.

Siapa bilang Indonesia dijajah 350 tahun ? Bohong. Mitos belaka. Melalui buku ini, G.J.Resink sebagai  sejarawan dan ahli hukum internasional sekaligus penyair memaparkan bukti–bukti betapa semua itu konstruksi politik kolonial. Kebohongan 350 tahun dijajah dipopulerkan politisi Belanda dan buku–buku pelajaran sekolah kolonial, tetapi semakin kuat di percaya sebagai kebenaran sejarah ketika Soekarno dan para pejabat juga politisi kerap menggunakannya dalam pidato–pidato serta tidak terkecuali para  sejarawan. Celakanya lagi, pemerintah malah memasukan mitos 350 tahun  dijajah itu kedalam kurikulum pelajaran di sekolah–sekolah sampai akhirnya diterima dan tertanam sebagai kebenaran absolut di masyarakat.

            Dalam buku ini, Resink memberikan bukti–bukti kuat yang menggambarkan betapa banyak kerajaan dan negeri di Indonesia yang belum pernah takluk dan di bawah cengkraman tangan besi hukum kolonial Negara Hindia Belanda. Resink siap dengan segudang sumber, terutama detail fakta hukum yang membuat argumennya bukan saja fokus dan kukuh, tetapi juga punya vitalitas dalam memperlihatkan  wilayah-wilayah Indonesia yang berdaulat selama kekuatan kolonial bercokol. Hitungan Resink, paling-paling Hindia Belanda sebagai negara hanya ada selama 40 tahun, tetapi itupun tidak benar-benar seluas wilayah Republik Indonesia hari ini, meskipun Belanda sudah benar-benar mengusahakan penaklukan selama 350 tahun.

            Sejarawan Taufik Abdulah berpendapat bahwa Resink merasa penting memperkenalkan pendekatan hukum internasional dalam menelaah sejarah kolonialisme dan kesimpulan dari penelitiannya mengenai kekuasaan Belanda yang dikatakan selama 350 tahun di Kepulauan Indonesia sebenarnya tidak lebih dari mitos politik belaka yang tidak bisa bertahan melawan ujian kebenaran sejarah. Dalam buku klasik ini Resink membuktikan sebenarnya Belanda tidak menjajah Indonesia selama 350 tahun, tetapi yang menjadi pernyataan mengapa hal tersebut masih tertulis di dalam buku-buku sejarah di sekolah  dan sering di sebut dalam pidato-pidato.

3. Keunggulan Buku.

Buku ini sangat berguna bagi generasi milenial untuk  meluruskan dan membenarkan sejarah bangsa, bahwa yang sebenarnya terjadi, Bangsa Indonesia  tidak pernah dijajah oleh Belanda selama 350 tahun.

4. Biografi Pengarang.

G.J. Resink Lahir di Yogjakarta 11 Oktober 1911, adalah penyair, eseis dan sarjana Indonesia. Resink berasal dari keluarga keturunan Indo. Pada tahun 1950 Resink menjadi warga negara Indonesia dan bertempat tinggal di Jakarta. Tahun 1947-1976 menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia sampai akhir hayatnya.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.