Resensi Buku : Dwitunggal Soekarno-Hatta Pahlawan Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Oleh:  Saman

  1. Identitas Buku.

a. Judul Buku                   : Dwitunggal Soekarno-Hatta Pahlawan Proklamator  Kemerdekaan Indonesia.

b. Penyusun                      : Tugiyono KS, Sutrisno Kutoyo, dan Ratna Evi.

c. Penerbit                         : PT. Mutiara Sumber Widya.

d. Tahun terbit                   : 1998.

e. Jumlah halaman          : vi + 157 halaman.

2. Isi Resensi

Buku ini  terdiri dari 7 bab, dimana bab I menceritakan biografi Ir. Soekarno (6 Juni 1901 s.d. 21 Juni 1970) yang terbagi atas:  Masa kecil dan masa remaja, masa kuliah di THS Bandung, masa perjuangan, masa pembuangan perjuangan selama masa Pendudukan Jepang, dan Soekarno-Hatta sebagai Proklamator.

Bab 2 menceritakan biografi Drs. Mohammad Hatta (12 Agustus 1902 s.d. 14 Maret 1980) yang terbagi atas: Masa kanak–kanak dan remaja, peranan Hatta dalam Perhimpunan Indonesia, Hatta memimpin Pendidikan Nasional Indonesia, masa pembuangan Digul dan Bandan Naira, peranan Hatta selama masa Pendudukan Jepang, dan Hatta menjadi Wakil Presiden.

Bab 3 menceritakan peristiwa Rengasdengklok yang terjadi karena perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda mengenai waktu yang tepat  untuk memproklamasi Kemerdekaan.

Bab 4 membahas penyusunan Naskah Proklamasi oleh beberapa tokoh penting nasional, yakni Soekarno, Moh. Hatta, dan Achmad Soebardjo serta diketik oleh Sayuti Melik.

Bab 5 menguraikan peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB oleh Soekarno-Hatta di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.

Bab 6 menjelaskan dinamika hubungan politik  antara Soekarno dan Hatta. Kedua tokoh tersebut digambarkan mempunyai tujuan yang sama yaitu ketika Dwi Tunggal terbentuk setelah mereka bersatu dan menghilangkan perbedaan demi mencapai cita-cita bersama dan memimpin bangsa dalam gerbang Kemerdekaan Indonesia.

3. Kesimpulan.

Buku ini adalah menceritakan  fakta sejarah dua tokoh Pahlawan Proklamator Kemerdekaan Indonesia Soekarno-Hatta. Dari kedua pribadi Pejuang Bangsa tersebut, kita mendapatkan nilai-nilai kepahlawanan dan nilai-nilai luhur, seperti rela berkorban, cinta bangsa dan tanah air, serta jiwa persatuan dan kesatuan. Buku ini sangat cocok untuk dibaca semua kalangan, baik intelektual maupun kaum milenial. Dengan ditulisnya buku ini, penulis berharap kita sebagai generasi penerus bisa meniru semangat juang para pahlawan kita, dengan berkontribusi terhadap perkembangan  Bangsa Indonesia.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.