Kronik TNI Desember 2020

1 Desember 2020  (Kompas)

Pasukan TNI.

Mengikuti apel gabungan di Wamena, Papua, Senin (30/11/2020). Apel gabungan diikuti TNI, Polri serta unsur terkait tersebut untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Jaya Wijaya, Papua.

1 Desember 2020   (Media Indonesia)

Jokowi Instruksikan Usut Kasus Sigi.

Presiden Jokowi mengutuk aksi teror yang terjadi di Sigi, Sulawesi Tengah, pada Jumat (27/11) yang dilakukan gerombolan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.   Mereka membunuh 4 orang serta membakar delapan rumah dan satu rumah yang dijadikan tempat ibadah di Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolom, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.   Presiden menginstruksikan kepada Kapolri untuk membongkar jaringan pelaku dan menindak tegas mereka.   Kepala Negara juga telah memerintahkan kepada Kapolri dan Panglima TNI untuk meningkatkan kewaspadaan.   Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan Mabes TNI akan menerjunkan pasukan khusus untuk membantu Satgas Tinombala dalam memburu gerombolan MIT.

2 Desember 2020   (Kompas)

TNI/Polri Gandeng Tokoh untuk Beri Pemahaman.

 Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Kepolsian Negara RI Brigadir Jenderal (Pol) Awi Setiyono, Selasa (1/12/2020), di Jakarta, mengatakan, pengejaran terhadap kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, dimaksudkan untuk meredam situasi setelah aksi pembunuhan dan pembakaran rumah warga di Lemban Tongoa, Sigi.   Selain itu aparat keamanan bersama forum kerukunan umat beragama dan tokoh keagamaan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa peristiwa itu tak terkait dengan agama.   Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI, Kolonel Sus Aidil, menyatakan, TNI memberangkatkan pasukan khusus dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma.

2 Desember 2020   (Media Indonesia)

Aparat Gencarkan Perburuan.

 Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Tinombala berjalan menyusuri perkampungan yang menjadi lokasi penyerangan oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Sigi, Sulawesi Tengah, kemarin.   Aparat TNI dan Polri yang tergabung dalam Operasi Tinombala terus mengejar para pelaku serangan pada Jumat (27/11) yang menewaskan warga.

7 Desember 2020   (Kompas)

Berita Foto.

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Panglima Kodam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman dan Kepala Biro Pengamanan Internal Divpropam Polri Brigjen (Pol) Hendra Kurniawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020), menunjukkan barang bukti terkait dengan penyerangan terhadap polisi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Kilometer 50.   Enam angota Front Pembela Islam tewas dalam peristiwa ini.

9 Desember 2020   (Kompas)

Penjagaan RS Polri Diperketat.

 Sejumlah personel TNI berjaga  di kawasan sekitar Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, saat enam  jenazah  anggota Front Pembela Islam (FPI) masih berada di rumah sakit tersebut, Selasa (8/12/2020).   Petugas forensik mengotopsi keenam jenazah sebelum dapat diambil pihak keluarga.   Anggota TNI dan Polri melakukan penjagaan dari dan menuju rumah sakit Polri Kramat Jati gedung forensik yang terletak di bagian belakang.

9 Desember 2020   (Media Indonesia)

Pilkada Taat Prokes.

 Anggota Kepolisian dan TNI melakukan sosialisasi Pilkada kepada pengguna jalan di Jalan Gresik, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.    Sosialisasi itu menghimbau masyarakat menggunakan hak suara dalam pilkada dengan menaati protokol kesehatan.

13 Desember 2020  (Media Indonesia)

Latihan Bersama.

 Taruna AAL tingkat III angkatan ke-67 memperagakan isyarat bendera dari atas KRI Bima Suci-945 saat mengikuti latihan bersama KRI Teluk Lada-521 di sekitar perairan Tual, Ambon, Maluku, kemarin.   Latihan bersama yang meliputi latihan passing exercise (berpapasan), flag hoist (isyarat bendera) yang merupakan bagian dari latihan praktik Kartika Jala Krida (KJK) 2020.

14 Desember 2020 (Kompas)

Kartika Jala Krida.

 Taruna AAL tingkat III angkatan ke-67 bersiap mengikuti latihan bersama KRI Teluk Lada-521 di atas KRI Bima Suci-945 di perairan Tual, Ambon, Maluku, Sabtu (12/12/2020).   Latihan bersama merupakan bagian dari latihan praktik Kartika Jala Krida (KJK) 2020 yang didukung Satgas Operasi Bima Suci 2020.

14 Desember 2020  (Kompas)

Jembatan “Bailey” Putus Diterjang Banjir.

 Warga bersama anggota TNI dari Koramil 27/Geureudong Pase, Aceh Utara, Aceh, Minggu (13/12/2020),  Jembatan Bailey penghubung antardesa dan kecamatan itu putus akibat diterjang banjir susulan yang kembali merendam lima kecamatan di Aceh Utara, Sabtu (12/12).

15 Desember 2020 (Kompas)

Berita Foto

 Sejumlah kerabat melayat almarhum Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Herman Asaribab yang tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (14/12/2020).   Mantan Pangdam XVII/Cenderawasih yang baru menjabat Wakil KSAD sejak 18 November 2020 meninggal karena sakit.

15 Desember 2020 (Media Indonesia)

Jenazah Wakil KSAD Dipulangkan ke Papua.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Letjen TNI Herman Asaribab meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, pukul 13.40 WIB.   Jenazah akan dikebumikan di tanah kelahirannya, Papua.   Herman merupakan putra asli Papua kelahiran 56 tahun yang lalu.   Ia lulus pendidikan Akademi Militer pada 1988 dari kecabangan Infanteri.

17 Desember 2020   (Media Indonesia)

Bantu Mendidik.

 Prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Ramil Tamil berdialog dengan anak-anak di SDN Inpres Skouw Mabo Distrik Mara Tami Kota Jayapura, kemarin. Pasukan TNI yang bertugas di perbatasan RI-PNG memberikan bantuan sebagai tenaga pendidik di sekolah tersebut. Para prajurit bertekad untuk mencerdaskan anak-anak di perbatasan negeri.

18 Desember 2020   (Media Indonesia)

Penutupan Kafe.

 Petugas gabungan Pemerintah Kota DKI Jakarta yang terdiri atas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, dan Polri menyegel permanen Kafe Kilo Kitchen & Lounge di kawasan Senopati, Jakarta, Kemarin.  Pemprov DKI Jakarta menutup secara permanen Kafe Kilo Kitchen & Lounge.   Penutupan itu buntut adanya pengunjung yang tertangkap tangan petugas kepolisian membawa narkoba beberapa waktu lalu.

24 Desember 2020   (Media Indonesia)

21 Tentara Diperiksa Terkait Yeremia.

 Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat (Puspomad) memanggil 21 personel Yonif 400/BR terkait kematian Pendeta Yeremia Zanambani. Pemeriksaan itu menindaklanjuti hasil investigasi Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) Intan Jaya dan dibantu Polda Papua. Pemanggilan terhadap 21 personel Yonif 400/BR itu berdasarkan surat Danpuspomad 3 Desember 2020 kepada Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III).   Surat itu sudah direspon Pangkogabwilhan III sebagai penanggung jawab operasi wilayah Papua.  

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.