Kronik TNI September 2020

1 September 2020  (Media Indonesia)

Parlemen Dukung KSAD Bertindak Tegas.

Sikap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memberikan sanksi tegas terhadap seluruh anggota TNI AD yang terlibat  dalam penyerangan Polsek Ciracas sudah tepat.   Selanjutnya reformasi TNI sangat mendesak untuk dituntaskan supaya kejadian serupa tidak terulang kembali.   Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Nasdem Willy Aditya mengemukakan hal tersebut kepada Media Indonesia kemarin,  “Langkah yang diambil KSAD sudah tepat untuk mengedepankan proses hukum sebelum mengambil tindakan pemecatan” ujarnya.

3 September 2020 (Media Indonesia)  

TNI Ganti Rugi Korban Ciracas dengan Dana talangan.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman  menyerahkan bantuan ganti rugi bagi korban penyerangan Polsek Ciracas, Jakarta Timur.   Tidak hanya itu Dudung yang datang ke posko pengaduan juga meminta maaf kepada masyarakat atas tindakan prajuritnya yang melakukan penyerangan dan perusakan di sekitar Jalan Raya Bogor, Ciracas, Jakarta Timur.   Dalam kunjungannya itu Dudung menjamin semua korban akan  menerima  ganti rugi secara menyeluruh, sehingga masyarakat diminta tidak khawatir.   Dudung mengaku dana yang digunakan untuk ganti rugi merupakan dana talangan dari TNI.  Hal itu disebabkan ganti rugi materi atas kerusakan yang dialami masyarakat sangat mendesak dan penting untuk segera dilakukan.   Nantinya para pelaku kerusakan wajib mengganti dana talangan tersebut.

3 September 2020 (Media Indonesia)

Kepedulian TNI di Perbatasan.

Prajurit TNI dari Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 125/Simbisa memberikan buku cerita yang menarik saat menghadirkan perpustakaan keliling untuk anak-anak di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua (Senin 31/8).  Perpustakaan Keliling milik TNI tersebut untuk menumbuhkan minat membaca anak-anak perbatasan Papua dan sebagai wujud kepedulian Satgas terhadap dunia pendidikan dalam membantu mencerdaskan generasi penerus bangsa.

4 September 2020 (Media Indonesia)

TNI AD Tetapkan 29 Prajurit Jadi tersangka.

Polisi Militer TNI Angkatan darat telah menetapkan 29 prajurit dari sejumlah kesatuan sebagai tersangka dalam kasus penyerangan Polsek Ciracas.   “Yang sudah dinaikkan statusnya sebagai tersangka dan diajukan penahanan sebanyak 29 personel” ungkap Komandan Pusat Polisi Militer TNI AD (Danpuspomad) Letjen Dodik Wijanarko di Jakarta, kemarin.   Sejak penyidikan dimulai 29 Agustus, pihaknya telah memeriksa 51 prajurit dari 19 kesatuan.   Perusakan Kantor Polsek Ciracas, Jakarta Timur, terjadi pada Sabtu (29/8) dini hari. Aksi tersebut diduga berawal dari kabar bohong anggota satuan Direktorat Hukum TNI-AD Prada M Ilham yang mengalami kecelakaan sehari sebelumnya.

5 September 2020 (Media Indonesia) 

SIM Gratis Sinergi TNI-Polri.

Kasat Lantas AK Radhika Angga Rista menyerahkan simbolis surat izin mengemudi (SIM) kepada prajurit Detasemen Arhanud-001/CSBY di Polres Lhokseumawe, Aceh, kemarin. Satlantas Polres Lhokseumawe memberikan kado menjelang HUT ke-75 TNI berupa pembuatan SIM A dan SIM C gratis bagi prajurit TNI.

8 September 2020 (Kompas)     

Kejahatan berkelompok.   Rabu, TNI AD Beberkan Kasus Ciracas.

Dalam Konferensi Pers, Kamis (3/9/2020) terkait penyerangan di Ciracas dan Pasar Rebo, Polisi Militer TNI Angkatan Darat menetapkan 29 tersangka dari total 51 orang yang telah diperiksa.   Para tersangka itu berasal dari 19 satuan yang berbeda.   Selain itu 21 orang masih diperiksa untuk mendapatkan keterangan lebih lengkap, satu orang lagi hanya sebagai saksi.  Komandan Polisi Militer (POM) TNI AD Mayor Jenderal Edy Rate Muis mengatakan ada juga terduga pelaku dari TNI Angkatan Laut sebanyak 7 orang dan TNI Angkatan Udara 1 orang. Penyerangan di Ciracas dan Pasar Rebo mengakibatkan sejumlah polisi dan warga sipil terluka.  Selain itu terjadi juga kerusakan pada harta benda warga di jalan, mobil serta beberapa bagian gedung di Polsek Ciracas dan Polsek Pasar Rebo, Kepolisian Resor Metropolitan Jakarta Timur.

10 September 2020 (Media Indonesia)

Menhan dan Panglima di DPR.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berbincang dengan   Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelum mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR yang membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga Kemenhan dan TNI Tahun Anggaran 2021 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.  Hadir pula KSAD Jenderal Andhika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

11 September 2020 (Media Indonesia)

Serah Terima Satuan Kopassus.

Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI-AD yang baru Brigjen Mohammad Hassan dan pejabat lama Mayjen I Nyoman Cantiasa mengikuti upacara serah terima pasukan Kopassus di Mako Cijantung, Jakarta, kemarin.   Mayjen I Nyoman Cantiasa digantikan Brigjen Mohammad Hasan karena dipercaya menjadi Panglima Kodam XVIII di Papua Barat.

11 September 2020      (Kompas)

HUT TNI Angkatan Laut.   Tantangan ke Depan, Penguatan Sistem Senjata Armada Terpadu.

Kekuatan armada kapal perang, pasukan Marinir, pesawat udara, dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu atau SSAT merupakan keunggulan khas yang dimiliki TNI Angkatan Laut.  Tantangan terbesar TNI AL ke depan adalah melakukan penguatan dan modernisasi SSAT. “SSAT sekaligus menjadi pilar pendukung interoperabilitas trimatra terpadu TNI” kata Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 TNI AL di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta, Kamis )10/9/2020).   Yudo mengatakan sekalipun memiliki peran, fungsi serta kekhasan masing-masing, semua komponen SSAT merupakan satu kesatuan yang utuh dalam pelaksanaan tugas pertahanan dan keamanan di laut.

12 September 2020 (Kompas)   

TNI AD Berikan Ganti Rugi bagi Pemilik Sepeda Motor dan Gerobak.

Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi mengganti kerugian sepeda motor dan gerobak milik warga yang tertabrak kendaraan tempur milik Batalyon Kav 4/Tank Kodam III/Siliwangi.   Permintaan maaf dan ganti rugi sudah disampaikan.   Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Infanteri FX Sri Wellyanto Kasih, Jumat (11/9/2020), mengatakan, kecelakaan terjadi di pertigaan Pasar Rajamandala atau Jalan Raya Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa barat, Kamis pukul 11.00. 

12 September 2020 (Media Indonesia)

Belajar Bersama Satgas Pamtas.

Seorang anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/Yudha Sakti membimbing anak usia SD yang sedang mengikuti ujian bahasa Inggris di Pos Kotis Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kemarin.   Bimbingan belajar bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah di perbatasan Badau tertsebut akan diselenggarakan selama sembilan bulan.

13 September 2020 (Media Indonesia)

Dialog Dengan Prajurit.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berbincang santai dengan prajurit saat kunjungan kerja ke Batalyon Infanteri Raider 700/Wira Yudha Cakti, Kodam XIV/Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (11/09) malam.   Panglima TNI mengungkapkan merasa bangga berada di tengah prajurit Yonif Raider 700 yang penuh semangat dan percaya diri, yang sebentar lagi akan berangkat tugas ke Papua.

15 September 2020  (Media Indonesia)

Sosialisasi Protokol Kesehatan Warga di Pulau Terluar.

Prajurit TNI Kodam Iskandar Muda melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada penumpang dan ABK kapal kayu yang baru tiba dari pulau terluar Ulee Lheue, Banda Aceh, Aceh, kemarin.   Sosialisasi protokol kesehatan tersebut mengajak dan mengimbau warga dari pulau terluar untuk disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun saat beraktivitas di luar rumah.

15 September 2020 (Media Indonesia)

Patroli Pamtas Indonesia-Malaysia.

Tiga anggota Satgas Pamstas-RI-Malaysia dari Yonif 133/Yudha Sakti berpatroli di perbatasan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, akhir pekan lalu.   Patroli tersebut dilaksanakan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/Yudha Sakti jelang purna tugas di Kalimantan Barat sebelum kembali ke Kodam I/Bukit Barisan pada pekan depan.

17 September 2020 (Kompas)   

TNI AD Tingkatkan Pembinaan Prajurit.

Belajar dari kasus penyerangan Markas Polsek Ciracas, Jakarta Timur, TNI Angkatan darat meningkatkan pembinaan terutama terhadap prajurit yang bertugas bukan di batalyon.   Dari total tersangka 57 orang, ada 21 orang orang itu yang tugasnya sebagai pengemudi, ” kata Komandan Pusat Polisi Militer TNI AD, Letnan Jenderal Dodik Wijanarko dalam konferensi pers Rabu (16/9/2020).   Dodik mengatakan tersangka yang berasal dari 25 satuan itu banyak yang bertugas melayani pejabat, diantaranya sebagai pengemudi.

18 September 2020 (Media Indonesia)  

Aparat TNI/Polri Mulai Awasi Perkantoran.

Pengawasan protokol kesehatan di perkantoran pada pembatasan sosial Berskala besar (PSBB) di Ibu Kota dijamin akan lebih agresif. Dalam pelaksanaannya Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Disnakertrans) DKI Jakarta akan didampingi aparat TNI dan Polri.    Petugas tidak hanya mengawasi di depan gedung seperti pemeriksaan suhu atau pemakaian masker dan protokol jaga jarak di elevator.   “Mereka juga bisa masuk ke gedung perkantoran, melihat apakah ada jaga jarak di dalam kantor, apakah jumlah karyawan sudah memenuhi 25 % atau 50 % sesuai jenis perusahaan,” kata Ariza, kemarin.

18 September 2020 (Kompas)   

Gangguan Keamanan.   Serangan Bersenjata Berulang di Intan Jaya.

Serangan bersenjata yang menewaskan individu berulang di Kabupaten Intan Jaya, Papua.   Pada serangan Kamis (17/9/2020) di dua lokasi Distrik Sugapa, satu pengemudi ojek dan satu prajurit TNI Angkatan Darat tewas.   Senin lalu, dua pengemudi ojek juga tewas ditembak di distrik yang sama. Serka Sahlam tewas ditembak dan diserang menggunakan senjata tajam ketika dalam perjalanan bersama tujuh rekannya dari daerah Sugapa menuju distrik Hitadipa pada pukul 14.18 WIT. Menurut Komandan Resor Militer 173/Praja Vitra Tama (PVT) Brigadir Jenderal TNI Iwan Setiawan, para pelaku menghadang Sahlan dan tujuh rekannya dengan melepaskan tembakan dari lima titik di daerah ketinggian.   Sahlam yang berada di barisan terdepan terkena tembakan di lengan bagian kiri dan terjatuh dari sepeda motornya.   Lalu kemudian diserang lagi.

18 September 2020 (Kompas)   

Serah Terima Satuan Kopassus.

Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI Angkatan Darat yang baru, Brigadir Jenderal Mohammad Hasan berbincang dengan Mayor Jenderal I Nyoman Cantiasa dalam upacara serah terima satuan Kopassus di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta, Kamis (10/9/2020).   Brigjen Mohammad Hasan menggantikan Mayjen I Nyoman Cantiasa yang kini dipercaya menjadi Panglima Komando Daerah Militer XVIII/Kasuari di Papua Barat.

21 September 2020 (Media Indonesia)

Kepulangan Satgas Pamtas RI-Malaysia.

Sejumlah prajurit Yonif 133/Yudha Sakti berbaris  sebelum menaiki kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kalimantan Barat, kemarin.   Sebanyak 450 prajurit Yonif 133/Yudha Sakti dari Kodam I/Bukit Barisan dipulangkan dengan menggunakan KRI Teluk Hading seusai bertugas di 19 pos pengamanan perbatasan RI-Malaysia di sektor timur Kalbar selama sembilan bulan.

23 September 2020 (Kompas)   

TNI dan PMI Kerja Sama Pasok Stok Darah.

Untuk tingkatkan pasokan darah Palang Merah Indonesia, Tentara Nasional Indonesia yang akan memperingati HUT ke-75 pada 5 Oktober 2020 mengadakan donor darah bekerja sama dengan PMI. Kegiatan bersamaan dengan  pembagian 10.000 paket sembako di GOR Ahmad Yani Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Selasa (22/9/2020).

24 September 2020  (Media Indonesia)

Tim Khusus Penindak Prokes Covid-19.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman memperlihatkan rompi Tim Penindak Protokol Kesehatan Covid-19 saat apel Timsus Penindak Protokol Kesehatan Covid-19 dan Penegak Disiplin Berbasis Komunitas Ojek Online di kantor Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.

26 September 2020 (Media Indonesia)

Personel TMMD Dengan Protokol Kesehatan.

Personel TNI bersama warga membangun jalan saat pelaksanaan TNI Manunggal Desa (TMMD) di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung Kendal, Jawa Tengah, kemarin.   TMMD Reguler ke 109 Tahun 2020 Kodim 0715/Kendal kali mengecor akses jalan sepanjang 1.200 meter dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

27 September 2020      (Kompas)

Pelepasan Pelayaran Kartika Jala Krida AAL.

Taruna Akademi Angkatan Laut melambaikan tangan kepada rekan mereka tingkat III angkatan ke-67 yang meninggalkan Dermaga Komando Armada II, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/9/2020), untuk megikuti Latihan Teknik Pelayaran Muhibah Kartika Jala Krida 2020 dengan KRI Bima Suci.   Mereka akan berkeliling Indonesia dengan total jarak tempuh 9.910 nautical mile (18.365 kilometer) selama 98 hari dengan protokol kesehatan yang ketat.

28 September 2020 (Media Indonesia)

Energi Surya Dukung Penjagaan Pos Batas Negara,

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki perbatasan dengan sejumlah negara, baik di darat maupun di laut.   Hal ini menunjukkan bahwa perbatasan Indonesia memiliki potensi terjadinya berbagai masalah nasional, seperti gesekan yang berasal dari luar negeri yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dalam negeri.  Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat berperan dalam menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhqan wilayah NKRI.   Saat ini TNI memiliki banyak pos penjagaan di seluruh pelosok Nusantara. Dalam menjalankan pos-pos tersebut diperlukan penyediaan energi yang berkelanjutan.   Untuk itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan TNI dalam penyediaan energi untuk menunjang aktivitas pos penjagaan TNI, yakni melalui pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) yaitu tenaga surya.  Panglima TNI melalui surat dinas kepada Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) mengucapkan  terima kasih atas dukungan dan kerja sama kedua pihak sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan aman.  Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh TNI yang bertugas di pos jaga setempat, seperti para TNI di pos jaga Pujungan, Kalimantan Utara

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.