Kronik TNI Juli 2020

2 Juli 2020    (Kompas)

Latihan Perang, Gerak Cepat Prajurit Kopaska di Pulau Damar.

Demi menjaga kedaulatan negara di tengah krisis pandemi covid 19, Kopaska tetap mempertajam kemampuannya. Mereka terus meningkatkan kemampuan dalam melakukan terjun payung, pendekatan melalui permukaan air laut.  Latihan tempur dilakukan di Pulau Edam atau Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (30/6/2020). Dalam pertempuran tersebut, prajurit Kopaska juga berlatih menghancurkan segala rintangan yang ada dengan beberapa ledakan.   Dalam latihan ini, Kopaska juga menyematkan brevet kehormatan kepada Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono. Heri terlibat langsung dalam latihan ini dengan menjadi pemimpin pertempuran. 

9 Juli 2020    (Media Indonesia)

Draf Perpres Pelibatan TNI Sedang Dibahas.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan pemerintah masih membahas draf Peraturan Presiden (Perpres) tentang keterlibatan TNI dalam menangani aksi terorisme.   Menurutnya hal ini sedang diolah agar menjadi proporsional.

10 Juli 2020  (Media Indonesia)

Aksi Panah Reaksi.

Prajurit Korps Marinir melakukan aksi panah reaksi saat lomba pembinaan satuan (binsat) Batalyon Unggul Brigif 2 Marinir di lapangan Jungle Archery Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin.

13 Juli 2020  (Media Indonesia)

Pembatasan di Sekitar Secapa TNI-AD masih Dikaji.

Pemerintah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, masih mengkaji opsi Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) bagi masyarakat di sekitar kawasan sekolah Calon perwira (Secapa) TNI Angkatan Darat (AD) yang menjadi klaster baru covid 19.  Sekretaris Daerah Kota Bandung Erma Sumarna mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Cidadap untuk opsi tersebut karena pembatasan itu bisa saja dilakukan di seluruh kecamatan atau hanya dikawasan Secapa TNI AD.

15 Juli 2020  (Media Indonesia)

165 Anggota TNI di Jabar Sembuh.

Sebanyak 165 dari 1.280 prajurit TNI yang terinfeksi virus korona baru atau covid 19 di kompleks militer di Bandung dan Cimahi, Jawa Barat, mulai sembuh dan negatif korona. Pasien lainnya masih dirawat dan tidak satupun yang menderita gangguan kesehatan berat.   Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid 19 Jawa Barat Berli Hamdani di Bandung, kemarin menjelaskan saat pertama kali diketahui terjadi penyebaran covid 19 di kompleks militer pada 25 Juni lalu, prajurit TNI AD di dua klaster langsung menjalani tes sehingga mereka yang terinfeksi segera ditangani.   Hal serupa dilakukan kepada masyarakat sipil disekitar kompleks militer yang menjadi klaster baru covid 19.

15 Juli 2020  (Media Indonesia)

Pelantikan Perwira, Jadikan Krisis Momentum Perkukuh Persatuan.

Presiden Joko Widodo meminta seluruh rakyat Indonesia terutama perwira  remaja TNI-Polri untuk tidak menyerah dalam peperangan melawan covid 19. Krisis akibat pandemi korona, menurutnya, justru harus dijadikan momentum untuk memperkuat kepedulian dan kegotongroyongan. “Sebagai bangsa pejuang, kita bukan hanya harus mampu mengatasi permasalahan akibat pandemi, melainkan harus memanfaatkan pandemi ini untuk memperkukuh kekuatan bangsa dan melakukan lompatan-lompatan kemajuan, “ujar Jokowi saat melantik perwira remaja di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

16 Juli 2020  (Media Indonesia)

101 Prajurit Pusdikom Sembuh.

Sebanyak 101 prajurit TNI di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Cimahi, Jawa Barat, yang terinfeksi virus korona baru (covid 19) dinyatakan sembuh. Meski demikian, tracing atas penularan virus korona di lingkungan Pusdikpom itu terus dilakukan.   Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan para prajurit dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes swab yang dilakukan terakhir.

23 Juli 2020  (Media Indonesia)

Publik Lebih Percaya TNI-Polri, KPK Koreksi Internal.

Hasil survei terbaru yang menempatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada urutan keempat raihan kepercayaan publik, di bawah TNI, Presiden dan Polri. Padahal sebelumnya KPK hampir selalu mendapatkan kepercayaan publik paling tinggi.  Dalam survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis, Selasa (21/7), memperlihatkan tingkat kepercayaan kepada lembaga antikorupsi berada di bawah TNI dan Polri. Dalam survei itu, TNI mendapatkan skor 88%, Presiden 79,1 %, Polri 75,3 % dan KPK 74,7 %.

24 Juli 2020  (Media Indonesia)

Jet Tempur Bekas Bebani Alutsista.

Desakan agar Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mengurungkan rencana membeli 15 pesawat tempur eks Austria, Eurofighter Thypoon, berdatangan dari banyak pihak.   DPR juga meminta pemerintah mempertimbangkan secara matang.   Anggota Komisi DPR Dave Laksono menilai rencana Kemenhan membeli jet tempur eks Austria tidak melanggar UU Industri Pertahanan.   Apalagi Indonesia sudah memiliki perjanjian kerja sama bidang pertahanan dengan Austria. Meski begitu, Kemenhan harus mempertimbangkan secara matang, karena pesawat tersebut belum pernah dimiliki Indonesia.

24 Juli 2020  (Media Indonesia)

Latihan dengan Singapura.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melaksanakan telekonferensi video dengan Pangllima Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) Jenderal Melvyn Ong membahas latihan dan kerja sama militer kedua negara, di Jakarta, kemarin.   Jenderal Melvyn Ong menyambut baik latihan dan kerja sama antara TNI dan SAF yang telah terjalin selama ini.  Setelah pandemi covid 19 berakhir, latihan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan sesuai rencana.

25 Juli 2020  (Media Indonesia)

Latihan Tugas Tempur TNI AL.

Prajurit Korps Marinir TNI-AL melakukan infiltrasi di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau, kemarin.  Kegiatan tersebut merupakan bagian dari manuver lapangan (manlap) Geladi Tugas Tempur Tingkat III (L-3) Koarmada, I, Latihan Pendaratan Amfibi, dan pengangkatan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono sebagai warga kehormatan Korps Marinir.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.