Kronik TNI Juni 2020

2 Juni 2020  (Media Indonesia)

TNI Atasi Terorisme Perlu Putusan Politik.

Pelibatan TNI untuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP), salah satunya dalam mengatasi aksi terorisme, semestinya baru dapat dilakukan bila sudah ada keputusan politik negara.  Keputusan politik negara yang dimaksud dalam Undang-Undang TNI adalah keputusan presiden dengan konsultasi DPR.   Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi PAN Yandri Susanto mengatakan pada dasarnya tidak masalah adanya perpres pelibatan TNI unutk menangani terorisme.  Hal itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.   Meski begitu keterlibatan TNI harus diatur agar tidak timbul kesalahan penanganan  atau tumpang tindih kewenangan.

3 Juni 2020  (Media Indonesia)  

Sertijab Pangkoarmada.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menyerahkan bendera pataka kepada Panglima Koarmada I Laksamana Muda Ahmadi Heri Purwono saat sertijab di Mabes, Cilangkap, Jakarta, kemarin.   Laksamana Muda Heri Purwono resmi menjabat Panglima Koarmada I menggantikan Laksamana Muda Muhammad Ali yang selanjutnya mengisi jabatan Asisten Perencanaan dan Anggaran KSAL.

3 Juni 2020  (Media Indonesia)  

Pelibatan TNI Dilakukan Selektif.

Pengerahan militer dalam menangani terorisme tak boleh serampangan.  Selain harus diawasi secara ketat, kasus-kasus yang penanganannya melibatkan TNI harus dipilih secara seksama. “TNI sebenarnya dibutuhkan dalam penanganan terorisme. Namun sifatnya hanya membantu, khususnya di daerah-daerah tertentu yang memiliki medan berat seperti hutan belantara” kata Koordinator Peneliti Imparsial, Ardimanto Ardiputra melalui keterangan tertulis, kemarin.

3 Juni 2020  (Kompas)

Keamanan Papua, Satgas TNI/Polri Buru Kelompok Bersenjata.

Satuan Tugas Gabungan TNI/Polri dikirim ke Distrik Wandai, Kabupaten Intan Jaya, Papua untuk memburu kelompok kriminal bersenjata.  Kelompok ini menyerang dua warga hingga tewas dan melukai seorang warga.   Kepala Polda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw menyatakan, Satgas Pinang Sirih dan Satgas Penegakan Hukum, terdiri dari anggota Polri, disiapkan untuk menghadapi kelompok kriminal bersenjata yang membangun basis di Wandai.  Paulus mengatakan belum diketahui asal daerah anggota KKB yang menembak tiga warga sipil di Wandai.   Diduga para pelaku juga terlibat dalam perampasan tiga pucuk senjata milik anggota polisi di Kampung Ndeotadi, Kabupaten Paniai, pada 15 Mei 2020.

7 Juni 2020  (Media Indonesia)  

Kecelakaan, Helikopter Milik TNI AD Jatuh, 4 Perwira Gugur.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Nefra Firdaus mengatakan musibah jatuhnya heli dengan nomor registrasi HA5141 diketahui sekitar pukul 13.40 WIB, kemarin, “Penyebab jatuhnya helikopter Mi-17 TNI AD masih dalam proses investigasi” ujar Nefra.  Menurutnya heli yang dinyatakan laik terbang membawa Sembilan kru untuk melaksanakan misi latihan di Pusat Pendidikan Penerbangan TNI AD, Semarang, Jawa Tengah.   Latihan itu merupakan bagian dari program pendidikan calon penerbang.

7 Juni 2020  (Media Indonesia)  

Patroli Gabungan.

Petugas gabungan TNI-Polri melakukan patroli serta mengimbau warga untuk mengikuti protokol kesehatan di Pasar Lima, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kemarin.   Patroli itu memberikan imbauan serta edukasi tentang protokol kesehatan Covid-19 yang menjadikan prosedur tatanan kenormalan baru di tempat-tempat keramaian.

8 Juni 2020  (Media Indonesia)  

Sudah 2 Kali Insiden Heli MI-17 DPR Minta Investigasi Intensif.

Kementerian Pertahanan dan TNI perlu menginvestigasi secara insentif kecelakaan helikopter MI-17 di Kendal Jawa Tengah, Sabtu (6/6), Pasalnya pesawat angkut buatan Rusia milik TNI AD serupa juga pernah mengalami kejadian nahas di Oksibil, Papua.   “Kalau ada dua kejadian sebelumnya di Oksibil dimulai dengan kehilangan kontak, tampaknya tidak mungkin dengan yang di Kendal,  Ini perlu penyelidikan mendalam”, kata anggota Komisi I DPR Willy Aditya.   Menurutnya, helikopter yang tercatat dalam alutsista TNI AD itu merupakan hal penting penunjang operasi pasukan sehingga Kemenhan dan TNI harus benar-benar memastikan kelaikannya.

8 Juni 2020  (Media Indonesia)  

Sanksi Bagi Pelanggar.

Seorang warga menerima sanksi mengucapkan Pancasila karena tidak menggunakan masker saat beraktivitas di Pasar Sentra Antasari, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kemarin.  Anggota TNI terus melakukan patroli di tempat umum untuk mendisiplinkan warga dalam penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19.

8 Juni 2020 (Kompas)      

Helikopter Jatuh, Investigasi Mendalam Diperlukan.

Investigasi mendalam terhadap insiden jatuhnya helikopter MI-17 di Kendal Jawa Tengah, akhir pekan lalu, perlu dilakukan TNI Angkatan Darat.  Investigasi tersebut penting bukan saja karena helikopter tersebut tergolongdalam jajaran persenjataan baru, melainkan juga karena telah banyak insiden terkait helikopter angkut ini.   Pada hari Sabtu (6/6), helikopter MI-17 yang sedang melakukan misi latihan terbang kedua jatuh di Kaliwungu, Kendal, Jateng.   Heli ini jatuh setelah terbang selama 1 jam 5 menit di lokasi berjarak 3,5 menit di lokasi yang berjarak 3,5 kilometer dari gerbang kawasan Industri Kendal.   Empat penerbang meninggal dalam kecelakaan tersebut, sementara lima orang lainnya terluka dan dirawat di rumah sakit.

13 Juni 2020 (Media Indonesia)

Korem 101 Antasari Banjarmasin Menjadi Tipe A.

Setelah Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan, kini Komando Resor Militer (Korem) 101 Antasari Banjarmasin mengalami peningkatan status tipe B menjadi tipe A.   Korem 101 Antasari Banjarmasin, kini dipimpin seorang jenderal bintang satu (brigjen).  Peralihan status Korem 101 Antasari dari tipe B menjadi tipe A juga ditandai dengan  perubahan kepangkatan Komandan Korem (Danrem) dari kolonel menjadi brigadir jenderal.

15 Juni 2020 (Kompas)  

Pelibatan TNI Atasi Terorisme.

Banyak negara demokrasi menerapkan pola criminal justice system dalam mengatasi terorisme, dalam batas dan kondisi tertentu khususnya kedaruratan. Di Indonesia, secara hukum, pelibatan militer dalam mengatasi terorisme juga dimungkinkan sesuai UU No 34/2004 tentang TNI.  Secara praktik langkah itu dilakukan di Poso.  Menurut Pasal 7 Ayat 2 dan Ayat 3 UU TNI, militer dapat menjalankan tugas operasi militer selain perang, yang salah satunya mengatasi terorisme, dengan dasar keputusan politik negara.   Keputusan politik negara adalah kebijakan pemerintah bersama DPR, dirumuskan melalui mekanisme hubungan kerja pemerintah-DPR (penjelasan  Pasal 5 UU TNI).

16 Juni 2020 (Media Indonesia)  

Menimpa Rumah Warga.

Asap membumbung dari pesawat tempur BAE Hawk 209 milik TNI AU jatuh dan terbakar di permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya, Siak Hulu, Kampar, Riau kemarin.   Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.   Pilot bernama Lettu Pnb Apriyanto Ismail berhasil keluar dengan kursi pelontar.

16 Juni 2020 (Media Indonesia)

DPR Desak Audit Alutsista TNI.

DPR mendesak Kementerian Pertahanan untuk mengaudit alat utama sistem senjata (alutsista) yang dimiliki TNI.   Itu penting dilakukan sebagai bagian dari penguatan sistem pertahanan nasional.   Anggota  Komisi I DPR, Willy Aditya, menyatakan hal tersebut terkait dengan jatuhnya pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 209 di permukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, kemarin.

17 Juni 2020 (Media Indonesia)  

Perawatan Alutsista Harus Jadi Perhatian Kemenhan.

Peristiwa jatuhnya jet tembur BAE Hawk 209 milik TNI AU, Senin (15/6) yang waktunya berdekatan dengan jatuhnya helikopter MI-17 milik TNI AD menunjukkan ada masalah pada perawatan alat utama sistem senjata (alutsista) TNI yang harus menjadi perhatian Kementerian Pertahanan (Kemenhan).  “Perawatan sangat penting, mengingat alutsista kita saat ini banyak yang bermasalah, diantaranya karena sudah berumur dan minimnya suku cadang” kata anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha di Jakarta, kemarin.

17 Juni 2020 (Media Indonesia)

Patroli di Pusat Perbelanjaan.

Personel TNI berpatroli disalah satu pusat perbelanjaan  di Surabaya Jawa Timur, kemarin.   Patroli gabungan dikerahkan untuk memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid 19 di ruang publik selama transisi menuju kenormalan baru.

19 Juni 2020 (Media Indonesia)  

Kesiapan Kemenhan dan TNI.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Bersama dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengikuti rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.   Raker antara lain membahas kesiapan Kemenhan / TNI menghadapi bentuk ancaman keamanan baru di Indonesia, penyusunan peraturan pelaksana UU negara di bidang pertahanan dan kesiapan TNI dalam pelibatan tatanan kehidupan baru.

21 Juni 2020 (Media Indonesia)  

Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Bersama Kapolri Jenderal Idham Azis mengunjungi pusat perbelanjaan modern di Semarang, Jateng, kemarin.   Kunjungan di Kota Semarang itu untuk memastikan kesiapan personel TNI-Polri dalam mengawal penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19.

24 Juni 2020 (Media Indonesia)

Latihan Peperangan Laut Khusus.

Sejumlah anggota Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) melakukan latihan khusus di kompleks Dermaga Pondok Dayung Koarmada 1, Jakarta, kemarin.   Latihan Peperangan Laut Khusus ini guna meningkatkan profesionalisme prajurit Satkopaska Koarmada 1 dalam menjaga wilayah laut Negara Kesatuan Republik Indonesia.

25 Juni 2020 (Media Indonesia)

Satu Gugur, KSAD Evaluasi Prajurit Perdamaian.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa akan mengevaluasi kesiapan para prajurit TNI yang hendak ditugaskan dalam misi perdamaian di luar negeri. Upaya tersebut dilakukan menyusul gugurnya satu prajurit TNI dalam misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Republik Demokratik Kongo.   Ada juga satu korban luka, yaitu Prajurit Satu (Pratu) Syafii Makbul, yang kini masih dalam perawatan intensif.  Mabesad lanjut Andika akan proaktif untuk memberi santunan kepada keluarga korban dengan menggandeng beberapa BUMN,   Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mendorong dilakukannya investigasi pada kasus gugurnya prajurit TNI di Kongo dengan memanfaatkan posisi Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

30 Juni 2020 (Media Indonesia)

Apel Gelar Pasukan. Pemimpin upacara yang juga Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada I Kolonel Laut (P) Johan Wahyudi memimpin jalannya apel gelar pasukan Latihan Peperangan Laut Khusus 2020 di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.   Latihan itu menjadi salah satu kesiapan operasional Satuan Kopaska dalam menjaga NKRI

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.