Kronik TNI Maret 2020

3 Maret 2020 (Media Indonesia)

Menunggu Hasil PCR.

KRI dr Soeharso yang membawa 69 WNI ABK Diamond Princess tiba di perairan sekitar Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, kemarin.   Ke-69 WNI itu masih harus menunggu hasil screening polymerase chain reaction (PCR) untuk memastikan mereka terbebas dari virus korona sebelum menjalani observasi di Pulau Sebaru Kecil.

7 Maret 2020 (Kompas)

Satgas Garuda Kembali ke Indonesia.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan selamat kepada anggota Satgas Garuda setelah upacara penerimaan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Jumat (6/3/2020).   Sebanyak 41 anggota Satgas Garuda kembali ke Indonesia setelah menjalankan misi membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Australia.

11 Maret 2020 (Kompas)

Pertahanan Negara Kepulauan.

Realisasi pertahanan negara kepulauan tentu tidak sederhana, apalagi murah.   Hal yang esensial adalah teknologi canggih dengan harga yang mahal dan awak yang mumpuni dan adaptif terhadap teknologi.   Kombinasi antara penggunaan hasil industri pertahanan dalam negeri serta pembelian dari luar negeri harus secara teliti dipadupadankan. Selain itu dua masalah pertahanan (pencurian ikan dan wabah korona) menunjukkan pertahanan bukan hanya tugas TNI, melainkan hasil sinergi banyak pihak. Selain peningkatan kemampuan TNI, perlu juga dibangun pertahanan kepulauan secara komprehensif.

12 Maret 2020 (Media Indonesia)

Airlangga Gaungkan Indonesia Emas di Sesko TNI-AD.

Di depan 450 perwira mahasiswa Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (AD), Airlangga Hartarto menyuarakan pentingnya melakukan akselerasi status Indonesia menjadi negara maju.   Upaya utama pemerintah ialah menggulirkan program Indonesia Emas 2045.   Lebih jauh dikatakan Airlangga, transformasi ekonomi ke depan ditujukan untuk memanfaatkan bonus demografi.   Komandan Seskoad Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara sepakat pertahanan dan ekonomi harus berjalan beriringan.   Setelah lulus, mahasiswa Seskoad diharap dapat membantu program-program ekonomi pemerintah untuk meningkatkan daya saing bangsa.

12 Maret 2020 (Media Indonesia)

Pemakaman Almarhum Serka Anumerta La Onge.

Putra almarhun Serka Anumerta La Onge memegang foto mendiang ayahnya saat prosesi pemakaman di Taman Makam Pahlawan Oputa Yikoo, Kota Baubau Sulawesi Tenggara, Selasa (10/3).   Almarhum Serka Anumerta La Onge merupakan anggota TNI AD Kodim 1710 Mimika Papua yang meninggal dunia saat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB), Mimika, Papua

13 Maret 2020 (Media Indonesia)

TNI-Polri Perketat Mimika.

Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi TNI-Polri dibantu jajaran Polda Papua memperketat pengamanan di permukiman penduduk di Kabupaten Mimika.   Langkah itu untuk mengantisipasi gangguan keamanan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB).  Aparat keamanan tidak akan mendiamkan KKB yang meresahkan penduduk setempat.   Jejak kelompok tersebut tengah ditelusuri dan diburu.   Polisi kerap kesulitan menindak KKB di empat kampung Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua.   Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan KKB kerap berdampingan dengan warga karena faktor kedekatan. Para anggota KKB juga kerap menggunakan keluarga yang berada di kampung untuk  digunakan sebagai tameng dari kejaran polisi.

14 Maret 2020 (Media Indonesia)

Tinjau Pos Perbatasan.

Kepala Staf Umum TNI Letjen Joni Supriyanto meninjau Pos Pengamanan Perbatasan Idnonesia Timur Leste di bawah penjagaan Batalyon Infanteri Raider 142/Ksatria Jaya yang berada di Motaain dan Solare, Atambua, Kabupaten Belu, NTT, kemarin.   Kasum TNI juga berdialog dengan prajurit unutk mengetahui permasalahan yang dialami prajurit saat melaksanakan tugas di perbatasan.

14 Maret 2020 (Media Indonesia)

TNI Dinilai Masyarakat Paling Terpercaya.

TNI, Lembaga Kepresidenan, dan Polri meraih simpati masyarakat sebagai institusi paling terpercaya dari sisi soliditas dan paling kuat.   Adapun lembaga lain seperti Komisi Pemberantasan (KPK) yang sebelumnya kerap meraih kategori penilaian ini turun ke peringkat ketiga.   Survei mencatat institusi TNI hari ini dianggap sebagai institusi paling kuat dengan nilai 82% , paling solid 80% dan paling bisa dipercaya 80 %.   TNI berhasil memperlihatkan kepada publik bahwa mereka paling solid dan kompak di bawah pimpinan Panglima TNI.   Selain itu TNI juga berhasil menahan diri untuk tidak ikut campur dalam proses politik dan urusan sipil.   Oleh sebab itu, publik merespons dengan menempatkan TNI sebagai institusi paling bisa dipercaya.

17 Maret 2020 (Media Indonesia)

Kesiapan Sarana Observasi.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan I) Laksdya Yudo Margono sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad TNI AD, AL, AU) Operasi Bantuan Kemanusiaan Natuna, meninjau kesiapan sarana dan prasarana pendukung yang akan digunakan sebagai tempat observasi WNI kru kapal MV Grand Princess dari Oakland, San Fransisco AS, bertempat di Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna, kemarin.   Observasi dilakukan untuk mengetahui apakah para WNI dari kapal pesiar itu bebas dari korona.

17 Maret 2020 (Media Indonesia)

Lebih Murah karena Prajurit TNI.

Apa bedanya pembangunan jalan yang dilakukan prajurit TNI dengan kontraktor? “Biaya yang dikeluarkan jika dikerjakan anggota TNI jauh lebih murah,” ungkap Bupati Cianjur, Jawa Barat, Herman Suherman, kemarin. Karena itu, Herman mengaku akan mendukung penuh kegiatan TMMD selanjutnya, sebab dampak positifnya bisa langsung dirasakan masyarakat.  

21 Maret 2020 (Media Indonesia)

Pantau Kepulangan WNI dari Malaysia.

Sejumlah anggota TNI bersiaga di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (19/3).   Walaupun PLBN Entikong dan Perbatasan Tebedu Serawak Malaysia telah resmi ditutup demi mencegah penyebaran Covid-19, petugas imigrasi, Custom dan Quarantina (ICQ) serta Kantor Karantina Pertanian (KKP) Entikong dan TNI/Polri bersiaga menerima kedatangan WNI yang pulang dari Malaysia ke Indonesia.

24 Maret 2020 (Media Indonesia)

TNI/Polri Paksa Warga  Jaga Jarak.

Pemerintah mengerahkan aparat keamanan, mulai TNI, Polri hingga Polisi Pamong Praja untuk membubarkan kerumunan di daerah-daerah demi mencegah penularan Covid 19.   Kini pun tengah digodok aturan yang memungkinkan memberi sanksi bagi pelanggar jarak fisik yang mensyaratkan jarak antar orang minimal 1 meter.   Menurut Mahfud, opsi jaga jarak yang diambil pemerintah untuk menanggulangi penyakit yang disebabkan virus korona sudah final.

31 Maret 2020 (Media Indonesia)

Sertijab DanPuspom TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyerahkan tongkat komando kepada Komandan Pusat Polisi Militer TNI yang baru Brigjen Eddy Rate Muis dalam serah terima jabatan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin.   Brigjen Eddy menggantikan Mayjen TNI Dedy Iswanto yang menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka memasuki masa pensiun.

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *