Kronik TNI November 2019

2 November 2019 (Media Indonesia)   

Kapolri Langsung Temui Panglima TNI

Baru saja dilantik pada pagi hari, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz menyambangi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, kemarin siang.  Pertemuan kedua pimpinan lembaga itu berlangsung tertutup. Pertemuan berlangsung selama satu jam. Idham dan Hadi kemudian keluar bersama-sama dari dalam kantor dan bersalaman.

7 November 2019 (Media Indonesia)   

Pengamanan Pilkada 2020 bakal Diperkuat.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap mengamankan pelaksanaan pemilu kepala daerah (pilkada) serentak 2020 yang berlangsung di 270 daerah.   Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan pengamanan Pilkada 2020 akan lebih diperkuat dari pengamanan pilkada serentak sebelumnya. “Berdasarkan pengalaman kegiatan kemarin, pilkada termasuk pilpres kita melakukan prediksi dan antisipasi, sehingga apa yang kita lakukan mulai sekarang bisa kita persiapkan kemungkinan apa yang akan terjadi,” ujarnya saat melaksanakan kerja sama dengan Komisi I DPR di Jakarta, kemarin.

8 November 2019 (Media Indonesia)   

Wakil Panglima belum Diperlukan.

Presiden Joko Widodo memutuskan menghidupkan kembali jabatan wakil panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 65/2019 tentang Susunan Organisasi TNI yang sudah diteken pada 18 Oktober 2019.   Juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, mengatakan penunjukkan wakil panglima TNI berkaitan dengan tugas prioritas presiden.   Sementara itu Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan posisi wakil panglima TNI akan diisi perwira tinggi berpangkat bintang empat. Menurutnya, para kepala staf angkatan berpeluang mengisi posisi wakil panglima TNI.

8 November 2019 (Media Indonesia)   

Era Komandan TNI berleha-leha di Kursi Empuk sudah Lewat.

Organisasi yang tidak responsif dengan tantangan dan ancaman baru akan tenggelam dan digilas perubahan.   Spektrum ancaman yang sangat kompleks pun tetap memerlukan organisasi yang adaptif.   Pernyataan itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dihadapan 566 perwira siswa Sesko AD, Sesko AL dan Sesko AU 2019, di Gedung Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat, Bandung, Jawa Barat, kemarin.   Diperlukan adanya perubahan mindset para perwira bahwa situasi saat ini sangat dinamis, cepat dan berubah dan membutuhkan respons tinggi.   Sudah bukan zamannya para komandan berleha-leha di kursi empuknya.

8 November 2019 (Media Indonesia)   

LKO Penanganan Konflik Sosial.

Anggota TNI membuat barikade untuk memisahkan dua kelompok warga yang bertikai saat latihan kesiapsiagaan operasi (LKO) penanganan konflik di Takalar, Sulawesi Selatan, kemarin. LKO tersebut untuk meningkatkan kesiapsiagaan pasukan TNI dalam mengantisipasi kemungkinan terjasinya konflik sosial di wilayah operasi Kodam XIV Hasanuddin.

10 November 2019 (Media Indonesia) 

Para Raider Menuju Perbatasan.

Prajurit Yonif Para Raider 305 seusai mengikuti upacara pelepasan Satgas RI-PNG di Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, Karawang, Jabar, kemarin.   Sebanyak 450 personel diberangkatkan untuk pengamanan daerah perbatasan RI- PNG selama 9 bulan melalui jalur laut menggunakan KRI Banda Aceh dari pelabuhan Tanjung Priok, besuk.

11 November 2019 (Media Indonesia) 

Presiden Ingin Optimalkan Pengelolaan TNI.

Presiden Joko Widodo menyebut sebagai sebuah institusi besar, TNI membutuhkan manajemen   yang mampu mengelola hal tersebut dengan baik.   Melalui Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI yang ditandatangani Presiden beberapa waktu yang lalu, Kepala Negara mau mengoptimalisasi pengelolaan TNI yang anggotanya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

13 November 2019 (Media Indonesia) 

Merajut Papua Dalam NKRI.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Herman Saribab bersama Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Bupati Merauke Frederikus Gebze saat menjadi pembicara dalam diskusi bertajuk Merajut Papua dalam Bingkai NKRI di Gedung IASTH, Kampus UI Salemba, Jakarta, kemarin.   Diskusi mengupas permasalahan Papua dulu hingga kini dan langkah yang harus diambil untuk menciptakan Papua menjadi Indonesia seutuhnya dan Bumi Cenderawasih yang damai.

13 November 2019 (Media Indonesia) 

KRI Bima Suci Tiba di Surabaya.

KRI Bima Suci tiba di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, kemarin.   Kapal layar latih tersebut tiba di Surabaya setelah 99 hari pelayaran dalam rangka melaksanakan pelayaran Diplomasi Duta Bangsa dan Satlat Kartika Jala Krida Taruna AAL angkatan ke-66 di sembilan negara di Asia dan Australia.

13 November 2019 (Kompas)    

Satlat Kartika Jala Krida 2019.

Pesawat terbang Bonanza milik Skuadron 200 Wing Udara I Puspenerbal melintas rendah menyambut kedatangan KRI Bima Suci di Dermaga Ujuung, Komando Armada II, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (12/11/2019), KRI Bima Suci tiba di pangkalan setelah melakukan pelayaran Satuan Latihan (Satlat) Kartika Jala Krida 2019 melintasi sembilan negara dengan membawa 103 taruna taruni Akademi Angkatan Laut angkatan ke-66.

15 November 2019 (Media Indonesia) 

HUT KORPS BRIMOB.

Personel Brimob dan TNI mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan HUT ke-74 Korps Brimob Polri di Palu, Sulawesi Tengah, kemarin.   Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto, Kapolri Jenderal Idham Azis berpesan agar personel Brimob meningkatkan soliditas dan sinergi dengan personel TNI di semua tingkatan.

16 November 2019 (Kompas)    

Peringatan HUT ke-74 Korps Marinir.

Penerjun melakukan aksi ketepatan mendarat di atas tank saat peringatan HUT ke-74 Korps Marinir di lapangan Ksatrian Marinir Sutedi Senaputra, Bhumi Marinir Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (15/11/2019).   Tema peringatan HUT Korps Marinir kali ini “Profesionalitas, Loyalitas dan Pengabdian Prajurit Petarung Korps Marinir untuk NKRI. “

20 November 2019 (Media Indonesia) 

Simulasi Penanggulangan Huru-Hara di Lanudal Juanda.

Pasukan antihuru hara Prajurit TNI AL menghadang pengunjuk rasa saat simulasi penanggulangan huru-hara di kawasan Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih dan meningkatkan profesionalitas serta kesiapsiagaan pasukan huru-hara di Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda.

20 Nopember 2019 (Media Indonesia) 

Wapres Sidak Alutsista TNI-AU di Halim.

Pada Selasa 19/11 pagi, Ma’ruf Amin bersama istri Wury Ma’ruf Amin berolahraga sembari sidak ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Ia bersama istri menuju pangkalan Skadron Udara 45 VVIP Halim Perdanakusuma untuk melihat sarana dan prasarana alutsista yang dimiliki TNI AU. Dengan pengawalan Paspampres yang dipimpin Wadan Paspampres Wapres beserta rombongan berangkat dari kediaman di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, pukul 15.15 WIB dengan mobil menuju Halim.   Wapres dan ibu Wury disambut langsung Kadisops Lanud Halim Perdanakusuma Kolonel (Pnb) IGP Setya Darma dan Komandan Skuadron Udara 45 Letnan Kolonel (Pnb) Yosef Frits.

26 November 2019 (Media Indonesia) 

Pelepasan Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia.

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayjen MS Fadhilah membawa pataka untuk diserahkan kepada Danyonif 133/Yudha Sakti Mayor Inf Hendra Cipta saat pelepasan Satgas Pamtas Indonesia-Malaysia di Dumai, Riau, kemarin.   Satgas beranggotakan 450 prajurit menuju Pontianak menggunakan kapal KRI Teluk Hading untuk menggantikan prajurit Batalyon Infanteri Raider 301/Prabu Kian Santang yang sudah bertugas selama 9 bulan di Perbatasan.

27 November 2019 (Kompas)    

Kerja Sama Pertahanan, Bentuk Baru AARM Akan Dilanjutkan.

“Bersama kita bisa dalam banyak hal. Tidak hanya dalam AARM, tetapi juga bagaimana kita bersama-sama sesama negara ASEAN dalam menghadapi berbagai ancaman keamanan,“ kata Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa saat menutup ASEAN Armies Rifle Meeting (AARM) ke-29 di Lapangan Tembak Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Kodiklat, Cipatat, Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019).   Ia mengatakan format baru AARM membuat para peserta lebih akrab dan lebih banyak bwerkomunikasi, belajar dari satu sama lain.

28 November 2019 (Media Indonesia) 

ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) 29/2019, Together We Can, Wujudkan Kebersamaan, Kerja sama, dan Persahabatan Negara ASEAN.

TNI Angkatan Darat membuat sebuah terobosan baru dalam ASEAN Armies Riffle Meet (AARM) 29/2019 yang tahun ini dihelat di Lapangan Tembak, Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdik Pussenif), Kodiklat, Cipatat, Jawa Barat.   Sebuah inovasi yang mengharuskannya melepas tradisi juara umum di ajang bergengsi para prajurit Angkatan Darat negara-negara se-ASEAN.   Event tahunan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman pada Rabu (20/11/2019) lalu, semula merupakan ajang kompetisi lomba tembak antar prajurit Angkatan Darat 10 negara ASEAN.   Namun dikesempatan kelimanya menjadi tuan rumah TNI AD menawarkan sebuah format baru yang mengubah pelaksanaan AARM secara fundamental.  Tahun ini tidak lagi menggunakan sistem kompetisi antar kontingen negara melainkan gabungan dari seluruh petembak 10 Angkatan darat negara ASEAN yang dibagi dalam empat tim yaitu Alligator, Cheetah, Bear dan Dragon, terang Wakasad usai membuka AARM, Singkatnya mulai tahun ini, AARM lebih mengedepankan kebersamaan serta kerja sama tim seluruh peserta sesuai  dengan tema yang diusung “Together We Can!”.

28 November 2019 (Media Indonesia) 

KSAL Usulkan Kerja Sama Angkatan Laut ASEAN

Prinsip ASEAN centrality merupakan fondasi dalam membangun kekuatan angkatan laut di kawasan Asia Tenggara.   Indonesiapun sangat mendukung konsep ASEAN Outlook on the Indo-Pacifik (AOIP) dengan menggunakan organisasi ASEAN sebagai pemeran utama. Hal itu dikemukakan Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Aji di sela kegiatan ASEAN Navy Chiefs Meeting (ANCM) ke-13, di Ball Sokha Angkor Resort, Siem Reap, Kamboja, Rabu (27/11).   Acara itu dibuka oleh Wakil Perdana Menteri Kamboja sekaligus Menteri Pertahanan Nasional, Samdech Pichey Sena Tea Banh.

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *