Museum Goes To School: SMPN 38 Jakarta Pemenang Lomba Vlog Genta Bangsa

g

Jakarta, 29 Mei 2019 (PusjarahTNI)— SMPN 38 Jakarta menjadi pemenang Lomba Vlog Tingkat SMP se-DKI Jakarta yang diselenggarakan Pusat Sejarah TNI pada 26 April  2019. Sebagai penghargaan, pada 27 Mei 2019 Tim Pusjarah TNI yang dipimpin oleh Waka Pusjarah TNI, Kolonel Sus Drs. Sudarno mengunjungi SMPN 38 Jakarta untuk menyerahkan hadiah lomba tersebut sekaligus melaksanakan program  “Museum Goes to School”. 

Dalam kunjungan ke sekolah yang terletak di Jalan Karet Pasar Baru Barat nomor 14 Jakarta Pusat tersebut, Tim Pusjarah TNI diterima oleh Kepala Sekolah Bapak Nasirudin. Dalam pertemuan tersebut, Waka Pusjarah TNI mewakili Kapusjarah TNI, memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada siswa pemenang lomba Vlog serta berpesan kepada mereka untuk bisa menjadi generasi milenial yang cinta dan bangga dengan sejarah bangsa.

Lomba Vlog Tingkat SMP se-DKI Jakarta diselenggarakan Pusjarah TNI pada tanggal 26 April 2019 bersamaan dengan acara “Nonton Bareng dan Jelajah Museum 2019”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan kebanggaan generasi muda terhadap bangsanya melalui sejarah. Para siswa dari berbagai SMP se-DKI Jakarta berlomba membuat Vlog di sekitar Museum Satriamandala Pusjarah TNI yang kemudian di-upload di media sosial Genta Bangsa. Lomba ini merupakan salah satu cara kreatif agar generasi milenial dapat mencintai sejarah bangsanya sehingga dapat membangkitkan rasa nasionalisme dan semangat bela negara. Dalam proses penjurian, SMPN 38 Jakarta Pusat terpilih sebagai pemenang Lomba Vlog tersebut dan mendapat trophy serta hadiah sebesar Rp.2.000.000,-.

Dalam acara yang dihadiri sekitar 200 siswa SMP tersebut, Pusjarah TNI mengenalkan  profil Pusjarah TNI dan museum-museum yang berada di bawah jajaran Pusjarah TNI dengan tajuk “Museum Goes to School”.  Para siswa SMPN 38 Jakarta mengaku senang dan bangga atas kemenangan ini serta mereka berjanji akan terus mencintai dan semakin menggelorakan program Genta Bangsa. Yel-yel Genta Bangsa sekian kali bergelora di gedung sekolah yang baru direhab dan digunakan mulai bulan Februari 2019 ini.