Amanat Kasum TNI 17 Februari 2017

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB. SELAMAT PAGI,
SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA, SYALOOM,
OM SWASTYASTU.

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PNS TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

DENGAN TIADA HENTI MARILAH KITA MEMANJATKAN PUJI DAN SYUKUR KE HADIRAT TUHAN YANG MAHA ESA, ATAS LIMPAHAN RAHMAT DAN KARUNIA-NYA, KITA MASIH DIBERI KEKUATAN, KESEHATAN DAN BIMBINGAN SEHINGGA DAPAT MELAKSANAKAN TUGAS PENGABDIAN KEPADA BANGSA DAN NEGARA MELALUI INSTITUSI TNI YANG KITA CINTAI.

PADA KESEMPATAN UPACARA BENDERA INI, SAYA MENYAMPAIKAN RASA BANGGA DAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA SELURUH PRAJURIT DAN SEGENAP PNS TNI, DI MANAPUN SAAT INI BERADA DAN BERTUGAS, ATAS SEMANGAT, DEDIKASI, LOYALITAS DAN MILITANSI YANG TELAH DITUNJUKKAN SELAMA INI.

PERLU DIKETAHUI OLEH SEGENAP PRAJURIT DAN PNS TNI, BAHWA PADA RAPIM TNI TAHUN 2017 TELAH DISAMPAIKAN POKOK-POKOK

KEBIJAKAN PANGLIMA TNI SEBAGAI PEDOMAN DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN UNTUK MENGHADAPI TUNTUTAN DAN TANTANGAN TUGAS YANG SEMAKIN KOMPLEKS DAN DINAMIS.

PROGRAM KERJA TNI SEBAGAIMANA TERTUANG DALAM KEBIJAKAN PANGLIMA TNI TERSEBUT KEMUDIAN DITINDAKLANJUTI DENGAN RAKOR STAF UMUM, BALAKPUS DAN PANGKOTAMA OPS TNI, SEHINGGA DALAM MENJALANKAN PROGRAM KERJA DAN ANGGARAN TELAH MEMILIKI KORIDOR YANG JELAS, TIDAK TERJEBAK KEPADA KEGIATAN YANG BERSIFAT RUTINITAS DAN MONOTON. OLEH KARENA ITU TUMBUH KEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI BARU YANG LEBIH CERDAS DALAM MENDUKUNG EFEKTIVITAS PENCAPAIAN TUGAS POKOK TNI.

DUKUNGAN ANGGARAN YANG DIALOKASIKAN KEPADA SATUAN JAJARAN TNI HARUS DIKELOLA DAN DIGUNAKAN SECARA TRANSPARAN DAN AKUNTABEL. PENYERAPAN ANGGARAN JUGA HARUS TEPAT SASARAN DAN DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN. OLEH KARENANYA, TINGKATKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN, AKUNTABILITAS, TRANSPARAN SERTA TERTIB ADMINISTRASI GUNA MENCEGAH TERJADINYA PELANGGARAN SEKECIL APAPUN DENGAN TETAP MEMPERTIMBANGKAN SKALA PRIORITAS. DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KERJA TA 2017, SAYA PERINTAHKAN DAPAT DISELESAIKAN SESUAI TAHUN BERJALAN DAN TIDAK ADA LAGI PEKERJAAN LINTAS TAHUN.

PERLU SAYA SAMPAIKAN BEBERAPA PENEKANAN PANGLIMA TNI PADA RAPIM TNI 2017 SEBAGAI PEDOMAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS-TUGAS MENDATANG, ANTARA LAIN :

PERTAMA, MELANJUTKAN PEMBANGUNAN KEKUATAN TNI DI PULAU NATUNA. KITA AKAN MENOLAK APABILA ADA PIHAK-PIHAK ATAU INSTANSI MELAKSANAKAN PROGRAM PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA PERTAHANAN DI PULAU NATUNA YANG TIDAK SESUAI DENGAN KEBIJAKAN PANGLIMA TNI.

KEDUA, DALAM MENGHADAPI PERKEMBANGAN LINGKUNGAN STRATEGIS SAAT INI DAN ANCAMAN PROXY WAR, KITA HARUS MEMAKSIMALKAN PENYELENGGARAAN FUNGSI, KEGIATAN OPERASI INTELIJEN DAN SIBER.

KETIGA, MELAKSANAKAN PERBANTUAN KEPADA PEMDA DAN POLRI DALAM PENGAMANAN PILKADA SERENTAK TAHUN 2017, 2018 DAN PUNCAKNYA PADA TAHUN 2019 MENDATANG YANG AKAN DILAKSANAKAN PILKADA SERENTAK UNTUK MEMILIH BUPATI, WALIKOTA, GUBERNUR, PRESIDEN, DPD DAN DPR DIPERLUKAN ANTISIPASI DAN LANGKAH-LANGKAH KONGKRET DALAM MENGANTISIPASI PERKEMBANGAN SITUASI MASYARAKAT.

KEEMPAT, MELAKSANAKAN OPERASI PENERANGAN UNTUK MENGIMBANGI MARAKNYA PERKEMBANGAN INFORMASI MEDIA SOSIAL DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI. DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN DINAMIKA SITUASI NASIONAL SERTA ERA KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK, MAKA BANGUN SISTEM KENDALI OPERASI OPINI PUBLIK UNTUK MENJAGA CITRA TNI DI MASYARAKAT.

KELIMA, DALAM MEMBANGUN SATUAN-SATUAN TNI KE DEPAN HARUS MEMPERHATIKAN NILAI STRATEGIS LOKASI SATUAN YANG AKAN DIBANGUN. LAKSANAKAN PENGKAJIAN DAN
RELOKASI LETAK MAKO, MARKAS, SATUAN YANG LOKASINYA TIDAK TEPAT ATAU TIDAK IDEAL, SEHINGGA KE DEPAN LETAK POSISI MAKO, MARKAS, SATUAN HARUS DIDESAIN MEMILIKI RUANG HUTAN, RUANG KEAMANAN, SAFETY BELT, RUANG PEMBINAAN LATIHAN DAN MEMILIKI MOBILITAS SATUAN SECARA CEPAT.

KEENAM, MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN KESIAPSIAGAAN PRAJURIT SECARA PERORANGAN MAUPUN SATUAN.

KETUJUH, TNI HARUS MENJADI PEREKAT KEMAJEMUKAN BANGSA, KARENA TNI MERUPAKAN GARDA TERDEPAN DALAM MENJAGA KERUKUNAN, TOLERANSI DAN KEBHINEKAAN, SEHINGGA BANGSA INDONESIA TETAP MENJADI BANGSA YANG UTUH, KUAT DAN TANGGUH.

KEDELAPAN, MENCEGAH DAN MELAWAN

ANCAMAN PERANG TANPA BENTUK ATAU PROXY WAR DENGAN MENGGUNAKAN NURANI, LOGIKA DAN AKAL PIKIRAN YANG DILANDASI KEBERANIAN, KEIKHLASAN DAN KETULUSAN.

KESEMBILAN, MEMERANGI PENGGUNAAN NARKOBA DI LINGKUNGAN TNI, MENINDAK TEGAS SECARA HUKUM BAGI TNI YANG MENJADI PENGGUNA, PENGEDAR DAN BACKING.

KESEPULUH, MEMELIHARA DAN MENINGKATKAN HARMONISASI DENGAN RAKYAT AGAR BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, HEBAT, PROFESIONAL DAN SIAP MEWUJUDKAN INDONESIA YANG BERDAULAT.

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PNS TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,
KITA BARU SAJA MENYELESAIKAN TUGAS PERBANTUAN KEPADA KEPOLISIAN DAN PEMDA DALAM RANGKA PENGAMANAN PILKADA SERENTAK. KITA BERSYUKUR SEMUANYA TELAH BERJALAN AMAN, TERTIB DAN LANCAR. UNTUK ITU SAYA MENGUCAPKAN TERIMAKASIH ATAS SEMANGAT, DEDIKASI, DAN PENGABDIAN KALIAN SEHINGGA PILKADA SERENTAK BISA BERJALAN LANCAR SEBAGAIMANA YANG DIHARAPKAN BERSAMA.

HINGGA SAAT INI TIDAK ADA KEJADIAN MENONJOL TERKAIT PELAKSANAAN PILKADA SERENTAK, NAMUN DEMIKIAN KITA HARUS TETAP WASPADA DAN ANTISIPATIF TERHADAP SETIAP PERKEMBANGAN DI SEKELILING KITA. HAL INI MENGINGAT HASIL PELAKSANAAN PILKADA BELUM SELURUHNYA TUNTAS DAN FINAL. BERBAGAI KEMUNGKINAN BISA TERJADI, YANG SEMUANYA MEMERLUKAN LANGKAH ANTISIPASI.

TERUTAMA TERHADAP KEMUNGKINAN ADANYA TUNTUTAN KELOMPOK-KELOMPOK YANG TIDAK PUAS DENGAN HASIL PILKADA SERENTAK.

TIDAK KALAH PENTINGNYA, KITA MASIH HARUS MENCERMATI PERKEMBANGAN SITUASI NASIONAL TERKAIT DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YANG CENDERUNG DIJADIKAN MEDAN BARU PERTEMPURAN OPINI PUBLIK. BANYAK BERITA BOHONG YANG SENGAJA DISEBARLUASKAN UNTUK MEMPROVOKASI DAN MEMECAH BELAH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA. UNTUK ITU, SAYA MINTA KEPADA SEGENAP PRAJURIT DAN KELUARGA BESAR TNI UNTUK TIDAK TERPENGARUH DENGAN BERITA- BERITA YANG DISAMPAIKAN MELALUI MEDIA SOSIAL. PILAH DAN PILIH INFORMASI YANG KALIAN TERIMA, JANGAN MUDAH PERCAYA, APALAGI TERPENGARUH OLEH BERBAGAI INFORMASI YANG TIDAK JELAS ASALNYA.

PERCAYALAH KEPADA PIMPINAN KALIAN, KARENA DENGAN DEMIKIAN KITA AKAN TETAP KOMPAK, BERSATU, SOLID DAN TIDAK TERPECAH BELAH.

PARA PERWIRA, BINTARA DAN TAMTAMA, SERTA SEGENAP PNS TNI YANG SAYA CINTAI DAN SAYA BANGGAKAN,

DEMIKIAN AMANAT SAYA, SEMOGA TUHAN YANG MAHA ESA SENANTIASA MELIMPAHKAN KESEHATAN DAN KEKUATAN, SERTA PETUNJUK- NYA KEPADA KITA SEKALIAN, DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN PENGABDIAN KEPADA TNI DAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA, YANG KITA CINTAI BERSAMA.

SELAMAT BEKERJA DAN BERTUGAS, SEKIAN DAN TERIMA KASIH,

WASSALAMMU’ALAIKUM WR. WB, SYALOOM,
OM SHANTI, SHANTI, SHANTI OM.

KEPALA STAF UMUM TNI,

Dr. DIDIT HERDIAWAN M.P.A., M.B.A. LAKSAMANA MADYA TNI

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *