Kronik TNI Maret 2022

2 Maret 2022 (Kompas)
Perbaiki Kedisiplinan Anggota TNI/Polri.

Presiden Joko Widodo mengingatkan personel TNI dan Polri untuk memperbaiki kedisiplinan. Kedua institusi ini memiliki konsep kedisiplinan yang berbeda dengan warga sipil. Kebebasan yang dimiliki TNI/Polri dibatasi oleh aturan pimpinan. Presiden saat memberikan pengarahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun Anggaran 2022 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (1/3/2022), mengatakan, ke depan Indonesia menghadapi tantangan yang kian sulit karena penuh dengan ketidakpastian. Ketidakpastian yang semula hanya muncul dari disrupsi teknologi dan pandemi Covid-19 kini muncul dari eskalasi konflik antara Rusia dan Ukraina. Dalam menghadapi tantangan ketidakpastian itu, peran TNI-Polri tak terelakkan. Terlebih kedua institusi selama ini berperan besar dalam menghadapi pandemi. Presiden pun mengapresiasi. “Utamanya saya ingin mengucapkan terimakasih atas kerja sama di lapangan dalam proses percepatan vaksinasi Covid-19,” kata Presiden dalam rapim bertajuk “TNI-Polri Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural” itu.

2 Maret 2022 (Media Indonesia)
Mendukung Pemulihan (Berita Foto).

KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Sigit Prabowo dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo memberikan keterangan pers seusai Rapim TNI-Polri di Cilangkap, Jakarta, kemarin. Rapim itu bertema TNI-Polri siap mendukung pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman disaksikan Menhan Prabowo Subianto, Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo seusai membuka Rapim TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa tidak menghadiri rapim tersebut karena terkena Covid-19.

2 Maret 2022 (Media Indonesia)
Jokowi Tegaskan Tiada Demokrasi di TNI-Polri.

Presiden Joko Widodo menegaskan jajaran TNI dan Polri tidak punya hak dalam urusan demokrasi. Dia pun mengingatkan kedua institusi harus memiliki kedisiplinan tinggi dalam mendukung berbagai kebijakan pemerintah. “Tidak bisa yang namanya tentara, yang namanya polisi itu ikut dalam urusan demokrasi,” tegas Jokowi dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri 2022 di Jakarta, kemarin. Penegasan tersebut ia lontarkan setelah memaparkan perihal upaya peminadahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Nusantara di Kalimantan TImur. Pro dan kontra kebijakan itu pun masih mengisi ruang publik. Presiden tidak ingin kondisi yang ada saat ini semakin keruh karena ada anggota TNI-Polri ikut terjun berdemokrasi dan menyampaikan pendapat pribadi terkait dengan hal tersebut. “Karena saya lihat di Whatsaap group ada seperti ini. Hati-hati. Kalau diterus-teruskan hati-hati. Dimulai dari grup kecil nanti membesar.”

5 Maret 2022 (Media Indonesia)
TNI AU Bangun Pangkalan Udara (Berita Foto).

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo memberikan keterangan pers dalam Rapat Pimpinan TNI AU 2022 di Jakarta, kemarin. Dalam keterangannya, TNI AU berencana membangun pangkalan udara baru di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara untuk mendukung kegiatan presiden dan wakil presiden.

6 Maret 2022 (Media Indonesia)
Pertempuran Kota (Berita Foto).

Prajurit TNI dan Yonif Mekanis 403/WP Kodam IV/Diponegoro turun dari kendaraan lapis baja saat latihan pertempuran kota di Gedung Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Jl Raya Janti Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, kemarin. Latihan digelar untuk mengetahui kesiapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro dalam mengantisipasi ancaman radikalisme yang mungkin timbul di wilayah Jateng dan DI Yogyakarta.

11 Maret 2022 (Media Indonesia)
Apel Sinergi (berita Foto).

Sejumlah anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) mengikuti apel bersama TNI dan Polri di Limboto, Kabupaten Gorontalo, kemarin. Apel bersama yang diikuti 354 Bhabinkamtibmas dan 75 Babinsa dari seluruh wilayah provinsi tersebut dilakukan untuk meningkatkan sinergi dalam pengamanan.

12 Maret 2022 (Kompas)
Latihan Tempur Kota (Berita Foto).

Prajurit TNI AD menyergap musuh saat latihan tempur kota Yonif 407/PK di Gedung Birao, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (11/3/2022). Kegiatan tersebut digelar selama dua hari sebagai sarana meningkatkan kemampuan tempur kota, baik ketrampilan individu maupun kerja sama dalam tim, bagi Satjar Kodam IV/Diponegoro, khususnya Yonif 407/PK.

13 Maret 2022 (Media Indonesia)
Uji Rompi Tempur TNI (Berita Foto).

Tiga penguji dari Dinas Penelitian Angkatan darat (Dislitbangad) memperlihatkan integrated personal protection (IPP) set hasil pengadaan Pusat Perbekalan TNI AD-2022 di Batujajar, Bandung Barat, Kamis (10/3). Uji kelayakan rompi dan helm tersebut merupakan upaya TNI AD dalam menjamin kualitas tempur prajurit.

14 Maret 2022 (Kompas)
Piala Danpaspampres 2022 (Berita Foto).

Sejumlah petembak membidik sasaran ketika mengikuti kelas tembak reaksi dalam Lomba Menembak Piala Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) 2022 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Minggu (13/3/2022). Kejuaraan menembak yang merupakan rangkaian Hari Bakti ke-76 Paspampres tersebut diikuti sekitar 800 peserta dan TNI/Polri dan sipil.

16 Maret 2022 (Media Indonesia)
Visi Besar Rapim TNI AD 2022 Wujudkan Prajurit Sejahtera dan Profesional.

Profesionalitas menjadi tuntutan utama yang erat kaitannya dengan keberhasilan mencapai visi dan misi suatu organisasi atau institusi. Demikian halnya di tubuh TNI AD, upaya-upaya menciptakan prajurit yang profesional menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh para pemimpin di jajaran TNI AD. Kesejahteraan prajurit adalah salah satu upaya yang dipandang dapat menjadi booster dalam meningkatkan profesionalitas tersebut. Kasad selaku pimpinan tertinggi di Angkatan Darat menyampaikan bahwa tema Rapim TNI AD yang berbunyi “Prajurit Sejahtera dan Profesional Sebagai Pilar TNI AD Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural,” hendaknya dipandang sebagai sebuah visi besar yang harus diwujudkan TNI AD di masa datang. Rapim kali ini diharapkan menjadi wahana bagi para Pangkotama, Kabaklapus, serta para pejabat perencana di jajaran Angkatan Darat, untuk merumuskan bagaimana mewujudkan kondisi prajurit yang sejahtera dan profesional, yang dituangkan dalam rencana program kerja dan anggaran TNI-AD di tahun 2022.

16 Maret 2022 (Media Indonesia)
KSAD Terima Kunjungan Atase Pertahanan Filipina
.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima kunjungan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Filipina Kolonel Emmanuel A Canilla PA (GSC) di Ruang Kerja KSAD Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, kemarin. Atase Pertahanan Duta Besar Filipina datang untuk membicarakan rencana kunjungan Jenderal Dudung ke Filipina dalam rangka silaturahim dan memperkenalkan diri selaku KSAD kepada Panglima dan KSAD Filipina. Jenderal Dudung juga akan meninjau lembaga pendidikan militer setingkat Akademi Militer dan Seskoad, serta menghadiri kegiatan Asian Defense and Security (ADAS) yang akan digelar di Manila pada 26 hingga 29 April 2002. Di samping itu juga membahas kerja sama TNI AD dan Angkatan Darat Filipina di bidang intelijen, latihan dan pendidikan.

19 Maret 2022 (Media Indonesia)
Pemberangkatan Ke Papua (Berita Foto).

Prajurit Raider menaiki anak tangga KRI Teluk Bintuni-520 seusai mengikuti upacara pemberangkatan Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/Ksatria Jaya di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Sumatera Selatan, kemarin. Sebanyak 400 prajurit diberangkatkan ke Papua untuk menjalankan tugas menjaga keamanan bersama dengan satuan-satuan lainnya selama sembilan bulan.

19 Maret 2022 (Media Indonesia)
HUT Ke-76, TNI-AU Bagikan Kaki Tiruan.

Yayasan Media Group bersama TNI Angkatan Udara (AU) membagikan 29 kaki tiruan kepada warga Kabupaten Bandung, Jumat (18/3). Kegiatan sosial itu dilaksanakan di Landasan Udara Sulaiman dalam memperingati HUT Ke-76 TNI AU. Selain kaki tiruan, TNI AU menggelar pembagian sembako, khitanan massal, dan pengobatan gratis. “Ini kegiatan rutin TNI AU bersama Kick Andy,” kata Waaspers KSAU Marsma Mujianto.

20 Maret 2022 (Media Indonesia)
Ada Kebohongan (Berita Foto).

Panglima TNI Andika Perkasa berbicara di depan para staf terkait dengan serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada akhir Januari 2022 terhadap pos TNI, dalam kanal Youtube panglima TNI, di Jakarta, Jumat (18/3). Panglima Andika menyatakan ada kebohongan yang disembunyikan oleh Danki dari komandan batalyon perihal kejadian yang sebenarnya, kendati demikian bahwa serangan itu memang benar yang menyebabkan tiga prajurit TNI gugur.

22 Maret 2022 (Media Indonesia)
Peluncuran Dua Kapal Perang Buatan Dalam negeri (Berita Foto).

Pekerja melintas di dekat kapal perang buatan dalam negeri KRI Bawal-875 di galangan kapal PT CMS, Puloampel, Serang Banten, kemarin. KSAL Laksamana Yudo Margono meresmikan pengoperasian KRI Dorong-874 dan KRI bawal-875 yang dilengkapi meriam 40 mm dari mampu mengangkut 46 personel dengan kecepatan maksimum 24 knot.

25 Maret 2022 (Kompas)
Persetujuan Penjualan Eks KRI Teluk Sampit (Berita Foto).

Materi yang diterima anggota DPR saat rapat kerja membahas Surat Presiden tentang Permohonan Persetujuan Penjualan Barang Milik Negara Berupa Kapal Eks KRI Teluk Sampit-515 pada Kementerian Pertahanan, Kamis (24/3/2022), di ruang rapat Komisi I DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

27 Maret 2022 (Media Indonesia)
Pasukan TNI Menuju Afrika (Berita Foto).

Kepala Staf Umum TNI-AD Letjen Eko Margiyono menyalami Pasukan Garuda yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni TNI Kontingen Garuda (Satgas Kizi TNI Konga) XX-s/MONUSCO dalam upacara militer di Plaza Mabes TNI, Cilangkap Jakarta, Kamis (24/3). Pasukan itu akan menjalani misi sebagai pasukan perdamaian dunia di bawah komando PBB di Konga Afrika.

28 Maret 2022 (Kompas)
KKB Bergerilya Serang Prajurit TNI.

Dua prajurit TNI gugur dalam serangan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata pimpinan Egianus Kogoya di Pos Marinir Perikanan Quari Bawah, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Sabtu (26/3/2022). Kedua prajurit saat itu mengemban misi pengamanan dan merintis program literasi bagi anak-anak di Kabupaten Nduga. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang pos itu pada Sabtu pukul 17.50 WIT. Kedua prajurit yang gugur ialah Letnan Dua Mohammad Iqbal, komandan peleton pos, dan Prajurit Satu Wilson Here. Selain itu, enam prajurit lain terluka. “Kedua korban gugur dan prajurit yang terluka telah dievakuasi dari Kenyam ke Timika dengan helikopter pada Minggu pagi. Kelompok Egianus menyerang menggunakan senjata laras panjang dan senjata pelontar granat,” kata Komandan Distrik Militer 1715/Yahukimo Letnan Kolonel Yohanis Viktorianus Tethool, Minggu (27/3).

29 Maret 2022 (Media Indonesia)
Tiba di NTT (Berita Foto).

Prajurit marinir mengangkat jenazah Praka Marinir (Anumerta) Wilson Anderson Here yang gugur diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, saat tiba di Kupang Nusa Tenggara Timur, kemarin, Pratu Wilson tewas bersama Lettu Marinir (Anumerta) Muhammad Ikbal di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua pada Sabtu (26/3).

30 Maret 2022 (Kompas)
Pensiun TNI Urusan Pembentuk UU.

Meskipun diwarnai pendapat berbeda atau dissenting opinion dari empat hakim, Selasa (9/3/2022), Mahkamah Konstitusi menola permohonan uji materi mengenai perpanjangan usia pensiun bagi prajurit Tentara Nasional Indonesia sehingga setara dengan usia pensiun anggota Polri. MK tetap berpegang bahwa pengaturan mengenai batas usia pensiun merupakan kebijakan hukum terbuka. Dalam hal ini, pemerintah dan DPR yang berwenang mengaturnya. Dari sembilan hakim konstitusi, empat hakim menilai MK selayaknya mengabulkan permohonan tersebut. Sebab, revisi Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, termasuk di dalamnya pengaturan usia pensiun, membutuhkan waktu yang sangat lama. Fakta persidangan mengungkap revisi UU No 34/2004 tersebut sudah diajukan ke dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) sejak 2010. Hingga kini, revisi belum juga terlaksana.

30 Maret (Media Indonesia)
Penjaga Perbatasan (Berita Foto).

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Achmad Daniel Chardin menyalami prajurit Satgas pamtas RI-PNG Yonif 126/Kala Cakti yang sedang melaksanakan tugas dalam menjaga perbatasan di Pos Kotis Senggeh Sektor Utara Papua. Kabupaten Keerom, Senin (28/3). Pangdam berpesan agar prajurit selalu waspada dan menguasai medan perbatasan negara serta membantu warga di perbatasan yang mengalami kesulitan.

31 Maret 2022 (Kompas)
TNI AU Hadapi Perang Generasi Kelima.

Perang generasi kelima yang terjadi secara asimetris di berbagai domain menjadi tantangan utama pertahanan udara. Tersisa waktu sekitar 10 tahun bagi TNI AU untuk mengubah manajemen pertempuran sebelum teknologi perang masa depan itu benar-benar mapan di seluruh dunia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan investasi dalam teknologi dan sember daya manusia yang simultan tanpa mendahulukan yang satu ketimbang yang lain. Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, kekuatan udara yang dibangun sejak awal abad ke-20 telah berevolusi sedemikain rupa dan menjelma sebagai penentu dalam pertempuran masa depan.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16