PASIS DIKREG SESKOAL KE-59 BERKUNJUNG KE MONUMEN PANCASILA SAKTI

Pusjarah TNI. Sebanyak 175 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-59 TA. 2021 yang terdiri dari 163 Perwira dari TNI AL, 2 Perwira dari TNI AD, 2 Perwira dari TNI AU, 4 Perwira dari POLRI dan 4 Perwira dari Mancanegara (Pakistan, Malaysia, Uni Emirat Arab dan Singapura)   melakukan kunjungan ke Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Jakarta (19/5).

 Kunjungan ini dalam rangka Kuliah Kerja Kejuangan, merupakan salah satu Program Kurikulum yang harus dilaksanakan Pasis dan berada di bawah Program Pendidikan (Prodik) Departemen Kejuangan (Depjuang) Seskoal yang bertemakan “Melalui Kuliah Kerja Kejuangan, Kita Tingkatkan Semangat dan Kesadaran Akan Pentingnya Nilai-nilai Kejuangan TNI Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Menuju Indonesia Tangguh.”

Rombongan ini dipimpin oleh Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA didampingi Ketua Pelaksana Kuliah Kerja Kejuangan Kolonel Marinir Firman Johan yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Departemen Kejuangan (Kadepjuang) Seskoal, Dankorsis Seskoal Kolonel Marinir Etwin Ramadhan, S.E., M.Tr. Opsla., Wadan Korsis Seskoal Letkol Laut (P) M.B. Pandjaitan, S.E., M.Tr. Opsla., para Dosen dan Patun serta Depjuang Seskoal.      

Di Monumen Pancasila Sakti, rombongan  diterima Kepala Pusat Sejarah (Kapusjarah) TNI Brigadir Jenderal TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. didampingi Kepala Monumen Pancasila Sakti Letkol Caj (K) Winarsih, S.Sos di depan Gedung Paseban. Dalam sambutannya Brigjen TNI Triwahyu Mutaqin Akbar, S.Sos. menyampaikan ucapan terima kasih  kepada Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) yang telah memberikan kesempatan kepada para siswa Seskoal untuk berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti, yang merupakan salah satu wahana kesejarahan di bawah naungan Pusjarah TNI.  Kapusjarah TNI juga menekankan bahwa keberadaan sebuah Bangsa yang besar lahir dari rangkaian sejarah yang panjang, seperti yang sering kita dengar bahwa sejarah adalah guru terbaik (Historia Vitae Magistra).

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E.,M.Si.,M.Tr. Opsla mengatakan sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AL, Seskoal berperan dan bertugas mendidik, membekali dan mengembangkan kemampuan para Pasis untuk menjadi pemimpin yang mampu menjadi pemikir, perencana strategi pertahanan negara. Sebagai calon pemimpin, para Pasis diharapkan memiliki wawasan yang luas dari berbagai disiplin ilmu. Sesuai dengan tema tersebut maka sasaran dari kegiatan ini agar Pasis dapat menumbuhkembangkan pemahaman kesadaran akan pentingnya nilai-nilai kejuangan TNI terhadap persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Kejuangan ini tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan menggunakan Hand Sanitizer, jaga jarak menghindari dari kerumunan untuk memutuskan virus Covid-19.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.