Kronik TNI Maret 2021

5 Maret 2021 (Kompas)   

Vaksinasi Personel TNI/Polri (Berita Foto).

            Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto didampingi Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dan sejumlah pejabat meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi prajurit TNI dan anggota Polri di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (4/3/2021).   Vaksinasi yang diberikan kepada 2.000 personel terdiri dari 1.000 prajurit TNI (850 TNI AD, 50 TNI AL, 100 TNI AU) dan 1.000 anggota Polri di lingkungan Kodam II/Sriwijaya dan Polda Sumsel, tersebut sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam percepatan penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

8 Maret 2021 (Kompas)   

Pemusnahan Senjata Rakitan.

            TNI AD Korem 161/Wirasakti Kupang memeriksa sejumlah unit senjata rakitan sebelum dimusnahkan di Markas Lantamal VII Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (6/3/2021).  Batalyon Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL (Republik Demokratik Timor Leste) Yonarmed 3/105 Tarik dan Yonif Raider Khusus 744/SYB berhasil mengumpulkan 30 pucuk senjata rakitan, empat pucuk senjata TNI, satu pistol rakitan, tiga granat, satu mortir, serta 483 butir peluru tajam yang diperoleh secara sukarela dari warga eks Timor Timur.

12 Maret 2021 (Kompas) 

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Sabu.

            Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas bersama Intelijen Komando Operasi Daerah Militer (Koopsdam) XII/Tanjungpura mengagalkan upaya dua pelintas batas yang berusaha menyelundupkan satu kotak kardus berisi  10 paket narkotika golongan I jenis sabu seberat 10,765 kilogram.   Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642 Kapuas Letkol (Inf) Alim Mustofa, Kamis (11/3/2021), mengatakan upaya penyelundupan itu terjadi pada 9 Maret malam saat tim tengah berpatroli di jalur inspeksi patroli perbatasan di wilayah Dusun Aruk, Desa Sebunga, Kabupaten Sambas.

13 Maret 2021 (Kompas)                         

Vaksinasi di Skuadron Malang.

            Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 Nasioanl bagi Prajurit TNI, di Skuadron 32 Malang, Jatim, kemarin.   Dengan vaksinasi yang dimulai sejak 1 Maret, diharapkan pada 2 April 2021 seluruh prajurit TNI sudah memperoleh vaksinasi.

15 Maret 2021 (Kompas) 

1.350 Prajurit Jaga Perbatasan RI-PNG.

            Sebanyak 1.350 prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat resmi bertugas dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Papua Nugini di Papua mulai Jumat (12/3/2021).   Mereka tidak hanya bertugas dalam pengamanan teritorial, tetapi juga mengantisipasi penyelundupan senjata api dan amunisi di perbatasan RI-PNG.   Hal ini disampaikan Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi Brigadir Jenderal Izak Pangemanan di Jayapura, Minggu (14/3).   Izak mengatakan 1.350 prajurit TNI AD berasal dari Batalyon Infanteri 131/BRS, Batalyon Infanteri Mekanis 512/QY dan Batalyon Infanteri 403/WP.

19 Maret 2021 (Kompas)

Vaksinasi untuk TNI-Polri di Semarang.

            Anggota TNI-Polri melakukan gerak tari bersama saat menunggu kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dalam kegiatan vaksinasi bersama di Pusat Penerbangan Angkatan Darat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/3/2021).

19 Maret 2021 (Kompas)

Panglilma dan Kapolri Tinjau Prajurit.

            Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan sambutan kepada peserta vaksinasi bagi Prajurit TNI-Polri sebanyak 860 personel di Kantor Polda Jatim.

23 Maret 2021 (Kompas)

Pemberantasan Teerorisme.   Pelibatan TNI Berbasis Analisis BNPT.

            Badan Nasional Penanggulangan Terorisme atau BNPT menilai penting pelibatan TNI dalam mengatasi terorisme.   Namun, seperti yang tertuang di dalam Rancangan Peraturan Presiden tentang Tugas TNI dalam Mengatasi Aksi Terorisme, pelibatan TNI hanya dalam kasus-kasus tertentu dan harus didahului persetujuan  Presiden dan DPR. Sebelum persetujuan diberikan, BNPT akan menganalisis ancaman yang ada sebagai bahan pertimbangan persetujuan.  Kepala BNPT Boy Rafli Amar saat rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, di Jakarta, Senin (22/3/2021), mengatakan Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Tugas TNI dalam Mengatasi Aksi Terorisme saat ini masih tahap harmonisasi. Selain DPR, pembahasan rancangan perpres tersebut turut melibatkan BNPT.

23 Maret 2021 (Kompas)

KSAL Terima Kapolri.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono memberikan cendera mata kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat kunjungan  di gedung Utama, Mabesal, Cilangkap, Jakarta, kemarin. KSAL menerima Kapolri untuk silaturahim sekaligus memantapkan sinergi dan mempererat soliditas TNI-Polri.

26 Maret 2021 (Media Indonesia)          

Menengok Keandalan Prajurit TNI-AD di Pusdikpal.

            Ada ratusan prajurit TNI-AD yang tengah mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan Peralatan (Pusdikpal) Komadno Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI-AD di Kota Cimahi, Jawa Barat.   Demonstrasi hasil pendidikan digelar karena Pusdikpam mendapat tamu serombongan wartawan kemarin. Selain cekatan membongkar alat perang TNI-AD, diantaranya kendaraan perang, para prajurit juga telah ahli membuat suku cadang. Pusdikpal pun memiliki sejumlah mesin modern untuk membuatnya.   “Pusdikpal adalah tempat dicetaknya prajurit TNI-AD yang andal dalam memelihara kesiapan alutsista TNI. Kami siap ditugaskan di medan apa pun, sesuai semboyan Viyata Vicaya Yudha yang bermakna pendidikan peralatan perang”, papar Komandan Pusdiklat Kolonel PCL Taufan Tjandra Kusuma.

28 Maret 2021 (Media Indonesia)          

Pusat Pendidikan Kavaleri.

            Pelatih memberikan aba-aba kepada prajurit yang mengendarai kendaraan tempur saat manuver pengoperasian tank Leopard 2A4+ di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) Kodiklatad, Padalarang, Jawa Barat, Jumat (26/3).   Pelatihan penguasaan teknis kecabangan kavaleri di antaranya berkuda dan mekanis (kendaraan tempur).

30 Maret 2021 (Media Indonesia)          

Apel Patroli Skala Besar TNI-Polri.

            Prajurit TNI bersiap melakukan Patroli Skala Besar TNI-Polri di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, kemarin.   Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menjaga stabilisasi keamanan dan ketertiban di wilayah Ibu Kota pasca aksi terorisme di Makassar, Sulawersi Selatan.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.