Kronik TNI Februari 2021

Kronik TNI Februari 2021

1 Februari 2021     (Kompas)

Bantuan di KRI Banda Aceh.

          Sukarelawan mengangkut bantuan yang sebelumnya dibawa KRI Banda Aceh di Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu (31/2/2021).   Sebanyak 150 ton bantuan dari berbagai pihak dibawa menggunakan KRI Banda Aceh yang bertolak dari Kalimantan Selatan.

1 Februari 2021     (Kompas)

Kapolri Kunjungi Panglima TNI.

          Sinergi TNI dan Polri diperkuat ditandai dengan kunjungan Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang baru dilantik beberapa hari yang lalu kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.   Keduanya langsung melakukan sidak ke Pasar Tanah Abang. “Terima kasih pak Kapolri, Sinergi TNI-Polri dan didukung komponen masyarakat lain adalah modal dasar menjaga NKRI”, kata Hadi, Minggu  (31/1/2021).   Kunjungan ini adalah kunjungan perdana Kapolri.   Keduanya membahas beberapa agenda, seperti rencana rapat pimpinan TNI dan Polri yang akan dilaksanakan pada Februari 2021. Sementara Sigit menuturkan tujuan silaturahmi ini untuk terus meningkatkan sinergi dan soliditas yang selama ini sudah dilaksanakan Kapolri sebelumnya.

3 Februari 2021     (Media Indonesia)

Kunjungi Kapolri.

          Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa berbincang dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, saat Kapolri bersilaturahim ke Kompleks Mabes TNI-AD di Jalan Veteran, Jakarta, kemarin. Setelah melakukan pertemuan tertutup KSAD Jenderal Andika Perkasa mengajak Kapolri berkeliling melihat fasilitas markas TNI AD tersebut.

4 Februari 2021 (Media Indonesia)

Tangkal Ancaman, TNI AU Harus Diperkuat.

          Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan pemerintah berkomitmen meningkatkan modernisasi alutsista TNI-AU untuk melindungi laut Nusantara. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus bekerja sama dengan sejumlah negara untuk menjaga dan meningkatkan mutu persenjataan TNI-AU. “Salah satu simbol pertahanan yang kuat dan modern adalah kuat dan profesional-nya TNI-AU baik prajuritnya khususnya pilot tempur yang profesional maupun alutsista yang modern”, ujarnya.

4 Februari 2021     (Media Indonesia)

Jakarta Bermasker.

          Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dan Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurrahman menekan tombol bersama saat peluncuran logo Jakarta Bermasker di Kantor Polda Metro Jaya, kemarin.  Peluncuran tersebut bertujuan mengedukasi kembali masyarakat agar taat mengenakan masker guna menekan angka penularan Covid-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

7 Februari 2021     (Media Indonesia)

Serah Terima Pos Satgas.

          Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-Papua Nugini melakukan serah terima pos jaga dari Yonif 125/Simbisa kepada Yonif 611/Awang Long di Merauke Papua akhir pekan ini. Pasukan dari Yonif 125/Simbisa telah melakukan tugas mengamankan perbatasan RI-Papua Nugini, yang selanjutnya diserahkan kepada Yonif 611/Awang Long selama 9 bulan ke depan.

10 Februari 2021   (Media Indonesia)

Personel TNI Dukung PPKM.

          TNI akan ikut menerjunkan antara lain 1.768 Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) TNI-AL dan 102 Bintara Pembina Potensi Dirgantara (Babinpotdirga) di tujuh provinsi di Jawa-Bali.   Mereka akan membantu mengoptimalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro di Jawa-Bali melalui 27.866 Babinsa.   “Sebanyak 475 personel TNI akan dilatih untuk menjadi pelatih bagi 27.000 lebih Babinsa”, ungkap Pangllima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin apel Gelar Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin.

10 Februari 2021   (Media Indonesia)

Uji Ketrampilan Fisik.

          Prajurit Marinir berlari saat lomba triathlon di Bumi Marinir, Cilandak Jakarta, kemarin.   Lomba dalam rangka HUT ke-17 Pasmar-1 Korps Marinir dengan materi lomba cross country 6 km, renang militer 50 m, dan menembak senapan jarak 100 m itu diikuti 16 satuan yang terdiri dari 5 orang per satuan (satu perwira, satu bintara, dan tiga tamtama).   Tujuannya untuk menguji ketrampilan dan fisik para prajurit.

13 Februari 2021   (Kompas)

TNI-Polri Ikut Lacak Covid-19.

          TNI menyiapkan 10.000 vaksinator dan Polri menyiapkan 13.500 vaksinator unutk disebar ke seluruh Indonesia.   Kepala Kepolisian Negara RI Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, Kamis (11/2/2021) mengerahkan 40.336 personel Bhabinkamtibmas yang jadi pelacak kasus positif Covid-19 itu ada di seluruh Indonesia.   Adapun 29.736 bintara TNI yang jadi pelacak kasus positif Covid-19 menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berasal dari 27.866 anggota bintara pembina potensi maritim TNI Angkatan Laut, serta 102 bintara pembina potensi kedirgantaraan di Jawa dan Bali.  

13 Februari 2021   (Media Indonesia)

Tingkatkan Kemampuan.

          Prajurit TNI-AU Batalyon Komando 465 Paskhas Brajamusti melaksanakan terjun penyegaran dari pesawat Hercules C-130 di atas wilayah Lanud Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (11/12).   Sebanyak 104 prajurit melaksanakan terjun penyegaran dan free fall guna meningkatkan kemampuan dalam mengamankan NKRI.

14 Februari 2021   (Media Indonesia)

Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI-AD.

          Prajurit TNI-AD mengucapkan sumpah saat mengikuti upacara penutupan Pendidikan pertama Bintara di Lapangan Sapta Marga Mako Rindam XIV Hasanuddin, Pakkato, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, kemarin.   Sebanyak 301 prajurit TNI AD dinyatakan lulus.

15 Februari 2021   (Kompas)

Uji Ketrampilan Marinir.

          Prajurit Korps Marinir berlari sembari mengenakan helm tempur dan memikul senjata saat mengikuti lomba triatlon di Bumi Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, (Selasa (9/2/2021).   Lomba triatlon dalam rangka HUT ke-17 Pasmar-I Korps Marinir dengan materi lomba cross country 6 kilometer, renang militer 50 meter, dan menembak dengan jarak 100 meter itu diikuti 16 satuan yang terdiri atas lima personel per satuan.   Lomba ini bertujuan menguji ketrampilan dan fisik prajurit Korps Marinir.

16 Februari 2021   (Media Indonesia)

TNI-Polri Bersinergi Tegakkan Protokol Kesehatan hingga Vaksinasi.

          Presiden Joko Widodo memberikan instruksi kepada TNI dan Polri untuk saling bersinergi mendukung kebijakan pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan hingga program vaksinasi nasional.   Untuk menyelaraskan instruksi itu, TNI dan Polri menggelar rapat pimpinan di Mabes Polri, kemarin. “Personel TNI-Polri akan memastikan protokol kesehatan diterapkan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro untuk menurunkan angka Covid-19.   Selain itu juga juga menyukseskan program vaksinasi nasional.   Ribuan personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan distribusi vaksin hingga menjadi vaksinator” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

17 Februari 2021   (Media Indonesia)

Rapim TNI 2021 (Berita Foto)

          Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto tiba di lokasi Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2021 di Cilangkap, Jakarta Timur, kemarin.   Rapim itu mengangkat tema TNI kuat, solid, profesional, dicintai rakyat, siap mendukung percepatan penanganan covid-19 dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan NKRI dihadiri Menhan Prabowo Subianto.

17 Februari 2021   (Media Indonesia)

Kunjungan Komisi I DPR (Berita Foto).

          Sejumlah anggota Komisi I DPR RI mendengarkan penjelasan Komandan Skadron-11/Serbu Letkol Cpn Andy Pranoto tentang helikopter AH-64E Apache saat kunjungan kerja Komisi I DPR RI di Skadron-11 Serbu Pusat Penerbangan TNI-Angkatan Darat, Semarang Jawa Tengah, Senin (15/2). Kunjungan itu untuk mengetahui alutsista yang dimiliki Penerbad termasuk soal perawatannya.

17 Februari 2021   (Media Indonesia)

Penegakkan Disiplin Prokes Tingkat Kelurahan.

          Anggota Polres Serang bersama anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0602/Serang menggelar razia penegakkan disiplin protokol kesehatan (prokes) PPKM tingkat desa/kelurahan di Lingkungan Kelurahan Kotabaru, Serang, Banten, kemarin.   PPKM tingkat desa/kelurahan di Serang berlangsung hingga 28 Februari 2021 untuk menekan penyebaran covid-19.

19 Februari 2021   (Media Indonesia)

Apel Kesiapsiagaan Paskhas (Berita Foto)

          Personel Pasukan Khas (Paskhas) TNI-AU mengikkuti apel kesiapsiagaan bencana di lapangan Denhanud 474 Paskhas TNI-AU, Berbah, Sleman, DI Yogyakarta, kemarin.   Apel tersebut digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan pasukan menghadapi ancaman bencana di wilayah Yogyakarta.

20 Februari 2021   (Media Indonesia)

Penerjunan TNI-AU di Kupang (Berita Foto).

          Sejumlah penerjun Korps Pasukan Lhas TNI -AU menjalani latihan terjun payung di Lanud El Tari Kupang NTT, kemarin.   Latihan terjun payung yang diikuti 24 personel Korps Paskhas itu bertujuan untuk meyakinkan bahwa pihaknya siap untuk mengamankan wilayah NTT yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia.

22 Februari 2021   (Media Indonesia)

Beri Penghormatan (Berita Foto)

          Pasukan Garuda yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) UNIFIL 2019-2020 memberikan penghormatan kepada bendera Merah Putih di lapangan Soedirman Camp Naqoura, Kongo, Sabtu (20/2). Kontribusi pasukan perdamaian Indonesia ke Kongo tersebut merupakan bukti nyata keikutsertaan Indonesia dalam penyelesaian perdamaian di Afrika yang juga memeprkukuh keberadaan dan kredibilitas Indonesia.

24 Februari 2021   (Media Indonesia)

Melatih Kemahiran Menembak. (Berita Foto).

          Prajurit TNI Angkatan Udara berlatih menembak di Lapangan Tembak Tohpati, Denpasar, Bali, kemarin.   Mengasah kemampuan menembak merupakan rutinitas wajib yang dilakukan untuk meningkatkan kemahiran menembak para prajurit TNI AU Lanud I Gusti Ngurah Rai agar siap diterjunkan kapan pun di medan perang.

28 Februari 2021   (Media Indonesia)

Soliditas TNI-Polri Kunci Keberhasilan Tugas di Lapangan.

          Soliditas TNI-Polri yang membatin dalam setiap personel di lapangan ialah kunci keberhasilan dalam setiap operasi di lapangan.   Kekuatan kerja sama TNI-Polri itu dengan menyinergikan komunikasi dan kolaborasi yang dibarengi evaluasi bersama di setiap kegiatan.   Demikian dikatakan Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang melakukan pertemuan dengan Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi dalam kunjungan kerja (kuker) ke Papua, kemarin.   Keduanya memberikan motivasi, apresiasi, dan membakar semangat para prajurit tersebut.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.