Resensi Buku: Apa Guna Sejarah ?

Oleh: Dewi Suciati

  1. Identitas Buku.

Judul Buku         : Apa Guna Sejarah ?

Pengarang          : A. L. Rowse

Penerbit               : Komunitas Bambu Tebal

Ketebalan             : 244 Halaman

ISBN                     : 978-602-9402-59-9

2. Pendahuluan.

Penulis membuat buku Apa Guna Sejarah ? Ini, bahwa yang dibahas terkait dengan Aksiologi Sejarah yaitu dimana manfaat atau kegunaan sejarah masa lalu bagi khalayak masyarakat banyak.

3. Isi Resensi.

Buku ini menjadi klasik sebab menjawab pertanyaan dasar masyarakat tentang apakah guna sejarah? Apakah sejarah masa lalu bisa digunakan untuk bekerja dan menghasilkan keuntungan? Banyak pekerjaan memerlukan sejarah, seperti jurnalis, pendidik, arsitek, dan pembuat film. Termasuk pula pegawai pemerintah, mulai dari Kepala Desa, Walikota, Gubernur, Diplomat, Menteri Luar Negeri, Perdana Menteri sampai Presiden. Apa untungnya jika berbagai profesi itu mempelajari sejarah dan bagaimana jika mengabaikannya? Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill, bisa menaklukkan Hitler karena mempelajari sejarah pendahulunya, Marlborough. Jerman dan Jepang gagal menguasai dunia karena mereka tidak memahami sejarah. Sebuah bangunan terasing dari lingkungan dan penghuninya terlihat angkuh ketika mengabaikan sejarah. Demikian pula film, laporan jurnalistik, dan kebijakan publik tidak populer di masyarakat, jika melupakan sejarah.

Mengapa sejarah sering kali dipandang sebelah mata oleh masyarakat dibandingkan ilmu lainnya? Apa saja jenis-jenis sejarah dan apa manfaatnya serta bagaimana mempelajarinya? Apa yang dikerjakan oleh para sejarawan dan bagaimana mereka bekerja? Kesenangan apa yang bisa didapat ketika mempelajari aneka jenis sejarah? Sederet pertanyaan itu dan banyak lagi pertanyaan lainnya dijawab buku ini dengan gaya penulisan jernih disertai aneka contoh kasus. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut A.L. Rowse tidak hanya mengungkapkan beragam manfaat sejarah dan hubungannya dengan bidang lain, tetapi juga membuktikan bahwa sejarah bukan sekadar hafalan waktu dan kejadian semata. Sejarah adalah ilmu memahami masyarakat dan semua produk budayanya yang memungkinkan seseorang punya peta menjalani hidup masa kini dan masa depan dengan memahami masa lalu.

4. Keunggulan Buku.

Buku ini tentu layak diketahui oleh orang-orang yang belum menekuni sejarah atau mereka yang memandang “RENDAH” atau menganggap tidak penting pada sejarah, karena sejarah masa lalu sangat erat pentingnya bagi generasi masa mendatang.

5. Biografi Pengarang.

Alfred Leslie Rowse (4 Desember 1903 – 3 Oktober 1997) adalah seorang Inggris sejarawan dan penulis (paling dikenal untuk karyanya pada Elizabethan Inggris). Rowse lahir di Tregonissey, dekat St Austell , Cornwall, putra Annie (née Vanson) dan Richard Rowse (seorang pekerja tanah liat Cina). Dia dibesarkan dalam lingkungan yang sederhana yang didorong untuk belajar di Oxford oleh sesama Cornishman Sir Arthur Quiller-Couch yang kemudian terpilih sebagai sesama dari All Souls College dan selanjutnya diangkat sebagai dosen di Merton College.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.