Resensi Buku : Perempuan Dalam Hidup Sukarno: Biografi Inggit Garnasih

Oleh: Salma Hanifah P.

  1. Identitas Buku.

a. Judul  Buku              : Perempuan Dalam Hidup Sukarno: Biografi Inggit Garnasih.

b. Penulis                      : Reni Nuryanti.

c. Penerbit                     : Ombak.

d. Tahun Terbit              : 2017.

e. Tebal                          : xx + 386 halaman.

2. Pendahuluan.

Buku yang ditulis oleh Reni Nuryanti ini menceritakan tentang biografi  seorang Inggit Garnasih. Kisah perjuangan Inggit dalam mendampingi Soekarno di masa-masa sulit saat melawan penjajahan. Inggit lebih banyak mengalami kepahitan dan kesulitan dalam menemani Sukarno Muda ditangkap dan dipenjarakan, bahkan sampai dibuang ke pelosok Tanah Air.

3. Isi Resensi.

Buku ini menjelaskan tentang keluarga dan istri-istri Soekarno. Latar belakang keluarga dari setiap istri Soekarno secara ringkas. Pendidikan seorang Inggit Garnasih yang hanya sampai jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Pondok Pesantren. Meskipun tidak berpendidikan tinggi, Inggit memiliki kematangan usia dan jiwa yang mampu menggerakkan semangat Soekarno dalam kancah perjuangan.

Buku ini juga menceritakan secara mendalam tentang kehidupan Inggit Garnasih. Dari kisah tersebut, kita dapat mengetahui kepribadian, kekuatan sosial, sensibilitas, dan keberuntungan serta kesempatan sang tokoh. Pengetahuan ini memberi kesempatan kepada kita untuk memahami titik-titik kisar yang menentukan dalam hidup seseorang, bagaimana seseorang bergumul, menjawab, dan melampaui tantangan hidup yang dihadapinya. Pada titik inilah, biografi mampu memberi hikmah dan inspirasi bagi kita dari pengalaman hidup seorang anak manusia.

4. Keunggulan Buku.

Buku ini akan membantu pembaca untuk mengetahui dan memahami sosok Inggit Garnasih dengan segala suka-dukanya dalam mengarungi hidup, baik ketika bersama maupun ketika Inggit memilih untuk berpisah dengan Sukarno. Berbagai detail cerita yang dikisahkan dalam buku ini mampu mendekatkan kita dengan sang tokoh yang dikisahkan.

5. Kekurangan Buku.

Kekurangan dalam buku ini ialah bahasa yang digunakan sangat formal dan penuh dengan catatan kaki. Namun buku ini tetap menarik dan penting untuk dibaca, karena terdapat beberapa gambar pendukung mengenai kehidupan tokoh yang menunjukkan bahwa perempuan merupakan makhluk yang otonom dan mandiri serta bisa menjadi bagian dari kekuatan sejarah.

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.