Kronik TNI Februari 2020

2 Februari 2020 (Media Indonesia)       

Tingkatkan Koordinasi Penanganan Corona.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan WNI yang dipulangkan dari Wuhan dan sekitarnya tetap akan dikarantina di Natuna.   Menurutnya, karantina dilakukan di pangkalan militer yang memenuhi syarat protokol kesehatan dan berjarak aman dengan penduduk sekitar. “Pangkalan militer Natuna memiliki fasilitas rumah sakit yang dikelola oleh tiga angkatan. Jadi ada dokter dari angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara. Kami juga memiliki runway yang berdekatan dengan wilayah yang nanti akan digunakan untuk isolasi sehingga saudara-saudara kita langsung turun dari pesawat masuk ke tempat penampungan”, ujar Marsekal Hadi.

2 Februari 2020 (Kompas)          

TNI Bantu Rehabilitasi Pascakebakaran.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Sabtu (1/2/2020), melepas pemberangkatan Satuan Tugas Garuda untuk membantu Pemerintah Australia memperbaiki sejumlah fasilitas umum pascakebakaran hutan dan lahan yang terjadi di negara itu.  Keterlibatan Satgas Garuda ini diharapkan semakin memperkuat kerja sama kedua negara.   Keberangkatan Satgas Garuda ini setelah Komisi I DPR pada Kamis (30/1) menyetujui permohonan TNI mengirimkan pasukan bantuan kemanusiaan ke Australia untuk menangani kebakaran hutan dan lahan.

4 Februari 2020 (Media Indonesia)       

KSAD Raih Medali Kehormatan dari AS.

Kepala Staf Angkatan darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menerima anugerah medali The Legion of Merit, Degree of Commander dari pemerintah Amerika Serikat (AS). “Sertifikat penghargaan tersebut ditandatangani langsung oleh Menteri Pertahanan AS,” jelas Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Candra Wijaya melalui rilis pers kemarin.

5 Februari 2020 (Kompas)          

Warga Tak Perlu Resah.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono  di Natuna, Selasa (4/2/2020), menyatakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan dalam keadaan sehat sampai hari ketiga observasi.   Menurut Yudo, permukiman terdekat warga terletak di Penangi, Kecamatan Bunguran Timur, berjarak 1,3 km dari lokasi observasi. Jarak tersebut aman karena aktivitas WNI yang diobservasi dibatasi di sekitar hanggar.  Pengawasan yang ketat menjamin tak ada kontak langsung dengan warga.

16 Februari 2020 (Kompas)        

TNI AD Mencari Senjata Korban.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) menempuh cara persuasif agar warga yang diduga mengambil senjata milik 10 korban kecelakaan helikopter Mi-17 segera mengembalikannya.  Tim penyelamat gabungan belum menemukan 10 pucuk senjata dan satu pelontar granat milik 12 prajurit korban kecelakaan helikopter di Pegunungan Puncak Mandala, Kabupaten Pegunungan Bintang.   Sebaliknya Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambom mengatakan kelompoknya di Pegunungan Bintang mengambil senjata milik korban pada 4 Februari 2020. “Pemimpin OPM Pegunungan Bintang, Alipky Tapol, menyatakan tak akan mengembalikan senjata ini”, katanya.

18 Februari 2020 (Kompas)        

Bertaruh Nyawa di Puncak Mandala.

Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi Bupati Pegunungan Bintang, Papua, Constan Oktemka dan Komandan Resor 172/Praja Wira Yakthi Kolonel Inf Binsar Sianipar, Senin (10/2/2020), memantau area pegunungan Puncak Mandala dengan helikopter milik Maskapai Dimonim Air.  Herman ingin memastikan informasi dan foto tentang puing-puing helikopter Mi-17 milik TNI AD di Puncak Mandala yang ada di media sosial beberapa hari terakhir di Papua.   Puing-puing helikopter Mi-17 berada di atas tebing dengan ketinggian 3.810 meter di atas permukaan laut (mdpl).  Tingkat kemiringan tebing itu mencapai hampir 90 derajat.  Tebing itu selalu diselimuti kabut, kecuali pada pukul 07.00 hingga 10.00.   Berdasarkan perencanaan yang matang dengan pertimbangan medan dan jumlah peralatan, 29 prajurit bersama seorang warga setempat sebagai pemandu disiapkan untuk mendaki ke lokasi jatuhnya helikopter tersebut di Pegunungan Puncak Mandala.  Sementara 13 personel kembali ke Jayapura dan 3 anggota lain bersiaga di Oksibil.   Akhirnya penantian keluarga korban selama 236 berakhir berkat kerja keras tim pencarian dari TNI AD, Pemkab Pegunungan Bintang, masyarakat setempat dan Polri.   Mereka dapat melihat 12 pahlawan bangsa untuk terakhir kalinya.

21 Februari 2020 (Kompas)        

Latihan Pertahanan Udara.

Prajurit TNI AU mengamankan pesawat asing yang masuk ke wilayah Indonesia tanpa izin pada Latihan Pertahanan Udara Rutin Tahunan di Pangkalan Udara Soewondo eks Bandara Polonia, Medan, Sumatera Utara, Kamis (20/2/2020).   Kegiatan tersebut digelar untuk melatih kesiapsiagaan prajurit TNI AU guna mempertahankan wilayah udara NKRI.

27 Februari 2020 (Kompas)        

Reorganisasi TNI.  Semua Jenderal TNI AD Dapat Jabatan.

Reorganisasi dalam tubuh  TNI sebagaimana digariskan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 dalam implementasinya memberikan ruang jabatan bagi seluruh perwira tinggi TNI AD.   Solusi ini dilihat sebagai solusi sementara atas persoalan menumpuknya perwira tinggi dan menengah. Sistem personalia yang mengedepankan meritokrasi harus dibangun agar TNI AD lebih profesional.  “Ada tambahan ruang jabatan untuk 239 perwira tinggi” kata Kepala Staf TNI AD Jenderal Andika Perkasa dalam konfrensi pers seusai membuka Rapat Pimpinan TNI AD Tahun 2020, Rabu (26/2/2020).

27 Desember 2020 (Kompas)     

Besok, 188 WNI Diobservasi.

Sebanyak 188 warga negara Indonesia awak kapal pesiar World Dream dievakuasi.   Sesuai jadwal, mereka dibawa dengan kapal TNI AL KRI dr Soeharso dan diperkirakan tiba di Pulau Seribu, Jumat (28/2/2020).   Menurut keterangan pihak TNI AL, World Dream menuju KRI dr Soeharso-990 di perairan Selat Durian, Kepulauan Riau, kemarin. Para WNI dari Kapal World Dream yang dievakuasi berjumlah 188 orang.   Pemindahan personel memakai kapal kecil MV World Dream menuju KRI dr Soeharso.

Subdisjianhubmas Dislissaji

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *