Upacara Peringatan HUT Ke-74 RI di Pusjarah TNI diikuti oleh Komunitas ARCI

Pusjarah TNI—Dalam rangka memperingati HUT ke-74 RI, Anggota Pusjarah TNI melaksanakan Upacara Bendera bertempat di lapangan Museum Satriamandala, Jakarta (17/8). Bertindak selaku Inspektur  Upacara, Waka Pusjarah TNI Kolonel Inf Djodi Setiawan, S.Sos, M.A. Dalam kesempatan ini, Waka Pusjarah TNI membacakan Amanat Kasum TNI dengan penekanan bahwa  setelah 74 tahun bangsa Indonesia menikmati kemerdekaan. Selama itu pula, kita bisa hidup bersama dengan tenteram dan damai di dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersatu dan berdaulat. Sehingga menjadi kewajiban kita semua, untuk terus menjaga negara dan bangsa ini, dari berbagai ancaman yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut Kasum dalam sambutannya menyampaikan bahwa, membangun TNI yang kuat merupakan suatu keniscayaan, dihadapkan kepada perkembangan potensi ancaman yang semakin membahayakan persatuan, kesatuan, kedaulatan dan keutuhan negara dan bangsa. Pembangunan organisasi dan alutsista termasuk sumber daya manusia TNI harus terus di lakukan, guna mewujudkan TNI yang adaptif, maju dan modern.

Hal tersebut,  sejalan dengan tema dari peringatan Ulang Tahun RI kali ini, yaitu “Sumber Daya Manusia Unggul Indonesia Maju”. Oleh karenanya,  pembangunan sumber daya manusia di lingkungan TNI harus kita jadikan sebagai prioritas utama, dengan tujuan untuk membentuk SDM Prajurit TNI yang unggul, berjiwa ksatria, militan, dan memiliki loyalitas yang kuat, dengan tetap mengedepankan jati diri Prajurit TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

Berbeda dengan upacara peringatan HUT RI tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan HUT RI Ke-74 di Pusjarah TNI kali ini cukup menarik, karena selain diikuti  oleh anggota Pusjarah TNI, pada kesempatan ini juga diikuti oleh 100 anggota  Aerox 155 Rider Club Indonesia (ARCI),  Jakarta Chapter  yang merupakan salah satu komunitas club motor di Jakarta. Menurut M. Indra selaku Ketua Jakarta Chapter, ada pun tujuan mereka ikut bergabung dalam pelaksanaan Upacara peringatan HUT ke-74 RI  dengan Pusjarah TNI adalah untuk meningkatkan rasa kesadaran nasional anggota ARCI agar lebih menghargai jasa-jasa pahlawan para pejuang bangsa yang telah rela berkorban Jiwa, raga, dan hartanya untuk merebut
dan  mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Setelah melaksanakan upacara, mereka di bawa berkeliling untuk melihat kolekse benda-benda bersejarah yang tersimpan di Museum Satriamandala.