Kronik TNI Juli 2019

1 Juli 2019 (Kompas)                    

Reformasi Polri Mulai Perlihatkan Hasil

Di usianya yang ke-73 tahun, publik kian mengapresiasi kinerja Polri meskipun tugas yang dihadapi semakin berat.  Di tengah apresiasi itu, mewujudkan lembaga yang independen dan anti suap masih menjadi tantangan.

2 Juli 2019    (Kompas)

Tabur Bunga Hari Bhayangkara ke-73

Wakil Kepala Polda Banten, Brigadir Jenderal (Pol) Tomex Kurniawan menabur bunga pada saat Upacara Tabur Bunga di Merak Cilegon Banten, Senin (1/7/2019).   Acara tabur bunga tersebut dilaksanakan untuk memepringati Hari Bhayangkara ke-73 serta menghormati arwah para pahlawan yang telah gugur saat bertugas.

2 Juli 2019    (Media Indonesia) 

Polri dan TNI Berkomitmen Tingkatkan Sinergi

Wakil Kepala Polri Komjen Ari Dono Sukmanto berharap Polri senantiasa mampu memelihara peran sebagai penjaga keamanan dan ketertiban, serta mengayomi masyarakat.   Harapan tersebut dikatakannya terkait dengan hari Ulang tahun ke-73 Polri yang jatuh pada 1 Juli 2019.  Ari Dono mengatakan bahwa pihaknya terbuka atas kritik dan koreksi yang membangun dari masyarakat demi membenahi pelayanan Polri terhadap masyarakat.   Selain itu, ia berharap kedepannya sinergi antara Polri dan TNI makin solid dan kompak dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kedaulatan bangsa.                                        

2 Juli 2019 (Kompas)

Tabur Bunga Hari Bhayangkara ke-73

Wakil Kepala Polda Banten Brigadir Jenderal (Pol) Tomex Kurniawan menabur bunga pada saat Upacara Tabur Bunga di Merak, Cilegon banten, Senin (1/7/2019).   Acara tabur bunga tersebut dilaksanakan untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-73 serta menghormati arwah para pahlawan yang telah gugur saat bertugas.

2 Juli 2019 (Media Indonesia)

Mendukung Tugas Pokok TNI.

Prajurit Korps Marinir meneriakkan yel-yel saat mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-58 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Mako, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.   HUT ke-58 Kolinlamil mengangkat tema Dilandasi Jiwa Satya Wira Jala Dharma, Kolinlamil Siap mendukung Tugas Pokok TNI.

4 Juli 2019    (Media Indonesia)

Kapal Cepat Rudal Solusi Pengamanan Laut.

Kapal Cepat Rudal (KCR) atau kapal pemburu kelas 60 meter dengan postur ramping dinilai sebagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang paling cocok unutk mengamankan wilayah perairan, khususnya di negara kepulauan seperti Indoneisa.   Hal itu dikemukakan Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen Totok Sugiharto kepada wartawan di galangan kapal milik PT PAL Indonesia di Surabaya, kemarin.  PT PAL merupakan BUMN yang ditunjuk untuk membuat kapal canggih itu.  

4 Juli 2019    (Media Indonesia)

TNI Kembali Bantu Masyarakat Klaten.

Kodim 0723/Klaten kembali menggelar kegiatan TNI Manunggal membangun Desa ke-105.   Tahun ini aksi sosial itu digelar di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.   Komandan Kodim Klaten Letkol Inf Eko Setyawan mengungkapkan  prajurit TNI akan diterjunkan untuk membangun jembatan, talut, pebetonan jalan, dan rehabilitasi rumah yang tidak layak.   Mereka juga akan membangun jamban keluarga dan memperbaiki tempat ibadah.

10 Juli 2019  (Kompas)

Bhayangkara Modern Penjaga Negeri dan Pencetak Prestasi

Peran Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam menjaga keamanan negara sangat terasa dalam perhelatan politik yang baru berlalu.   Bahkan Polri pun diibaratkan sebagai cooling system dalam sebuah mesin yang memanas.   Kepala Polisi Jenderal Tito Karnavian, dalam rapat dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan Jakarta kemarin, menyebut tidak ada gangguan signifikan dalam proses pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April lau.   Dia menyebut kondusivitas pemilu serentak itu merupakan prsetasi bagi bangsa Indonesia.

11 Juli 2019  (Kompas)

Radikalisme, Terorisme Tantangan Serius Polri

Terorisme dan radikalisme masih menjadi tantangan yang serius bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mengamankan tumpah darah Indonesia.  Presiden Joko Widodo mengemukakan hal itu ketika memberi amanat pada peringatan Hari Bhayangkara ke-73 di Lapangan Monas Jakarta kemarin. Menurut Kepala Negara, semua tantangan tersebut membutuhkan kecerdasan dan kecepatan bertindak dari Polri.   Semua harus ditangani Polri secara profesional, akuntabel, dan bersinergi dengan lembaga lain.

11 Juli 2019  (Media Indonesia)

Perayaan HUT Bhayangkara.

Personel Polri dan TNI melakukan atraksi gendang saat mengiringi tarian Nusantara dalam rangkaian upacara puncak perayaan HUT ke-73 Bhayangkara di Silang Monas Jakarta, kemarin.   Presiden Jokowi selaku inspektur upacara menyampaikan apresiasi atas pencapaian wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK serta berharap sinergi TNI-Polri dapat ditingkatkan dalam upaya menghadapi berbagai tantangan tugas yang kian kompleks.

12 Juli 2019 (Media Indonesia)

Meneriakkan Yel-Yel

Pasukan TNI AL meneriakkan yel-yel saat melepas pasukan di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya Jawa Timur, kemarin.   Sejumlah unsur dan 8.493 personel TNI AL yang terlibat dalam latihan Armada Jaya XXXVII mulai bergerak menuju daerah latihan di Pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur.

16 Juli 2019 (Media Indonesia)  

Waspadai Ancaman Perang Teknologi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla  mengingatkan kepada calon perwira muda (capaja) TNI-Polri akan adanya ancaman perang teknologi sehingga sebagai perwira, anggota TNI dan Polri harus dapat menguasai penggunaan teknologi di era digital.   Hal ini disampaikan dalam Pembekalan Capaja TNI-Polri di GOR Ahmad Yani Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, kemarin.   Lebih lanjut dikatakan penguasaan teknologi menjadi syarat penting bagi para perwira TNI dan Polri untuk menghadapi tantangan global yang dapat berimbas pada ketahanan dan keamanan negara.   Wapres juga mengingatkan agar para perwira tersebut dapat menguasai teknologi, dan bukan sebaliknya, yakni dikuasai teknologi.

16 Juli 2019 (Media Indonesia)  

Latihan Manuver Angkasa Yudha

Prajurit TNI AU mengikuti Apel Kesiapan latihan Manuver Lapangan Angkasa Yudha 2019 di Lanud Iswahjudi, Jatim kemarin.   Latihan yang melibatkan 2.400 personel, 18 skadron dan 67 pesawat tempur, helikopter serta pesawat angkut itu untuk menguji kemampuan TNI AU.

16 Juli 2019 (Kompas)

Calon Perwira Remaja, Tantangan TNI-Polri Masih Panjang

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan para calon perwira remaja Akademi Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara RI perlunya memahami tantangan yang masih panjang dalam menghadapi masa mendatang.   Pemahaman terhadap tantangan membuat TNI/Polri mampu menunaikan tugas menjaga kedaulatan, kedamaian, dan ketertiban negara.   Saat memberikan pembekalan kepada 781 calon perwira remaja (capaja) Akademi TNI AD, AL, dan AU serta Polri di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Senin (15/7/2019). Wapres Kalla mengatakan dengan pemahaman tersebut, mewujudkan Indonesia menjadi bangsa besar pada 100 tahun mendatang ada di pundak TNI/Polri.   Untuk itu keutuhan bangsa menjadi hal utama yang perlu dijaga TNI/Polri selain ketertiban dan keamanan.

17 Juli 2019 (Media Indonesia)

Presiden Minta TNI-Polri Kuasai Teknologi.

Presiden Joko Widodo meminta para perwira lulusan Akmil dan Akpol 2019 yang baru saja dilantik agar selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama dalam dunia militer dan kepolisian. Ia mengatakan Advanced robotic dan artificial intelligence telah mempermudah dalam banyak hal, termasuk di dunia militer dan polisi.   Kendati demikian, kemajuan zaman juga menimbulkan berbagai jenis kejahatan baru yang menjadi tantangan kita bersama. Hal ini dikatakan presiden pada saat melantik perwira baru TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

17 Juli 2019 (Kompas)

Penguasaan Teknologi Menjadi Kebutuhan

Sebanyak 781 perwira remaja dilantik Presiden Joko Widodo di lapangan depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7/2019).   Para perwira diharapkan mampu menghadapi tantangan tantangan zaman yang menuntut kecepatan, fleksibilitas, dan kemampuan menguasai teknologi.   Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo berpesan agar mereka jangan pernah mengecewakan orang tua dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).   Presiden menyebut, para perwira remaja sebagai penjaga masa depan bangsa yang penuh dengan tantangan antara lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, revolusi industri keempat, serta media sosial yang mengubah cara berkomunikasi dan berinteraksi.

20 Juli 2019 (Kompas)

RI-Malaysia Latihan Tanggulangi Aksi Teror.

Pasukan khusus Indonesia dan Malaysia menggelar latihan bersama untuk mengatasi terorisme.  Selain untuk membina hubungan baik, latihan itu juga menjadi awal bagi kedua negara di masa datang akan melakukan operasi gabungan.  Sambutan Asisten Operasi Panglima TNI Mayjen Ganip Warsito yang dibacakan Wakil Komandan Jenderal Kopassus Brigjen TNI M Hasan selaku Direktur Latihan penyelenggaraan Latgabma Malindo Darsasa-10AB/2019, Jumat (19/7/2019) di Sentul Jawa Barat.

25 Juli 2019 (Kompas)     

Laut Natuna Utara, Kedaulatan Butuh Penguatan Regulasi

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Wuspo Lukito saat menbacakan sambutan Kepala Staf TNI AL Laksamana Siwi Sukma Aji dalam diskusi kelompok terfokus di atas KRI Semarang , Rabu (24/7/2019), memaparkan tentang Strategi Wilayah Abu-abu, dimana konflik di domain maritim diwarnai pengerahan kekuatan non-militer.  Negara menggunakan kekuatan sipil untuk mencapai tujuannya tanpa membuka kemungkinan terjadinya perang terbuka.   Belajar dari berbagai konflik seperti antara TNI AL dan kapal-kapal sipil berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara, TNI AL memandang penting RUU Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) segera disahkan.   Dengan pengesahan RUU PSDN fungsi sistem keamanan rakyat semesta dalam pertahanan dan keamanan di laut juga bisa diterapkan.

26 Juli 2019 (Media Indonesia)  

Angkasa Yudha 2019 Arena Uji Doktrin TNI-AU

Latihan puncak TNI AU 2019, Angkasa Yudha 2019 kali ini bukan cuma menjadi arena akumulasi latihan di lingkungan TNI AU, secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, melainkan arena pengujian doktrin TNI AU, doktrin Swa Bhuwana Paksa.  Skenario dalam kegiatan itu semua diarahkan dalam rangka uji doktrin Swa Bhuwana Paksa yang ditandatangani Kepala Staf TNI AU. “ Ada beberapa manuver tadi yang baru saja kita saksikan adalah bagian dari uji doktrin itu”, kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kawasan Latihan Udara TNI AU Air Weapon Range  Pandanwangi, Jawa Timur, kemarin