Pemenang Hasil Lomba Film Pendek Genta Bangsa 2019

Pusjarah TNI– Dalam rangka program Generasi Muda Cinta dan Bangga Sejarah Bangsa (Genta Bangsa) yang dicanangkan oleh Kapusjarah TNI Brigjen TNI Prantara Santosa, S. Sos., M.Si., M.Tr. (Han) pada tanggal 26 Maret 2019 lalu, Pusjarah TNI telah melaksanakan berbagai kegiatan salah satunya adalah lomba Film   Pendek 3 Menit serial Genta dan Cinta Habis Gelap Terbitlah Terang dalam rangka memeriahkan hari Kartini. Tujuan diadakannya lomba Film Pendek ini adalah agar generasi muda khususnya siswa sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat lebih meningkatkan dan mencintai serta memiliki kesadaran kesejarahan nasional dengan dilandasi keterampilan di bidang teknologi informatika guna mengantisipasi dampak negatif globalisasi yang merebak.  Lomba Film Pendek ini dilaksanakan untuk setingkat SLTA se-Jakarta dan luar Jakarta dan diikuti oleh 51  peserta  yang mengatasnamakan sekolah masing-masing.

Setelah dilakukan penjurian dinyatakan sebagai pemenang adalah sebagai berikut,  juara I SMK Negeri 15 Jakarta dengan judul film Emansipasi, juara II SMA Negeri 30 Jakarta dengan judul film Genta dan Cinta, dan juara III SMK Negeri 42 Jakarta  dengan judul film Kartini Muda, serta juara Harapan SMA Negeri 11 Pinrang Sulawesi Selatan dengan judul film Habis Gelap Terbitlah Terang.

Sebagai bentuk apresiasi dari karya yang terpilih sebagai juara, Pusjarah TNI memberikan penghargaan berupa sertifikat, plakat dan uang tunai guna lebih menggugah para generasi Milenial, khususnya pelajar tingkat SLTA untuk lebih peduli dan mengenal sejarah bangsanya serta mampu berkreasi secara positif, sehingga diharapkan akan lahir generasi muda yang bangga dan cinta sejarah dan kebudayaan bangsanya tetapi tetap menguasai ilmu teknologi informatika.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Film Pendek tersebut dilakukan di sekolah masing-masing dengan mengadakan acara Museum Goes To School. Acara ini dimaksudkan sebagai bentuk apresiasi Pusjarah TNI kepada para pemenang sekaligus mendekatkan dan mengenalkan museum dan monumen yang ada di Pusjarah TNI, serta sebagai sarana sosialisasi program Genta Bangsa kepada generasi muda khususnya siswa siswi setingkat SLTA.

Dengan diadakannya lomba Film Pendek ini kedepannya diharapkan para pelajar sebagai generasi Milenial lebih mengenal sejarah bangsanya sehingga dapat menggugah semangat Nasionalisme, disamping itu mereka juga bisa mengharumkan nama sekolahnya masing-masing.

Salam Genta Bangsa

No History No Future

Genta Bangsa Yess… Yess… Yess…

Pusjarah TNI

Jl. Gatot Subroto Kav. 16

Leave a Reply

Your email address will not be published.