Forum Informasi Pusjarah TNI tentang Kebangkitan Nasional

Jakarta, 20 Mei 2019 (Pusjarah TNI). Dalam rangka pembinaan kesejarahan sekaligus memperingati hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada hari Senin, 20 Mei 2019, anggota Pusjarah TNI melaksanakan Forum Informasi. Tema peringatan 111 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2019 kali ini adalah “Bangkit Untuk Bersatu”. Berkaitan dengan hal tersebut, Forum Informasi kali ini mengambil judul Hari Kebangkitan Nasional yang disampaikan oleh PNS Wening Adityasari, SS.

Dalam paparannya, PNS Wening menyampaikan bahwa kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya rasa nasionalisme dan rasa memiliki Negara dari rakyat yang ada dalam suatu Negara. Dalam konteks sejarah Indonesia, definisi kebangkitan nasional ‘Peristiwa bangkitnya rasa ingin memperjuangkan suatu negara yang masih berupa konsep oleh orang-orang yang akan menjadi rakyat dari negara tersebut. Kebangkitan nasional Indonesia yang ditandai dengan berdirinya Budi Utomo pada 20 Mei 1908, telah menjadi tonggak yang menumbuhkan semangat perjuangan, sekaligus menjadi inspirasi berdirinya berbagai organisasi di seluruh pelosok tanah air, baik yang bersifat kedaerahan, politik, keagamaan.

Selanjutnya sebagai suatu momentum, hari kebangkitan nasional menjadi motivasi bagi generasi muda untuk  selalu menguatkan ikatan nasionalisme, yang saat ini rentan terpengaruh oleh arus negatif globalisasi. Kebangkitan nasional, sebagai tonggak sejarah yang harus dipelajari dan dipahami sebagai suatu proses, yang kedepannya bisa dijadikan inspirasi dalam membangun bangsa untuk mewujudkan cita-cita hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.