Kronik TNI April 2019

2 April 2019 (Media Indonesia)

Panglima TNI Jamin Keamanan Pemilih

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta masyarakat tidak perlu khawatir menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 karena situasi di hampir seluruh daerah aman.   Hadi menyampaikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Indonesia tetap terkendali dan TNI-Polri tak akan tinggal diam untuk melindungi rakyat Indonesia.

4 April 2019 (Media Indonesia)

TNI-AD Juara Lomba Tembak 12 Kali Beruntun.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan darat (TNI AD) keluar sebagai juara umum pada lomba tembak Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 2019.   Lomba diikuti angkatan darat 20 negara wilayah Asia Pasifik, serta beberapa negara dari benua Amerika dan Eropa.   TNI AD memperoleh 21 medali emas, 14 perak, dan 10 perunggu dari berbagai materi lomba tembak yang diperebutkan. Lomba tembak berlangsung dari tanggal 26 Maret hingga 2 April 2019 di Puckapunyai Military Range, Victoria, Australia.

4 April 2019 (Media Indonesia)

KSAD dan KSAL Raih Wing Penerbang.

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menerima wing kehormatan penerbang dari KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.   Penyematan wing penerbang itu sebagai penghargaan atas kerja sama tiga matra TNI.   Yuyu menyebut tiga matra TNI selalu bekerja sama di bidang pendidikan, latihan hingga operasi. Sebelum penyematan wing penerbang itu, ketiga kepala staf itu menjajal pesawat tempur Sukhoi Su-30.

8 April 2019 (Media Indonesia)

Panglima Minta Warga tidak Sebar Hoaks.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto meminta kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan teknologi informasi. Selain itu panglima juga mengingatkan agar persatuan dan kesatuan tetap dijaga.  Hal tersebut dinyatakan pada saat silaturahim kebangsaan di Pendopo Duplikat Si Panji Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), bersama Wakil Kepala Polri Komjen Pol Ari Dono, Sabtu (6/4). Sebelum silaturahim kebangsaan, Panglima TNI meresmikan Monumen MIG 17 Fresco yang ditempatkan di Alun-alun Banyumas.

10 April  2019 (Media Indonesia)

Panglima TNI Siap Amankan Pemilu

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, seluruh jajaran TNI siap untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019. TNI juga siap untuk menanggulangi ancaman dari pihak-pihak yang mengganggu kedaulatan.   Hadi menyatakan, pihaknya siap menjadi benteng bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Kemarin, Panglima TNI meninjau latihan penanggulangan Teroris (Satgultor). Latihan ini bermaksud menguji kesiap siagaan pasukan dalam menangani aksi terorisme sesuai kemampuan setiap tahun.

10 April (Media Indonesia)

TNI Ultimatum Pengganggu Pemilu

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan TNI akan menghadapi siapapun  yang berupaya  mengganggu stabilitas politik dan jalannya pesta demokrasi di Tanah Air. Pernyataan itu disampaikan Hadi seusai meninjau latihan Penanggulangan Terorisme Satgultor TNI TA 2019 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, kemarin.   Menurutnya jika ada pihak-pihak yang sengaja mengganggu stabilitas politik jalannya demokrasi, mengganggu NKRI dan mengganggu UUD 1945, dan mengganggu Bhinneka Tunggal Ika, akan berhadapan dengan TNI. “Ingat TNI ialah bentengnya NKRI.  Bagi TNI, NKRI harga mati.”

10 April 2019 (Kompas)

Alutsista, TNI AU Harapkan Kemhan Segera Proses Pengadaan.

TNI Angkatan Udara hingga kini masih membutuhkan berbagai persenjataan untuk menunjang tugasnya menjaga kedaulatan. Saat ini target utama TNI AU adalah selesainya berbagai kontrak pengadaan. Saat ini beberapa kontrak pengadaan persenjataan masih ditangani Kementerian Pertahanan.   Pengadaan perenjataan yang dimaksud adalah untuk pengadaan pesawat tempur generasi 4.5 pengganti F5, Hercules tipe J, pesawat amphibious yang juga untuk pemadam kebakaran pesawat CN 2212, 8 helikopter dan 2 VIP, pesawat tanpa awak atau UAV dengan kelas MALE, 6 radar pertahanan udara, 2 radar pasif, dan alat pertahanan udara Oerlikon.

11 April   2019 (Media Indonesia)

Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Apel Gelar Pasukan

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri dan meninjau langsung apel gelar pasukan kesiapan pengamanan pemilihan umum pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, kemarin.   Apel pasukan melibatkan 4.000 personel gabungan TNI, Polri dan unsur lainnya dilakukan di kawasan Bogor Nirwana Residence (BNR), Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Keduanya memeriksa langsung kesiapan personel dan material yang digelar untuk pengamanan pilpres dan pileg 2019.

12 April 2019 (Media Indonesia)

Distribusi Logistik di Wilayah Kepulauan.

Anggota TNI-Polri berjaga saat pendistribusian logistik Pemilu 2019 di Pulau Gili Genting Sumenep, Jawa Timur, Rabu (10/4).   Daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Sumenep sebanyak 872.764 dan 4.315 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 27 kecamatan dan delapan diantaranya berada di kepulauan.

15 April 2019 (Media Indonesia)

TNI dan Polri Jamin Keamanan Pemilu 2019.

Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia menjamin keamanan Pemilu 2019.   TNI dan Polri memastikan pemilu berjalan aman dan lancar serta masyarakat tidak perlu takut untuk datang ke TPS. Penegasan tersebut disampaikan Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono, saat menghadiri Apel Patroli Skala Besar TNI dan Polri dalam rangka menjamin keamanan masyarakat sampai ke TPS, yang berlangsung di halaman Hall D, JIExpo Kemayoran, Jakarta, kemarin.

17 April 2019 (Media Indonesia)

Pengerahan Pasukan Pengamanan Pemilu ke Wilayah Kepulauan.

Pasukan TNI menaiki kapal penyebarangan antar pulau di pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, kemarin. TNI dan Polri mengerahkan pasukan untuk wilayah kepulauan, yakni Pulau Beras dan Pulau Nasi, Kecamatan Pulau Aceh, untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat dalam pelaksanaan pemilu.

17 April 2019 (Kompas)

Pengamanan Pemilu,TNI-Polri Jamin  Keamanan Semua TPS.

Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara RI menjamin keamanan pemungutan hingga penghitungan suara Pemilu 2019.   Sebanyak 271.880 anggota Polri, 68.854 anggota TNI, dan 1,6 juta anggota perlindungan masyarakat diterjunkan untuk mengamankan pemilu. Monitoring pengamanan Pemilu 2019 tidak hanya dilakukan Hadi melalui konferensi video dengan satuan di lapangan.  Monitoring juga dilakukan dengan pesawat tanpa awak dan helikopter.  Selain itu Polri juga tidak akan memberikan ijin kepada masyarakat yang akan melakukan mobilisasi masa atau konvoi untuk merencanakan kemenangan sebelum pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum.

20 April 2019 (Media Indonesia)

Pengamanan Ibu Kota.

Ribuan prajurit TNI-Polri dari Paskhas, Kostrad, Marinir dan Brimob bersiap menggelar apel siaga pengamanan ibu kota di Silang Monas, Jakarta, kemarin. Pengerahan pasukan dalam status ibu kota Jakarta yang sedang siaga 1 setelah pemilu itu untuk menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat.

20 April 2019 (Kompas)

Manuver Jupiter Aerobatic Team.

Jupiter Aerobatic Team, TNI AU melakukan manuver pada kegiatan Iswahjudi Open House 2019 di Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Minggu (28/4/2019). Acara dalam rangka HUT ke-73 TNI AU dimeriahkan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU, atraksi Jupiter Aerobatic Team, fly pass pesawat F-16, dan T-50i Golden Eagle yang ditonton ribuan pengunjung dari sejumlah daerah.

24 April 2019 (Kompas)

Kunjungan Menhan ke Kodam IV/Diponegoro

Prajurit TNI/Kodam IV Diponegoro se-Ganirsun Semarang menyambut kedatangan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang akan memberikan penghargaan di Balai Diponegoro, Kota Semarang Jawa Tengah, Selasa (23/4/2019).   Dalam pertemuan itu, Ryamizard menyampaikan rasa terimakasih atas pengamanan Pemilu 2019 serta menyampaikan situasi terkini setelah pemungutan suara. Pada kesempatan itu, netralitas TNI dalam Pemilu 2019 juga kembali ditekankan.

25 April 2019 (Kompas)

Pertahanan, Panglima TNI Ingatkan Loyalitas Kopassus.

Kehormatan seorang prajurit komando ditentukan oleh loyalitasnya sebagai prajurit yang tegak lurus kepada pimpinan dan jiwa korsanya untuk rekan sejawat.   Demikian dikatan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam upacara HUT ke-67 Kopassus di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta, Rabu (24/4/2019).  Hadi mengingatkan tantanga di masa  mendatang tidak semakin ringan karena tekhnologi terus berkembang demikian pula dengan taktik dan teknik kemiliteran.  Presiden Joko Widodo juga mengucapkan selamat melalui kiriman video. Presiden memuji prajurit Kopassus sebagai prajurit yang memiliki jiwa profesionalitas dan integritas yang tinggi.

25 April 2019 (Media Indonesia)

Kopassus Wajib Membela Kebenaran

Seluruh prajurit Komando pasukan Khusus (Kopassus) diingatkan agar tetap meningkatkan taktik dan tekhnik kemiliteran serta profesionalisme.  Pasukan khusus harus berani membela kebenaran dan meraih keberhasilan dalam setiap pelaksanaan tugas. Demikian amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memimpin upacara peringatan HUT ke-67 Kopassus di Markas Kopassus, Jakarta, kemarin.    Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kopassus melalui tayangan video.

28 April 2019 (Media Indonesia)

Operasi Gaktib Hutan dan Satwa. Anggota Polisi Militer (PM) Kodam Iskandar Muda bersama aktivis lingkungan dan tim Conversation Response Unit (Unit) Sampoiniet dibantu gajah jinak melaksanakan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) di kawasan hutan Ulue Masen, Aceh Jaya, kemarin.   Operasi gabungan yang melibatkan TNI dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk menjaga kelestarian alam dan satwa liar dari perambah hutan dan pemburu liar.