Komsos Pusjarah TNI : Cara Menghadapi Berita Hoax

Pusjarah TNI–Dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, Pusjarah TNI melaksanakan kegiatan Komsos secara rutin setiap tahun sebagai salah satu upaya untuk lebih mempererat hubungan silaturahim antara TNI dengan rakyat, sehingga tercipta daya guna, daya tangkal, dan daya tahan yang tangguh dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI. (Rabu, 13 Maret 2019)

Komsos kemanunggalan TNI dengan rakyat kali ini dilaksanakan di Aula Kantor Kelurahan Lubang Buaya, Kec. Cipayung. mengambil tema: “MELALUI KOMSOS TNI KITA PELIHARA KEMANUNGGALAN DENGAN RAKYAT GUNA MENINGKATKAN SEMANGAT BELA NEGARA”. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Pusjarah TNI, perwakilan dari Ster Mabes TNI Letkol Inf. Tri Handono, Camat Cipayung yang diwakili oleh sekcam bapak Supriatno, Dandramil 07/Cipayung Kapten Inf. Sahari, Kapolsek Cipayung,Jaktim Kompol H. Darmo S., Lurah Lubang Buaya, Guru-guru, Pelajar, Santri, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan warga sekitar Kelurahan Lubang Buaya.

Dalam sambutannya,  Kapusjarah TNI Brigjen TNI Prantara Santosa S.Sos., M.Si., M.Tr (Han) yang disampaikan oleh Kolonel Inf. Djodi. Setiawan S.Sos., M.A. menegaskan bahwa kegiatan Komsos Kemanunggalan TNI dan rakyat memiliki arti penting dalam rangka meningkatkan rasa kebangsaan dan kesadaran bernegara guna kepentingan ketahanan nasional juga untuk mewujudkan soliditas dan sinergitas TNI dengan seluruh komponen bangsa untuk kepentingan NKRI dan suksesnya penyelenggaraan pesta Demokrasi Nasional yang akan dilaksanakan pada 17 april 2019.

Dalam rangka menyikapi kondisi saat ini yang berhubungan dengan maraknya penyebaran berita hoax, Kabidlissaji Kolonel Laut (KH) Drs. Untung Suhardi selaku nara sumber menyampaikan paparannya yang berhubungan dengan pengertian hoax, dampak dari menyebarkan berita hoax, dan bagaimana mengatasi berita hoax.

Dalam kesempatan itu, Kolonel Untung menyampaikan pesan kepada peserta untuk lebih selektif  dalam bermedia sosial (Sosmed), yaitu dengan cara  tidak menyebarkan berita-berita yang belum tentu kebenarannya atau berita hoax karena ini akan berdampak kepada ketahanan nasional Bangsa Indonesia.

Dengan dilaksanakannya komsos kemanunggalan TNI dengan rakyat diharapkan masyarakat mewaspadai munculnya informasi atau berita-berita yang tidak benar atau hoax. Kita harus lebih mempedomani, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dasar negara Pancasila dalam tatanan hidup berbangsa dan bernegara.